HUBUNGAN RUANG DALAM PADA PERENCANAAN AKADEMI KULINER DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR KONTEMPORER

  • Rika Cheris Universitas Ekasakti
  • Aidil Pratama Putra Universitas Lancang Kuning
  • Hendri Silva Universitas Lancang Kuning
Keywords: akademi, kuliner, hubungan ruang, arsitektur kontemporer

Abstract

Akademi Kuliner merupakan fasilitas pendidikan yang berfokus dalam pengembangan keterampilan pada bidang kuliner. Akademi kuliner ini dirancang dengan tujuan menyediakan wadah fasilitas pendidikan kuliner formal dan non formal yang terletak di Kota Pekanbaru. Pendidikan ini ditujukan bagi masyarakat yang memiliki minat serta  bakat dalam bidang kuliner. Akademi kuliner ditujukan untuk melayani regional kota Pekanbaru sehingga dilengkapi dengan fasilitas pusat perbelanjaan yang menyediakan semua kebutuhan memasak, seperti supermarket, restaurant serta café dan studio perlombaan bagi masyarakat umum. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan rancangan bangunan dan lingkungan binaan sebuah akademi kuliner di Pekanbaru yang memberikan kenyamanan serta fungsional untuk para penggunanya. Metode Penelitian yang akan digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif, dengan melakukan Analisis terhadap beberapa aspek, yang dijelaskan secara naratif. Hasil rancangan ini berupa tatanan hubungan ruang horizontal dan verstikal dan sekaligus prinsip arsitektur kontemporer, yang memenuhi segala kebutuhan para pengguna dengan fasilitas-fasilitas pendukungnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuty, Kushelmy Rizky. 2015. “Akademi Kuliner Di Manado (Implementasi Konsep Privasi Dalam Perancangan).” Jurnal Arsitektur DASENG 4(2):99–108.

Arianti, M. U., & Hariandini, T. B. (2023). REDESAIN LOBBY PROGRAM STUDI TEKNIK SIPIL UNIVERSITAS LANCANG KUNING. INSIDE: Jurnal Desain Interior, 1(2), 112-133.

Ayuni, loli putri. 2016. “Kualitas Pelayanan Pada Restoran Khas Melayu Pondok Yurika Pekanbaru.” 1–23.

Gislen, W. 2003. Essensial of Professional Cooking. John Wiley & Sons, Inc.

Guarango, Piedad Magali. 2022. “Kualitas Produk Makanan Di Kitchen Department Hotel Grand Jatra Pekanbaru.” JOM FISIP 9(8.5.2017):2003–5.

Hariandini, T. B., & Ravelino, P. (2023). ANALISIS PROXEMICS PADA RUANG DALAM TOSERBA VIVA KOTA PEKANBARU. INSIDE: Jurnal Desain Interior, 1(1), 46-57.

Labensy, S. 2000. Webster’s New World Dictionary of Culinary Arts. 2nd ed.

Lani, Oktri Permata, and Ilham Havifi. 2018. “Komunikasi Pemasanran Usaha Kuliner Di Kota Pekanbaru.” Alfuad Journal 2(2):92–106.

Mardatillah, Annisa, Jaja Raharja, Bambang Hermanto, and Tety Herawaty. 2019. “Riau Malay Food Culture in Pekanbaru , Riau Indonesia : Commodification , Authenticity , and Sustainability in a Global Business Era.” 7:1–10.

Ravelino, P., Filtri, H., Anugrah, P., & Arianti, M. U. (2023). IDENTIFIKASI SARANA AKSESIBILITAS UNTUK PENYANDANG DISABILITAS DI UNIVERSITAS LANCANG KUNING MENURUT UNIVERSAL DESIGN. INSIDE: Jurnal Desain Interior, 1(1), 58-70.

Rizki, Tiarafica. 2016. “COFFEE SHOP IN PEKANBARU CITY.” Jom Fisib 3(2):1–15.

Published
2023-12-31
Abstract viewed = 14 times
PDF downloaded = 8 times