https://journal.unilak.ac.id/index.php/jcoscis/issue/feed J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service 2024-02-03T07:23:54+00:00 J-Coscis [email protected] Open Journal Systems <p><em><a href="https://journal.unilak.ac.id/index.php/jcoscis/index">J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service</a> </em>publish by Fakultas Ilmu Komputer Universitas Lancang Kuning (Online <a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1609940222&amp;1&amp;&amp;" target="_blank" rel="noopener">ISSN 2774-7581 &nbsp;</a>) This journal publish two periode in a year on January and July</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> https://journal.unilak.ac.id/index.php/jcoscis/article/view/15313 PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PENERAPAN SISTEM INFORMASI INVENTARISASI ASET PADA SMK MIGAS INOVASI RIAU 2024-02-03T07:23:54+00:00 Taslim [email protected] Susi Handayani [email protected] Wirdah Choiriyah [email protected] <p>Dalam era digital, bahasa pemrograman menjadi sangat penting karena berbagai aplikasi dan teknologi memerlukan pemrograman untuk beroperasi. Bahasa pemrograman digunakan dalam pengembangan website, aplikasi mobile, game, ilmu data, dan kecerdasan buatan yang semakin berkembang pesat. Belajar bahasa pemrograman menjadi penting untuk mempersiapkan diri menghadapi masa depan yang semakin digital. Penguasaan bahasa pemrograman dapat membantu memperluas keterampilan dan peluang karir di berbagai industri, seperti teknologi informasi dan perusahaan teknologi. SMK Migas Inovasi Riau menekankan pada pengembangan keterampilan praktis, termasuk keterampilan pemrograman C++. Metode kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan melalui penyuluhan, evaluasi awal, pelatihan, evaluasi proses, dan evaluasi hasil. Hasil dari pelatihan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman pemrograman bagi siswa SMK. Kegiatan pengabdian ini memiliki dampak positif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang pemrograman dan pentingnya teknologi informasi.</p> 2024-01-17T23:12:43+00:00 Copyright (c) 2024 J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service https://journal.unilak.ac.id/index.php/jcoscis/article/view/15326 PELATIHAN SITASI JURNAL UNTUK KARYA TULIS ILMIAH GURU SMA NEGERI 6 PEKANBARU 2024-01-20T12:53:18+00:00 Elvira Asril [email protected] Mariza Devega [email protected] Yuhelmi [email protected] Misno Sugianto [email protected] Ridho Alfandi [email protected] <p>Kesulitan dalam melakukan sitasi dalam suatu karya tulis ilmiah (KTI) terjadi karena masih sedikitnya guru yang memahami dan mengenal cara melakukan sitasi dan tidak tahu alat bantu dalam sitasi tersebut, padahal mereka memiliki stok KTI. Sitasi adalah proses mengacu atau mengutip sumber informasi yang digunakan dalam sebuah karya tulis, seperti makalah, tugas, atau artikel. Tujuan sitasi adalah untuk memberikan penghargaan kepada penulis asli atau sumber informasi yang digunakan, serta memperkuat argumen atau pendapat yang disampaikan dalam karya tulis tersebut. Selain memberikan penghargaan kepada penulis asli, sitasi juga membantu pembaca untuk melacak sumber informasi yang digunakan dan memeriksa kebenarannya. Hal ini mendukung transparansi dan integritas dalam penulisan ilmiah serta mencegah plagiat. Dalam dunia akademik, sitasi juga dapat digunakan untuk mengukur pengaruh dan keberhasilan penelitian atau karya tulis tertentu. Jumlah sitasi yang diterima oleh suatu karya dapat digunakan sebagai indikator popularitas dan pengakuan dari komunitas ilmiah.</p> <p>&nbsp;</p> 2024-01-17T23:26:52+00:00 Copyright (c) 2024 J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service https://journal.unilak.ac.id/index.php/jcoscis/article/view/15327 PELATIHAN PEMBUATAN WEBSITE ECOMMERCE BERBASISKAN WOOCOMMERCE PADA SISWA SMK KOTA PEKANBARU 2024-01-20T12:53:42+00:00 Nurliana Nasution [email protected] Feldiansyah Bakri Nasution [email protected] Mhd Arief Hasan [email protected] <p>Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang bertujuan untuk memberikan pelatihan pembuatan web toko online menggunakan WooCommerce kepada siswa SMK N 8 Pekanbaru. Pelatihan ini didanai oleh Fakultas Ilmu Komputer Universitas Lancang Kuning melalui SKIM APBF Genap 2022/23. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi pemaparan teori, demonstrasi, dan praktik langsung oleh peserta.Sebanyak sepuluh orang siswa dari program studi Rekayasa Perangkat Lunak SMK N 8 Pekanbaru bersama dengan seorang guru pendamping hadir dalam pelatihan ini. Kegiatan dimulai dengan pembukaan oleh Ketua Pengabdian Masyarakat, Dr. Nurliana Nasution, ST, M.Kom, yang memberikan sambutan dan tujuan kegiatan. Dilanjutkan dengan kegiatan workshop oleh Mhd Arief Hasan M.Kom, yang merupakan ahli dalam bidang WooCommerce. Peserta diberikan materi dan panduan langkah demi langkah tentang cara membuat web toko online menggunakan WooCommerce. Mereka diajarkan tentang e-commerce, instalasi XAMPP, WordPress, dan WooCommerce. Selanjutnya, peserta mempraktikkan pembuatan toko online dengan studi kasus toko komputer. Melalui pendekatan praktis dan interaktif, peserta berhasil membuat toko online mereka sendiri dengan percaya diri. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa sekitar 90 persen peserta memahami dan mampu mempraktikkan pembuatan toko online menggunakan WooCommerce. Pelatihan ini memberikan dampak positif bagi kemajuan teknologi informasi di kalangan siswa SMK N 8 Pekanbaru dan mendukung pengembangan sektor e-commerce di wilayah tersebut. Kegiatan ini tidak hanya memberikan pengetahuan dan keterampilan teknis, tetapi juga meningkatkan semangat belajar dan semangat berinovasi peserta. Penyampaian sertifikat pelatihan menjadi bukti konkrit atas kemampuan yang mereka peroleh dalam menghadapi tantangan di era digital.</p> 2024-01-17T23:37:15+00:00 Copyright (c) 2024 J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service https://journal.unilak.ac.id/index.php/jcoscis/article/view/15465 PELATIHAN DAN PENERAPAN FLIPHTML5 DENGAN PUSTAKA DIGITAL SMA NEGERI 7 PEKANBARU 2024-01-20T12:55:38+00:00 Yuvi Darmayunata [email protected] Lucky Lhaura Van FC [email protected] Keumala Anggraini [email protected] <p>Perpustakaan digital secara ekonomis lebih menguntungkan dibandingkan perpustakaan tradisional. Hal ini dikarenakan dengan adanya perpustakaan digital mampu berbagi koleksi buku perpustakaan dan mempermudah pencarian informasi buku yang dibutuhkan serta mampu memudahkan pelayanan dalam proses peminjaman dan pengembalian buku serta pembuatan laporan bulanan. Tetapi ada juga hal terpenting yaitu bagaimana anggota pustaka atau masyarakat bisa langsung membaca buku tanpa harus meminjam, sehingga membuat lebih efisiensi waktu dan tempat karena anggota tidak perlu khawatir akan keterlambatan dalam pengembalian buku. Dengan pelatihan fliphtml dan web pustaka digital akan memberikan banyak kemudahan bagi staf pustaka. Disamping itu juga membuat pustaka digital tersistem sehingga tidak ada lagi kehilangan atau kesalahan dalam penyimpanan atau keterlambatan dalam pengembalian buku yang dipinjam secara fisik. Hal tersebut diharapkan dapat membantu kegiatan di SMA Negeri 7&nbsp;Pekanbaru. Pelatihan sistem ini sangat bermafaat untuk ebook yang masih tersimpan di media penyimpanan sekolah yang selama ini tidak bisa dimanfaatkan.</p> 2024-01-17T23:45:39+00:00 Copyright (c) 2024 J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service https://journal.unilak.ac.id/index.php/jcoscis/article/view/15472 PELATIHAN DIGITAL MARKETING PADA SISWA SMKS MULTI MEKANIK MASMUR PEKANBARU 2024-01-20T16:16:25+00:00 Ahmad Ade Irwanda [email protected] Wentisasrapita Abiyus [email protected] Fana Wiza [email protected] Joko Suprianto [email protected] Wilbert Sianturi [email protected] <p>Digital marketing adalah bentuk promosi yang memanfaatkan teknologi digital. Internet marketing adalah salah satu jenis pemasaran digital yang menggunakan media elektronik atau internet (emarketing). SMKS Multi Mekanik Masmur Pekanbaru adalah Sekolah Swasta&nbsp;di kota Pekanbaru. Strategi yang selama ini digunakan adalah sudah berbasis digital namun belum dilakukan secara optimal. Selain itu, SMKS Multi Mekanik Masmur Pekanbaru menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, dan YouTube untuk meningkatkan promosi, namun hanya terbatas. Tim pengabdian memberikan pelatihan kepada Siswa SMKS Multi Mekanik Masmur Pekanbaru tentang Pemahaman mengenai Digital Marketing, Platform untuk Digital Marketing, dan Pemasaran dengan Digital Marketing dari permasalahan mitra diatas. Sasaran dari inisiatif Pengabdian Kepada Masyarakat tahun ini adalah peserta pelatihan (Siswa SMKS Multi Mekanik Masmur Pekanbaru). Siswa harus dapat menggunakan dan mengoptimalkan media sosial untuk meningkatkan sekolah.</p> 2024-01-17T23:54:39+00:00 Copyright (c) 2024 J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service https://journal.unilak.ac.id/index.php/jcoscis/article/view/15485 SOSIALISASI DAN PELATIHAN PENGUNAAN APLIKASI KOPERASI DI PONPES ULIL ALBAB ALJA'AFARIYAH 2024-01-20T16:30:21+00:00 Ahmad Zamsuri [email protected] Yogo Turnandes [email protected] Vebby [email protected] Sari Herlina [email protected] Fitri Juliani [email protected] Shelydia Martha [email protected] <p>Salah satu badan usaha penopang ekonomi rakyat Indonesia adalah koperasi. Ponpes Ulil Albab Alja'afariyah merupakan salah satu pondok pesantren di Riau yang mempunyai tugas untuk melayani masyarakat dalam bidang pendidikan, dimana Ponpes Ulil Albab Alja'afariyah terdapat karyawan yang melayani kegiatan santri dan guru. Karyawan Ponpes Ulil Albab Alja'afariyah membentuk koperasi sebagai wadah berkumpulnya karyawan dan guru. Maka untuk mempermudah pengadministrasian koperasi karyawan Ponpes Ulil Albab Alja'afariyah dianggap perlu menyediakan informasi yang cepat, maka dibuat sebuah perancangan sistem informasi koperasi karyawan Ponpes yang diharapkan dapat membantu meningkatkan kinerja koperasi dalam rangka memberikan pelayanan prima terhadap anggota koperasi. Aplikasi koperasi menggunakan <em>framework codeignieter</em> yang berbasis web. Hasil yang didapatkan dari membangun sistem ini adalah adanya sistem informasi koperasi yang menangani keperluan anggota dan pelaporan koperasi karyawan Ponpes Ulil Albab Alja'afariyah. Hal tersebut diharapkan dapat membantu kegiatan koperasi karyawan Ponpes Ulil Albab Alja'afariyah. Urgensi pada pengabdian ini adalah adanya keluhan pengurus dan anggota koperasi didalam mendapatkan pelayan yang tepat, cepat dan memuaskan dan tidak adanya sistem apapun yang dapat dipakai untuk penunjang peningkatan pelayan anggota koperasi.Selnjutnya tujuan yang akan diselesaikan pada riset ini untuk melakukan pembuatan aplikasi dan akan melaksanakan sosialisasi dan pelatihan aplikasi tersebut dengan tamplate yang <em>user friendly</em>, sehingga gampang dan mudah di akses oleh pengurus koperasi maupun anggota koperasi. Target luaran berupa aplikasi dan jurnal yang akan di publikasi beserta buku ajar aplikasi koperasi ini.</p> 2024-01-18T00:01:22+00:00 Copyright (c) 2024 J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service https://journal.unilak.ac.id/index.php/jcoscis/article/view/15486 PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DAN APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN PROMOSI PONPES ULIL ALBAB ALJA'AFARIYAH 2024-01-20T12:58:09+00:00 Yogi Yunefri [email protected] Yogi Ersan Fadrial [email protected] Sutejo [email protected] Pandu Pratama Putra [email protected] Dwi Ana Pertiwi [email protected] <p>Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang terdiri dari Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, serta Pengabdian Kepada Masyarakat, merupakan tujuan yang harus dicapai dan dilaksanakan oleh setiap perguruan tinggi di Indonesia. Ilmu yang bernilai adalah ilmu yang tidak hanya disimpan untuk diri sendiri atau hanya berdiam dalam pikiran kita, tetapi ilmu yang diterapkan sesuai fungsinya dan memberikan manfaat bagi banyak orang. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong pembaharuan dalam pemanfaatan teknologi dalam media promosi. Instagram merupukan salah satu media yang digunakan untuk melakukan promosi, dimana jangkauan instagram saat ini sangat luas. Pengguna internet yang menggunakan Instagram pun sekarang sangat banyak. Saat ini Pengurus pondok pesantren ingin meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat dengan menyediakan informasi yang dapat diakses secara cepat, tepat dan akurat dengan cara menyajikan sebuah informasi yang memiliki desain yang menarik dan mudah saat publikasikan melalui media sosial.</p> 2024-01-18T00:20:20+00:00 Copyright (c) 2024 J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service https://journal.unilak.ac.id/index.php/jcoscis/article/view/15490 PELATIHAN APLIKASI CANVA UNTUK MEDIA AJAR DAN INFORMASI DIGITAL PADA GURU SEKOLAH 2024-01-20T12:58:23+00:00 Loneli Costaner [email protected] Guntoro [email protected] Lisnawita [email protected] <p>Kemajuan dunia pendidikan juga tidak terlepas dari peran teknologi yang mampu membantu proses pembalajaran yang cepat dan smart serta menarik. Sekolah Menengah Kejuruan swasta (SMKS) Ibnu Taimiyah salah satu yang memiliki beberapa bidang ilmu sehingga dapat mendidik para pelajar hingga memiliki keterampilan dibidang masing masing jurusan. Selain aktifitas pembelajaran yang optimal dilakukan untuk kemajuan para pelajar, guru&nbsp; juga harus mampu beradaptasi dengan kemajuan dalam mengelola bahan ajar dan informasi yang mudah dipahami oleh pelajar, dimana setiap awal semester guru harus menjelaskan beberapa bahan ajar. Beberapa kasus terjadi pelajar kurang tertarik dan tidak focus jika hanya diterangkan melalui melalui hardcopy maupun ditampilkan melaui infocus dengan tampilan yang monoton. Sehingga ketika dikonfirmasi kembali berkaitan dengan bahan ajar yang sudah disampaikan tidak dapat dijawab dengan memuaskan. Disisi lain informasi yang diberikan kepada siswa juga jarang mendapatkan perhatian oleh pelajar, karena hanya berbasis teks saja yang dikirim melalui whatsapp group. Melihat kondisi media belajar dan informasi yang masih berbasis text yang kurang mendapatkan perhatian yang baik oleh lingkungan sekolah, maka diperlukan sebuah cara baru untuk mengubah cara yang menoton menjadi lebih visual dan menarik pehatian pelajar dengan harapan pelajar mendapatkan pengajaran dan informasi yang baik. Metode dalam pengabdian ini dilakukan dengan cara menyampaikan pemahaman aplikasi canva beserta pelalatan yang dapat digunakan, selanjutnya mintra akan berikan pelatihan dan pendampingan bangaimana menggunakan aplikasi canva yang menarik dan mudah diimplementasikan, mitra akan diberi manual book agar sewaktu waktu terlupa dapat melihat kembali cara mengelola bahan ajar maupun informasi yang menarik. Pendampingan dilakukan diawali dengan meminta mitra mengisi form pretest untuk mengetahui tingkat pemahaman awal dalam menggunakan peralatan canva kemudian setelah selesai pelatihan mitra diminta untuk memberikan umpan balik berupa form posttest guna mengukur tingkat kemajuan mitra. Tujuan dalam pengabdian ini bagaimana memberikan peningkatan penggunakan teknologi aplikasi canva bagi guru sehingga dapat membuat media belajar dan informasi menarik.</p> 2024-01-18T00:27:56+00:00 Copyright (c) 2024 J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service https://journal.unilak.ac.id/index.php/jcoscis/article/view/16268 IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN LABORATORIUM UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI KINERJA UPTD LABORATORIUM LINGKUNGAN 2024-01-20T12:59:24+00:00 Isna Wardiah [email protected] Reza Fauzan [email protected] Fuad Sholihin [email protected] <p>Mitra pada kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah UPTD Laboratoium Lingkungan, Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman Lingkungan Hidup (DPRKPLH) kabupaten Banjar. Untuk menjalankan fungsinya sebagai laboratorium lingkungan, pihak mitra memberikan layanan pengujian parameter kualitas lingkungan berupa fisika air, kimia air, dan udara baik untuk keperluan internal pemerintah, maupun untuk <em>stakeholders</em> yang membutuhkan. Secara umum ada 3 aspek permasalahan yang dihadapi mitra yakni: Aspek Manajemen Pengujian, Aspek Manajemen Pengelolaan alat dan bahan serta Aspek Lingkungan. Tujuan dari pengabdian ini adalah memberikan solusi bagi permasalahan mitra melalui kegiatan: 1) membuatkan Sistem Informasi Pengelolaan Laboratorium&nbsp;dan 2) Memberikan penyuluhan berupa tutorial dan pendampingan kepada mitra untuk menggunakan sistem informasinya. Sistem Informasi yang dibuat diharapkan bermanfaat untuk: 1)&nbsp;mempercepat dan mengefisienkan proses administrasi pengujian karena bisa dilaksanakan secara online dan terintegrasi; 2) membantu pengelolaan alat dan bahan yang dimiliki mitra dengan data kode alat/bahan, ruang penyimpanannya dan data ketesediaannya; 3) membantu menghemat penggunaan kertas. Metode pelaksanaan secara umum dikategorikan dalam tiga&nbsp;tahapan, yakni Perencanaan, Persiapan bahan, serta Pelaksanaan kegiatan. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah: sebuah sistem informasi pengelolaan laboratorium lingkungan yang telah selesai dibuat, <em>dihosting</em> dan melalui <em>usability testing</em> dengan&nbsp;skor 81,25% yakni&nbsp;kriteria sangat bagus. Sistem informasi ini juga telah disosialisasikan&nbsp;kepada seluruh staf UPTD Laboratoium Lingkungan (DPRKPLH) kabupaten Banjar selaku mitra yang akan menggunakan sistem</p> 2024-01-18T00:34:35+00:00 Copyright (c) 2024 J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service https://journal.unilak.ac.id/index.php/jcoscis/article/view/19098 PELATIHAN PEMANFAATAN EDPUZZEL DALAM PENINGKATAN TEKHNOPREUNERSHIP PEMBELAJARAN SECARA INTERAKTIF BAGI PESERTA DIDIK DI SMAN 7 PEKANBARU 2024-01-29T15:29:37+00:00 Zamzami [email protected] Didik Siswanto [email protected] Lasri Nijal [email protected] <p>Platform aplikasi digital untuk pembelajaran sangat banyak dapat kita temukan pada zaman keterbaharuan dan serba canggih pada saat ini,&nbsp; dan yang sangat mempresentasikan pesatnya teknologi digital ini memiliki banyak keuntungan. para pengguna bisa saling berdiskusi secara langsung layaknya di kelas konvensional. materi yang disampaikan pendidik dapat diterima para pelajar di mana pun mereka berada.agar lebih dekat dengan berbagai keunggulannya, berikut ini sejumlah manfaat yang bisa didapatkan dari platform edpuzzel dalam mengikuti perkembangan teknologi banyak masyarakat yang menganggap sistem pembelajaran tatap muka konvensional masih menjadi cara terbaik untuk proses kbm. namun, edpuzzel dapat memberikan kesan pembelajaran interaktif yang sangan unik dan seru apabila diterapkan di proses pembelajaran oleh pendidik kepada peserta didik. Peserta didik mempunyai tugas penting dalam mengajar. Seorang Peserta didik harus mampu membangun suasana belajar yang baik dan menyenangkan agar materi yang disampaikan dapat diterima dengan baik. Sehingga seorang Peserta didik harus bisa berpikir lebih kreatif lagi membangun media-media yang ada sebagai sarana belajar muridnya. Sebuah penelitian menemukan bahwa penyerapan akan lebih bermanfaat jika dilakukan lebih atraktif dan tidak terikat hanya lewat text book. Media-media pembelajaran yang bersifat interaktif saat ini sangat beragam. Salah satunya adalah edpuzzle. EdPuzzle adalah aplikasi belajar yang memiliki fitur-fitur menarik. Edpuzzle adalah sebuah aplikasi yang menyediakan berbagai macam video sebagai media pembelajaran. Video-video yang mengandung materi pembelajaran sendiri diambil dari vimeo, youtube, khan academy bahkan video yang dibuat oleh Peserta didik itu sendiri. Penggunaan Edpuzzle sendiri sudah banyak diterapkan di sekolah-sekolah saat ini.</p> 2024-01-29T15:29:37+00:00 Copyright (c) 2024 J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service https://journal.unilak.ac.id/index.php/jcoscis/article/view/16843 PELATIHAN MANAJEMEN PENDIDIK PAUD DALAM MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL SE-KECAMATAN MARPOYAN DAMAI KOTA PEKANBARU 2024-01-20T13:00:12+00:00 Lucky Lhaura Van FC [email protected] Sean Marta Efastri [email protected] <p>Kendala lapangan guru paud belum srata satu kemudian tidak bisa menggunakan laptop menjadi problem nyata yang menjadi masukan bagi pemerintah agar lebih banyak memberikan bantuan kepada guru paud agar guru-guru tersebut tidak ketinggalan zaman dalam menjalankan proses pembelajaran. Keterbatasan ekonomi di kalangan guru paud karena dengan gaji yang tidak banyak sehingga menjadi faktor utama juga bagi guru paud tidak memiliki laptop sehingga hanya memanfaatkan media karton dan media dari bahan bekas dalam proses pembelajaran. khususnya dalam memperoleh wawasan membuat media yang menarik. Padahal media pembelajaran berbasis digital ini sangat mampu membuat anak-anak untuk tetap fokus dalam proses pembelajaran, terutama menggunakan video animasi, melalui youtube atau aplikasi kekinian.</p> 2024-01-18T00:48:14+00:00 Copyright (c) 2024 J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service https://journal.unilak.ac.id/index.php/jcoscis/article/view/17029 IMPLEMENTASI TAMAN IQRA DIGITAL BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA JOHOR ISLAMIC GREEN SCHOOL 2024-01-20T13:00:32+00:00 Annalisa Sonaria Hasibuan [email protected] Andi Supriadi Chan [email protected] Rezha Destiadi [email protected] Gabriel Ardi Hutagalung [email protected] <p>Sekolah Johor Islamic Green School merupakan salah satu pelopor sekolah alam berbasis agama Islam di kota medan yang menjadi pengerak dalam edukasi dan Pendidikan anak. Sekolah Johor Islamic Green School ini sudah memiliki siswa lebih dari 50 orang baik dari kalangan masyarakat umum di kota medan. Saat ini Sekolah Johor Islamic Green School melakukan kegiatan untuk memberikan edukasi dan meningkatkan antusian dan minat belajar siswa di alam dan tidak berada di kelas pada umumnya. Beberapa permasalahan yang dihadapi oleh sekolah&nbsp; ini seperti media pembelajaran yang bersifat konvensional dan peralatan pembelajaran untuk edukasi yang masih terbatas. Tujuan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Tim Pengabdi ini untuk menyelesaiakan permasalahan yang dihadapi oleh mitra dengan penerapan Iptek yang dibuat untuk menyelesaikan permasalahan dengan cara implementasi teknologi digital untuk pengenalan Iqra berbasis Augmented Reality dan taman Iqra Digital. Iptek yang akan di implementasikan pada mitra adalah taman Iqra digital pada Kawasan sekolah. Kemudian pelatihan penggunaan dan pemberian informasi, penyediaan media pembelajaran ini sebagai promosi dan kegiatan serta media informasi. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah pemberdayaan masyarakat dengan konsep berbasis masyarakat kelompok produktif (Community base Education) yang dilakukan dengan Langkah berupa pencarian permasalahan yang dihadapi oleh Sekolah Johor Islamic Green School dan disepakati Bersama oleh tim. pelatihan untuk Mitra. Kemudian akan diadakan pelatihan melalui forum grup discussion (FGD). Dan kegiatan akhir mengukur hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui respon Mitra dan hasil perbandingan pasca dan pra kegiatan tersebut.</p> 2024-01-18T00:55:20+00:00 Copyright (c) 2024 J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service https://journal.unilak.ac.id/index.php/jcoscis/article/view/18575 PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MATA PELAJARAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 3 BENGKALIS DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA 2024-01-20T13:17:43+00:00 Syahtriatna Djusar [email protected] Elvira Asril [email protected] Ahmad Zamsuri [email protected] Febrizal Alfarasy Syam [email protected] <p>Kurikulum Merdeka bertujuan agar siswa dapat aktif dalam pembelajaran, siap menghadapi perubahan, dan terlibat dalam pengembangan masyarakat secara keseluruhan. Dalam rangka mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka, tujuan utama pengabdian kepada masyarakat ini adalah meningkatkan kompetensi para guru mata pelajaran Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Bengkalis dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Fokus utama pelatihan adalah memperdalam pemahaman, keterampilan dan sikap guru terhadap Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP), Pembelajaran dan Asesmen, serta pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila&nbsp;(P5). Metode pelaksanaan kegiatan dalam bentuk workshop. Rencana pelaksanaan dimulai dengan: identifikasi kebutuhan guru;&nbsp; penyusunan materi pelatihan yang relevan dan aplikatif; implementasi workshop dan sesi praktis secara bertahap dengan pendekatan praktik; evaluasi: pengukuran peningkatan pemahaman guru terkait materi, sebelum dan sesudah pelatihan. &nbsp;Hasil kuisioner awal terhadap 25 orang guru sebagai peserta, didapatkan rata-rata hasil penilaian pemahaman dan pengetahuan awal adalah sebesar 24.48 /30, artinya dari 30 pertanyaan, maka yang betul hanya sekitar 25 jawaban dan masih ada sekitar 5 jawaban pertanyaan yang salah. Setelah dilakukan refleksi dan evaluasi, dengam melakukan kuisioner akhir dengan pertanyaan yang sama, dan dengan mengamati dan menilai produk yang dihasilkan peserta di akhir kegiatan, maka dapat disimpulkan bahwa telah terdapat peningkatan pengetahuan dan pemahaman peserta terkait dengan KOSP, Pembelajaran dan Asesmen, P5, dengan hasil kusioner akhir sebesar 29/30, artinya dari 30 pertanyaan, rata-rata hanya 1 pertanyaan yang masih belum tepat dijawab oleh setiap peserta.</p> 2024-01-18T01:37:05+00:00 Copyright (c) 2024 J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service https://journal.unilak.ac.id/index.php/jcoscis/article/view/15438 PELATIHAN MEMBUAT SLIDE PRESENTASI BERBASIS ARTIFICIAL INTELGENCE (AI) KEPADA SISWA SMKN 8 PEKANBARU 2024-01-20T13:56:38+00:00 Roki Hardianto [email protected] Wirdah Choiriyah [email protected] Muammar Revnu Ohara [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi efektivitas pelatihan membuat slide presentasi berbasis Artificial Intelligence (AI) kepada siswa SMKN 8 Pekanbaru. Penggunaan teknologi AI dalam proses pembuatan slide presentasi diharapkan dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam merancang presentasi yang menarik dan informatif.&nbsp;Metode penelitian yang digunakan melibatkan pemberian pelatihan intensif kepada siswa SMKN 8 Pekanbaru menggunakan platform AI khusus untuk pembuatan slide presentasi. Selain itu, data evaluasi dan feedback dari partisipan juga dikumpulkan untuk menganalisis tingkat keefektifan pelatihan.&nbsp;Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang mendalam tentang potensi integrasi AI dalam pembelajaran keterampilan presentasi. Implikasi praktis dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan kurikulum di sekolah dan memajukan pendekatan pembelajaran berbasis teknologi di kalangan siswa SMKN 8 Pekanbaru.</p> 2024-01-20T13:56:37+00:00 Copyright (c) 2024 J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service https://journal.unilak.ac.id/index.php/jcoscis/article/view/17842 PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATA PELAJARAN PPKN DI KELAS XI SMAIT ASH – SHIBGOH 2024-01-20T16:54:30+00:00 Sasti Cahyani Khotimah [email protected] Siti Aisyah [email protected] Siti Hazna Insyita Sahla [email protected] Darto Wahidin [email protected] <p>Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMAIT Ash-shibgoh melalui model pembelajaran berbasis masalah.&nbsp;Pembelajaran berbasis masalah ini diterapan pada siswa SMAIT Ash-shibgoh&nbsp;mata pelajaran PPKn materi Demokrasi Pancasila.&nbsp;Sebelum diberikan perlakuan persentase siswa yang mencapai KKM adalah 44,118%, setelah diberikan perlakuan pada Siklus I persentase siswa yang mencapai KKM meningkat menjadi 67,647%. Karena pada Siklus I persentase pencapaian KKM belum sesuai dengan persentase yang sudah peneliti tentukan yaitu 80%, maka diadakan Siklus II dan mendapatkan persentase siswa yang mencapai KKM adalah 82,353%. Karena pada Siklus II persentase siswa yang mencapai KKM sudah sesuai dengan persentase yang ditentukan peneliti, maka sudah tidak diadakan lagi siklus berikutnya. Berdasarkan data-data di atas, telah terjadi peningkatan perolehan nilai rata-rata peningkatan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran PPKn dan persentase pencapaian KKM yang sesuai dengan peneliti tentukan antara data sebelum melakukan tindakan, Siklus I, dan Siklus II. Data tersebut menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan model PBL dapat meningkatkan berfikir kritis PPKn siswa pada materi pada materi hakikat demokrasi, dinamika penerapan demokrasi di Indonesia dan mebangun kehidupan yang demokratis di Indonesia di kelas XI SMAIT&nbsp; Ash – Shibgoh.</p> 2024-01-20T16:54:30+00:00 Copyright (c) 2024 J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service