IDENTIFIKASI DESAIN RUANG BELAJAR UNIVERSAL PROGRAM STUDI BISNIS DIGITAL TERHADAP KEBUTUHAN BELAJAR KHUSUS PENYANDANG TUNARUNGU

  • Parlindungan Ravelino Universitas Lancang Kuning
  • Masda Ulfa Arianti Universitas Lancang Kuning
  • Isrina Indah Universitas Lancang Kuning
Keywords: Desain Universal, Desain Inklusi, Ruang Kelas, Kebutuhan Khusus, Tunarungu

Abstract

Universitas Lancang Kuning menyatakan dirinya sebagai Kampus Ramah Disabilitas, dan memberi kesempatan pada Program Studi Bisnis Digital menerima 7 (tujuh) Mahasiswa berkebutuhan khusus. Tujuh mahasiswa ini memiliki keterbatasan dalam pendengaran sehingga membatasi proses penyampaian informasi dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Penelitian ini akan mengidentifikasi kebutuhan ruang belajar mahasiswa berkebutuhan khusus di Program Studi Bisnis Digital secara umum. Sehingga hasil dari penelitian ini bisa memberikan rekomendasi desain inklusif untuk ruang kelas yang dapat mengoptimalkan kembali proses belajar mengajar di lingkungan Program Studi Bisnis Digital Universitas Lancang Kuning.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arianti, M. U., & Indah, I. (2023). TINJAUAN UKURAN TANGGA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS LANCANG KUNING TERHADAP STANDAR ANTROPOMETRI. INSIDE: Jurnal Desain Interior, 1(1), 71-80.

Burgstahler, Sheryl. (2012): Universal design of instruction (UDI): definisi, prinsip, pedoman, dan contoh. Seattle: University of WashingtonEgual Acces; Merancang proyek Anda agar dapat diakses oleh semua peserta,University of Washington, College of Engineering UW Technology Services College of Education.

Creswell, John W. (2013): Pendekatan Desain Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan Metode Campuran, SAGE Publications, California.

Goldsmith, Selwyn (2000): Desain universal, manual panduan praktis untuk arsitek, Architectural Press, Oxford.

Harahap, RM, Santosa, I; Wahjudi, D & Martokusumo, W. (2017): Inovasi akses teknologi bantu bagi siswa tunarungu dengan prinsip pendekatan Universal design. Prosiding Nasional, Unesa, 28 Oktober 2017, Surabaya.

Hariandini, T. B., & Ravelino, P. (2023). ANALISIS PROXEMICS PADA RUANG DALAM TOSERBA VIVA KOTA PEKANBARU. INSIDE: Jurnal Desain Interior, 1(1), 46-57.

Maramis,MM. (2019) : Perancangan Desain Interior Sekolah Dasar Untuk Anak Tunarungu di Bandung (Pendekatan Visual Tematik). Tel-U,Bandung.

Ravelino, P. (2022). Kajian Tingkat Kenyamanan dan Kemudahan Penggunaan Tangga di Fakultas Teknik Universitas Lancang Kuning. Jurnal Karya Ilmiah Multidisiplin (JURKIM), 2(1), 55-61.

Ravelino, P., Filtri, H., Anugrah, P., & Arianti, M. U. (2023). IDENTIFIKASI SARANA AKSESIBILITAS UNTUK PENYANDANG DISABILITAS DI UNIVERSITAS LANCANG KUNING MENURUT UNIVERSAL DESIGN. INSIDE: Jurnal Desain Interior, 1(1), 58-70.

Peraturan Menteri PUPR Jakarta No 14/M/PRT/2017 Tahun 2017 Tentang Persyaratan Kemudahan Bangunan Gedung

Peraturan Menteri Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 46 Tahun 2017 tentang

Pendidikan Khusus Dan Pendidikan Layanan Khusus Di Perguruan Tinggi

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas

Published
2024-06-10
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times