HUBUNGAN PENCAHAYAAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PRODUKTIVITAS MAHASISWA (STUDI KASUS: PERPUSTAKAAN INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG)

  • Primastiti Mumpuni ISI Surakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami peran pencahayaan di Perpustakaan Pusat ITB dan pengaruhnya terhadap produktivitas mahasiswa pascasarjana. Menggunakan pendekatan metodologis kualitatif, dengan studi kasus sebagai teknik utama, penelitian ini memfokuskan pada bagaimana pencahayaan alami dan buatan mempengaruhi motivasi dan konsentrasi mahasiswa saat membaca. Responden adalah mahasiswa pascasarjana ITB, yang dipilih berdasarkan tuntutan akademik yang lebih tinggi. Observasi awal menunjukkan variasi signifikan dalam pemanfaatan pencahayaan alami dan ambient lighting di berbagai lantai perpustakaan. Hasil kuesioner menunjukkan preferensi dan persepsi pengunjung terhadap pencahayaan di perpustakaan, sementara wawancara mendalam dengan tujuh responden terpilih memberikan perspektif lebih dalam tentang pengalaman dan persepsi mereka. Dalam konteks pencahayaan, penelitian ini mengartikulasikannya ke dalam dua kategori besar: pencahayaan alami dan pencahayaan buatan, dengan pencahayaan buatan lebih lanjut dibagi menjadi ambient lighting, task lighting, accent lighting, dan decorative lighting. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden merasa nyaman dengan pencahayaan yang ada, dan sebagian besar tidak mengalami gangguan silau yang menghambat fokus membaca. Akses ke cahaya alami menjadi faktor penting dalam preferensi tempat duduk responden. Secara keseluruhan, meskipun ada beberapa aspek pencahayaan yang perlu ditingkatkan, Perpustakaan Pusat ITB dianggap sebagai lokasi yang penting dan kondusif untuk mendukung kegiatan akademik mahasiswa pascasarjana.

Kata Kunci : Motivasi Membaca, Pencahayaan, Pencahayaan Perpustakaan, Produktivitas Mahasiswa, , Studi Kasus

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhmadi, I., Santosa, I., & Pasaribu, Y. M. (2018). Placemaking Analysis in The Space of Library. A Case Study of The ITB Central Library. ARTESH (Art for Technology, Science and Humanities), 562–572.

Alan, S., & Gary, J. (2011). Perception, attribution, and judgment of others. Organizational Behaviour: Understanding and Managing Life at Work, 7, 1–20.

Boyce, P. R. (2004). Lighting research for interiors: The beginning of the end or the end of the beginning. Lighting Research & Technology, 36(4), 283–293.

Cengiz, C., & Köse, E. (2013). Modelling of color perception of different eye colors using artificial neural networks. Neural Computing and Applications, 23, 2323–2332.

Dickeson, R. C. (2013). Unbundling the issue of faculty productivity. Planning for Higher Education, 41(2), 75.

Fakhari, M., Fayaz, R., & Asadi, S. (2021). Lighting preferences in office spaces concerning the indoor thermal environment. Frontiers of Architectural Research, 10(3), 639–651.

Handayani, T. W., & Rulian, H. (2021). Studi Sistem Pencahayaan pada Perpustakaan Umum. GEOPLANART, 3(2), 150–159.

Herdiansyah, A., Nurdin, A. H., & Atika, M. Y. (2023). PENGARUH PSIKOLOGI RUANG PADA RUANG KELAS STRUKTUR 1 DI UNIVERSITAS LANCANG KUNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA. INSIDE: Jurnal Desain Interior, 1(1), 36–45.

Hermawan, A. H., Hidayat, W., & Fajari, I. (2020). Manajemen Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 5(1), 113–126.

Kralikova, R., & Wessely, E. (2016). LIGHTING QUALITY, PRODUCTIVITY AND HUMAN HEALTH. Annals of DAAAM & Proceedings, 27.

Krolak, L. (2006). The role of libraries in the creation of literate environments. International Journal of Adult and Lifelong Education, 4(1/4), 5.

Kuo, J., Lenné, M. G., Mulhall, M., Sletten, T., Anderson, C., Howard, M., Rajaratnam, S., Magee, M., & Collins, A. (2019). Continuous monitoring of visual distraction and drowsiness in shift-workers during naturalistic driving. Safety Science, 119, 112–116.

Lechner, N. (2014). Heating, cooling, lighting: Sustainable design methods for architects. John wiley & sons.

Leung, T. N., Chiu, D. K., Ho, K. K., & Luk, C. K. (2022). User perceptions, academic library usage and social capital: A correlation analysis under COVID-19 after library renovation. Library Hi Tech, 40(2), 304–322.

Li, Y., Zhang, D., & Mu, Y. (2020). Visual-semantic matching by exploring high-order attention and distraction. 12786–12795.

Mark, G., Gudith, D., & Klocke, U. (2008). The cost of interrupted work: More speed and stress. 107–110.

Mohanty, S. (2002). Physical comfort in library study environments: Observations in three undergraduate settings.

Mumpuni, P. W., Widayat, R., & Aryani, S. M. (2017). Pencahayaan Alami Pada Ruang Baca Perpustakaan Umum Kota Surabaya. Vitruvian: Jurnal Arsitektur, Bangunan, Dan Lingkungan, 6(2), 185908.

Putri, R. R. Q. Y., & Ravelino, P. (2022). KAJIAN PENERANGAN BUATAN PADA RUANGAN KELAS DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS LANCANG KUNING. Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 2(2), 1-7.

Rahardjo, M. (2017). Studi kasus dalam penelitian kualitatif: Konsep dan prosedurnya.

Steane, M. A. (2012). The architecture of light: Recent approaches to designing with natural light.

Swaris, W., & Perera, N. (2017). Good reading light: Visual comfort perception and daylight integration in library spaces. FARU PROCEEDINGS–2017, 336.

Yamin, M. (2018). KEBIJAKAN LITERASI UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS PUBLIKASI DI PERGURUAN TINGGI. JAS-PT Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi, 2(1), 19. https://doi.org/10.36339/jaspt.v2i1.120

Yang, Z. (2017). Research on natural lighting in reading spaces of university libraries in Jinan under the perspective of energy-efficiency. 94(1), 012181.

Published
2023-08-28
Abstract viewed = 155 times
PDF downloaded = 145 times