https://journal.unilak.ac.id/index.php/jcoscis/issue/feed J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service 2024-07-02T08:29:04+00:00 J-Coscis [email protected] Open Journal Systems <p><em><a href="https://journal.unilak.ac.id/index.php/jcoscis/index">J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service</a> </em>publish by Fakultas Ilmu Komputer Universitas Lancang Kuning (Online ISSN <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1609940222" target="_blank" rel="noopener">2774-7581</a>) This journal publish two periode in a year on January and July</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> https://journal.unilak.ac.id/index.php/jcoscis/article/view/20352 PELATIHAN PEMANFAATAN PICTORY ARTIFICIAL INTELLIGENCE SEBAGAI BAHAN PRESENTASI DALAM MENGUBAH TEKS MENJADI VIDEO 2024-07-01T15:28:56+00:00 Sangkot Idris Ritonga [email protected] Sahbuki Ritonga [email protected] Samsir [email protected] Misman [email protected] Abdul Hakim Dalimunthe [email protected] Selamat Subagio [email protected] <p>Pemanfaatan media online dalam pembelajaran telah menjadi sangat penting, terutama dengan perkembangan teknologi dan akses internet yang semakin luas. Media online menyediakan berbagai alat dan platform yang dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses belajar mengajar. Beraneka macam aplikasi yang bisa digunakan untuk pembuatan media pembelajaran khususnya presentasi terasa mudah dan menyenangkan. Pelatihan pembuatan presentasi dari tulisan diubah menjadi tampilan video ini menggunakan aplikasi yaitu pictory.ai. Metode pada pelatihan ini menggunakan ceramah, pelatihan, simulasi dan pendampingan. Dimana pada aplikasi ini yang berbentuk tulisan dapat secara otomatis dengan pemanfaatan AI bisa menjadi tampilan dalam bentuk video dengan berbagai macam template yang menarik. Hasil dari kegiatan sebelum pelatihan masih banyak yang belum mengetahui dan menggunakan pictory berbasis AI dalam pembuatan media presentasi. Berdasarkan kegiatan yang dilakukan hasil dari pengabdian ini menambah wawasanan pengetahuan serta keterampilan dosen dan peserta kegiatan dalam membuat presentasi dengan memanfaatkan pictory yang lebih menarik dan mudah untuk digunakan karena penampilan dalam bentuk video serta dapat dimanfaatkan baik online ataupun offline.</p> 2024-07-01T15:27:12+00:00 Copyright (c) 2024 J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service https://journal.unilak.ac.id/index.php/jcoscis/article/view/19127 PELATIHAN MENGETIK CEPAT DAN AKURAT MENGGUNAKAN APLIKASI RAPID TYPING UNTUK SISWA KELAS X SMK MIGAS INOVASI RIAU 2024-07-01T16:29:07+00:00 Dafwen Toresa [email protected] Fanawiza [email protected] Indah Muzdalifah [email protected] <p>Pada kegiatan ini&nbsp; peserta didik yang merupakan siswa kelas X jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) SMK Migas Inovasi Riau yang beralamat di jalan Garuda Sakti kecamatan binawidya panam.&nbsp; Sebagai calon administrasor jaringan, siswa TKJ harus mampu bekerja cekatan dan cepat dalam melakukan konfigurasi dan instalasi jaringan. Cekatan dalam melakukan konfigurasi tidak lepas dari kemampuan mengetik yang cepat dan akurat. Oleh kareana itu sebagai pelajar yang baru masuk di jurusan TKJ sangat perlu memiliki kompetensi mengetik cepat. Salah satu cara untuk bisa mencapai tujuan tersebut salah satunya dengan menggunakan apliaksi mengetik cepat yang banyak tersedia dan gratis di internet. Salah satu aplikasi mengetik cepat adalah Rapid Typing 5.4 yang dikemas dengan tampilan menarik dan fitur lengkap, mulai mengetik huruf sampai mengetik kalimat. Dari 22 orang peserta pelatihan diukur hasil tes berupa jumlah yang diketik permenit (CPM), persentase akurasi karakter yang diketik (AC) dan kesalahan pengetikan karakter (EC) terjadi peningkatan sebelum diberikan pelatihan (Pre-test) dengan setelah diberikan pelatihan mengetik cepat (Pos-test). Rata rata peserta, CPM terjadi peningkatan yaitu pre-test 49,9 dan post-tes 164, AC meningkat yaitu pre-tes 49% dan post-tes 84% dan EC menurun yaitu saat pre-tes 49% dan pada post-tes 15%. Semoga dengan mampunya siswa dalam mengetik dengan cepat dan akurat akan&nbsp;membantu siswa dalam menyelesaikan dengan cepat semua pelajaran sekolah yang berhubungan dengan penggunaan komputer melalui pengetikan.</p> 2024-07-01T16:00:14+00:00 Copyright (c) 2024 J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service https://journal.unilak.ac.id/index.php/jcoscis/article/view/19106 PELATIHAN PEMROGRAMAN PYTHON DENGAN GOOGLE COLAB BAGI SISWA SMK INOVASI RIAU 2024-07-01T16:56:46+00:00 Fajrizal [email protected] Susi Handayani [email protected] Taslim [email protected] <p>Pelatihan pemrograman Python untuk siswa SMK Inovasi Riau bertujuan untuk memberikan keterampilan dasar dalam pengembangan perangkat lunak menggunakan bahasa pemrograman Python dan menyiapkan siswa untuk karir di bidang teknologi informasi. Materi yang diajarkan dalam pelatihan ini meliputi pengenalan dasar tentang bahasa pemrograman Python, konsep dasar pemrograman seperti variabel, tipe data, penggunaan modul dan pustaka standar dalam Python. Selain materi tersebut, pelatihan pemrograman Python juga akan mencakup latihan dan proyek praktis untuk membantu siswa memahami dan menguasai konsep-konsep yang diajarkan. Tujuan utama pelatihan ini adalah agar siswa dapat memahami dasar-dasar pemrograman Python sehingga mereka dapat membuat program sederhana dan mengembangkan keterampilan yang lebih tinggi dalam pengembangan perangkat lunak. Materi yang disajikan juga mencakup pemanfaatan Google Colab sebagai platform pengembangan yang efisien dan ramah pengguna, terutama bagi pemula dalam dunia pemrograman. Diharapkan pelatihan ini dapat membantu siswa mempersiapkan diri untuk menghadapi persaingan di dunia kerja di bidang teknologi informasi.</p> 2024-07-01T16:50:49+00:00 Copyright (c) 2024 J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service https://journal.unilak.ac.id/index.php/jcoscis/article/view/19137 PELATIHAN MEMBUAT MEDIA PROMOSI DAN INFORMASI DENGAN CANVA SMARTPHONE PADA ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH 2024-07-02T06:07:48+00:00 Loneli Costaner [email protected] Lisnawita [email protected] Guntoro [email protected] <p>Pelatihan ini mengangkat permasalahan dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), di mana penggunaan media promosi seperti banner, spanduk, dan materi cetak sangat diperlukan untuk mendokumentasikan kegiatan sekolah. Tantangannya adalah sebagian anggota OSIS kurang memiliki kemampuan desain yang memadai, mengakibatkan kesulitan dalam merancang percetakan yang sesuai. Inisiatif penelitian ini bertujuan memberikan pelatihan desain berbasis smartphone kepada anggota OSIS agar mereka mampu menciptakan media promosi sendiri. Pelatihan ini menggunakan aplikasi Canva Smartphone, memungkinkan siswa merancang dengan mudah tanpa perlu laptop atau komputer. Canva Smartphone memainkan peran krusial dalam mengasah keterampilan kreatif siswa, menghemat biaya cetak, dan memberikan kemudahan akses. Dengan fitur-template beragam, aplikasi ini mendukung siswa dalam menciptakan desain-promosi yang menarik, meningkatkan eksposur kegiatan sekolah. Pelatihan ini melibatkan beberapa tahapan, termasuk pretest, pemaparan materi, praktek Canva, dan posttest. Diharapkan pelatihan ini memberikan manfaat signifikan, meningkatkan kualitas kegiatan OSIS, dan memberikan dukungan pada semangat siswa dalam organisasi siswa serta menciptakan desain yang bermanfaat untuk sekolah.</p> 2024-07-02T06:07:48+00:00 Copyright (c) 2024 J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service https://journal.unilak.ac.id/index.php/jcoscis/article/view/18995 PENINGKATAN KETERAMPILAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK : PELATIHAN DESAIN TEMPLATE BOOTSTRAP DI SMK NEGERI 8 KOTA PEKANBARU 2024-07-02T08:29:04+00:00 Nurliana Nasution [email protected] Mhd Arief Hasan [email protected] Feldiansyah Nasution [email protected] Muhammad Alfajar [email protected] <p>Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan rekayasa perangkat lunak siswa di SMK Negeri 8 Kota Pekanbaru melalui pelatihan desain template menggunakan Bootstrap. Dalam konteks visi SMK Negeri 8, yang menargetkan menghasilkan lulusan teknologi informasi yang terampil dan dapat bersaing secara global, pelatihan ini diinisiasi sebagai solusi terhadap tantangan utama, yaitu kurangnya keterampilan desain web yang relevan dan akses terbatas terhadap materi terkini.Melalui dana dari Fakultas Ilmu Komputer UNILAK melalui skema APBF Semester Gasal 2023/24, program ini dapat diwujudkan. Pelatihan intensif mencakup pemahaman konsep desain web responsif, penggunaan Bootstrap, dan praktik terbaik industri. Evaluasi formatif dan sumatif dilakukan untuk mengukur pemahaman peserta, dan hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan, dengan 85% peserta dapat memahami dan mengimplementasikan pembuatan template Bootstrap.&nbsp;Kemitraan yang solid dengan SMK Negeri 8 Pekanbaru menjadi kunci kesuksesan program ini. Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada Fakultas Ilmu Komputer UNILAK atas dukungan finansialnya dan kepada SMK N 8 Pekanbaru atas kerjasama yang erat. Hasil positif ini memberikan kontribusi pada pencapaian visi sekolah dan membuka peluang bagi siswa untuk bersaing dalam dunia teknologi informasi yang terus berkembang. Program ini juga menunjukkan model kolaboratif yang dapat diadopsi oleh lembaga pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mempersiapkan generasi muda menghadapi tuntutan industri.</p> 2024-07-02T07:26:16+00:00 Copyright (c) 2024 J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service