Pengukuran Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Prodi di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Lancang Kuning

  • Ahmad Zamsuri Universitas Lancang Kuning
  • Sutejo Sutejo Universitas Lancang Kuning
  • Lisnawita Lisnawita Universitas Lancang Kuning
Keywords: Kualitas pelayanan, kepuasan mahasiswa, pendidikan, Quality of service, tudent satisfaction, education

Abstract

Abstrak- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh bukti fisik terhadap kepuasan mahasiswa, pengaruh keandalan terhadap kepuasan mahasiswa, pengaruh daya tanggap terhadap kepuasan mahasiswa, pengaruh jaminan terhadap kepuasan mahasiswa, pengaruh empati terhadap kepuasan mahasiswa, interaksi pengaruh bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati terhadap kepuasan mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survey. Sampel yang digunakan adalah 151 responden dari 243 responden siswa, ditentukan oleh rumus Yamane (1967), sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan metode Simple Random Sampling. Uji instrumen pemeriksaan dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan uji hipotesis (uji F dan uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil uji F-test, lima dimensi kualitas yang sama untuk kepuasan mahasiswa di Fakultas Ilmu Komputer (Y). Dari hasil perhitungan t-test terbukti bahwa variabel reliability (X1), responsiveness (X2), asuransi (X3) dan tangible assets (X5) berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen (Y), sedangkan variabilitas empati (X4) tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen Y). Dari hasil perhitungan koefisien determinasi (Adjusted R Square) menghasilkan nilai 0,145, yang berarti bahwa pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah 14,5%, sedangkan sisanya 85,5% dari variabel lain dipengaruhi di luar lima variabel bebas.
Kata kunci: Kualitas pelayanan, kepuasan mahasiswa, pendidikan

Abstract- This study aims to determine:the influence of physical evidence on student satisfaction, the influence of reliability on student satisfaction, the influence of responsiveness to student satisfaction, influence of guarantee to student satisfaction, student satisfaction, interaction of influence of physical evidence, reliability, responsiveness, assurance, and empathy toward student satisfaction. This research is a quantitative research with survey approach. The sample used was 151 respondents from 243 respondents students, determined by the formula Yamane (1967), while the sampling technique using Simple Random Sampling method. Test the examination instrument using validity test, reliability test and classical assumption test. Data analysis technique using multiple linear regression with hypothesis test (F test and t test). The results showed that from the F-test results, the same five dimensions of quality for student satisfaction at the Faculty of Computer Science (Y). From t-test result, it is proved that the variable of reliability (X1), responsiveness (X2), insurance (X3) and tangible assets (X5) have significant effect on dependent variable (Y), while empathy variation (X4) has no significant effect on the dependent variable Y). From result of calculation of coefficient of determination (Adjusted R Square) yield value 0,145, which means that influence of independent variable to dependent variable is 14,5%, while the rest 85,5% from other variable influenced outside five independent variable.
Keywords: Quality of service, student satisfaction, education

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Arambewela, R. & Hall, J. (2009). An empirical model of international student satisfaction. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 21(4)
[2] Jasfar, F. (2005). Manajemen Jasa: Pendekatan Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia.
[3] Lupiyoadi, Rambat. (2001). Edisi Pertama. Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat.
[4] Nasution. Metode Research : Peneltian Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.
[5] Rinala, Yudana, & Natajaya. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik terhadap Kepuasan dan LoyalitasMahasiswa pada Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali. ejournal, 2013, 4. 112.
[6] Sularni, D. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Mahasiswa (Studi pada Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta Angkatan Tahun 20102012).
[7] Tampubolon. (2001). Perguruan Tinggi Bermutu Paradigma Baru dan Manajemen Pendidikan Tinggi Menghadapi Tantangan Abad ke 21. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
[8] Tjiptono, F., Chandra, G., & Adriana, D. (2008). Pemasaran Strategik. Edisi 2. Yogyakarta: Andi Offset.
[9] Van FC LL, Lisnawita L. Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Purnajual CV. Family Menggunakan Metode Fuzzy-Logic. INOVTEK-Seri Informatika. 2017 Jun 15;2(1):64-7.
[10] Yamit, Z, (2005). Manajemen Kualitas: Produk Dan Jasa. Yogyakarta: Ekonisia. [11] Zaeni, A. (2007). Pengaruh Kualitas Pelayanan (Service Quality) terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri (UIN) Malang. Diperoleh 14 Januari 2014
Published
2017-11-16
How to Cite
Zamsuri, A., Sutejo, S., & Lisnawita, L. (2017). Pengukuran Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Prodi di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Lancang Kuning. Digital Zone: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 8(2), 137-146. https://doi.org/10.31849/digitalzone.v8i2.639
Abstract viewed = 463 times
PDF downloaded = 370 times

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3