Jurnal Lingkar Pendidikan https://journal.unilak.ac.id/index.php/jlp <p>Jurnal Lingkar Pendidikan adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Universitas Lancang Kuning, bekerjasama dengan Forum Lingkar Pena Wilayah Riau. Jurnal ini memuat artikel-artikel terkait dengan bidang pendidikan, baik itu dari segi teori maupun praktik. Topik yang dibahas meliputi, namun tidak terbatas pada, pembelajaran, pengajaran, manajemen pendidikan, teknologi pendidikan, dan kurikulum. Jurnal Lingkar Pendidikan berkomitmen untuk menyajikan hasil penelitian yang berkualitas dan memberikan kontribusi yang signifikan pada pengembangan pendidikan di Indonesia dan internasional. Jurnal ini terbit tiga kali setahun, yaitu pada bulan Januari, Mei, dan Oktober. Semua artikel yang diterbitkan melalui proses review dan editorial yang ketat untuk memastikan kualitas dan orisinalitasnya.</p> <p>&nbsp;</p> en-US Sat, 30 Sep 2023 00:00:00 +0000 OJS 3.1.2.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Peningkatan Hasil Belajar PKn dalam Menganalisis Ancaman Negara Menggunakan Student Team Achievement Division (STAD) (Studi Kasus: MAN 1 Kunto Darussalam) https://journal.unilak.ac.id/index.php/jlp/article/view/16186 <p>Penelitian ini masuk dalam jenis studi aksi di dalam lingkungan kelas yang menerapkan metode siklus. Dalam prosesnya, dua siklus dijalankan, dan setiap siklus terdiri dari empat langkah pokok, yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Satu siklus melibatkan dua tahap proses pembelajaran atau tindakan. Proses pembelajaran ini berlangsung selama periode semester Januari hingga Juni 2022. Dalam setiap siklus pembelajaran, digunakan pendekatan kooperatif dengan model STAD. Dalam pendekatan pembelajaran kooperatif tipe STAD, fokus utama diberikan kepada para siswa. Tugas mereka adalah mengembangkan pemahaman dan kemahiran terhadap materi yang harus dipelajari, baik melalui upaya individu maupun kolaborasi dalam kelompok. Dalam situasi ini, peran guru adalah sebagai penggerak dan pemberi fasilitas. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) telah terbukti berhasil pada SMA Negeri 1 Kunto Darussalam, khususnya siswa kelas X MIPA 1. Hal ini memiliki potensi untuk meningkatkan pencapaian belajar mereka. Terjadi kenaikan sebesar 20 poin dalam prestasi belajar siswa dari siklus pertama ke siklus kedua, yang tercermin dalam peningkatan nilai rata-rata. Ada siswa yang mengalami peningkatan nilai dari 75 pada siklus I menjadi 94 pada siklus II. Kesuksesan ini menunjukkan bahwa penelitian yang mempraktikkan di SMA Negeri 1 Kunto Darussalam, khususnya kelas X MIPA 1, telah mencapai hasil yang positif. Edukasi kooperatif STAD tidak hanya mengoptimalkan hasil studi kognitif, tetapi juga Memfasilitasi pengaruh yang baik terhadap komponen emosional dan psikomotorik siswa.</p> Suriati Copyright (c) 2023 Jurnal Lingkar Pendidikan https://journal.unilak.ac.id/index.php/jlp/article/view/16186 Sat, 30 Sep 2023 00:00:00 +0000 Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Terhadap Prestasi Sekolah https://journal.unilak.ac.id/index.php/jlp/article/view/16188 <p>Kualitas pendidikan memiliki pengaruh signifikan terhadap kemajuan suatu bangsa dan kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini menekankan peran penting kepemimpinan pendidikan, khususnya kepala sekolah, dalam membentuk lanskap pendidikan. Penelitian ini menjelajahi bagaimana kepemimpinan sekolah yang kompeten memengaruhi prestasi keagamaan non-akademik, dengan fokus pada da’i dan literasi Al-Qur’an, di SMP Negeri 14 Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggali kompetensi manajerial yang diperlukan untuk meningkatkan prestasi keagamaan non-akademik, menangani tantangan yang dihadapi kepala sekolah dalam proses tersebut. Penelitian ini berfokus pada aspek-aspek kunci seperti perencanaan manajerial, pengelolaan urusan siswa, supervisi, dan evaluasi kegiatan keagamaan non-akademik, dalam kerangka PERMENDIKNAS No 13 tahun 2007. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan berharga untuk meningkatkan prestasi keagamaan non-akademik, dengan tujuan akhir berkontribusi pada tujuan lebih luas kemajuan pendidikan di Indonesia.</p> Elvi Devita Copyright (c) 2023 Jurnal Lingkar Pendidikan https://journal.unilak.ac.id/index.php/jlp/article/view/16188 Sat, 30 Sep 2023 00:00:00 +0000 Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA 1 Pada Materi Penyelenggaraan Jenazah SMA Negeri 1 Kunto Darussalam https://journal.unilak.ac.id/index.php/jlp/article/view/16489 <p>Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian aktivitas kelas yang menggunakan pendekatan bulat. Proses ini terbentuk dari dua putaran, dimana setiap putaran mempunyai empat langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penerapannya dilakukan sebanyak dua kali dalam kurun waktu Juli – Desember 2022. Model Pembelajaran Discovery Learning diterapkan pada kedua putaran tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang teori Manajemen Tubuh pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Hasil penelitian menunjukkan perkembangan yang positif, dimana pada Putaran 1 dari 27 siswa beragama Islam, 16 siswa (59,26%) telah mencapai standar ketuntasan belajar, sedangkan 11 siswa lainnya (40,71%) belum mencapai standar tersebut. Tingkat ketercapaian materi oleh siswa mencapai 72,4% pada Putaran 1. Pada Putaran 2 terjadi peningkatan lebih lanjut, dimana 22 siswa (85,71%) mencapai standar ketuntasan belajar dan 5 siswa (14,29%) aktif dalam pembelajaran. Prestasi belajar pada Putaran 2 mencapai 81,23%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Discovery Learning dapat merangsang hasil belajar siswa kelas XI MIPA 1 pada topik Pelayanan Pemakaman.</p> Rohana Copyright (c) 2023 Jurnal Lingkar Pendidikan https://journal.unilak.ac.id/index.php/jlp/article/view/16489 Sat, 30 Sep 2023 00:00:00 +0000 Strategi Index Card Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas III SDN 006 Ujungbatu Tahun Ajaran 2022/2023 https://journal.unilak.ac.id/index.php/jlp/article/view/16824 <p>Berdasarkan rekomendasi awal, pembelajaran IPA siswa kelas 3 SDN 006 Ujungbatu<br>belum ideal karena teknik mengajar guru masih mengandalkan ceramah dan pemanfaatan<br>lingkungan belajar masih kurang. rendah dan hasil belajar siswa hanya 26,67%. Tujuan<br>penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi siswa kelas III dalam pembelajaran IPA<br>menggunakan metode index card match di SDN 006 Ujungbatu. Siswa adalah fokus utama<br>penyelidikan ini. Penelitian ini melibatkan 30 siswa (20 laki-laki dan 10 perempuan) di SDN 006<br>Ujungbatu Kelas III pada tahun ajaran 2022–2023. Pada pertemuan kedua periode kedua sesuai<br>strategi Index Card Match, Rata-rata peningkatan hasil belajar klasikal sebesar 78; skor<br>terendah dan terbaik berkisar antara 65 hingga 95; 26 siswa lulus, meskipun hanya 4 yang<br>hadir. outlet media.</p> Mardiati Mardiati Copyright (c) 2023 Jurnal Lingkar Pendidikan https://journal.unilak.ac.id/index.php/jlp/article/view/16824 Sat, 30 Sep 2023 00:00:00 +0000 Pengaruh Motivasi dan Minat Belajar Hasil Belajar Siswa Bahasa Indonesia https://journal.unilak.ac.id/index.php/jlp/article/view/16187 <p>Penelitian ini berupaya menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut: 1) Bagaimana minat dan dorongan siswa untuk belajar mempengaruhi hasil prestasi mereka dalam bahasa Indonesia?. 2) Bagaimana semangat belajar murid mempengaruhi hasil luaran mereka dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia? 3) Bagaimana keinginan siswa mempengaruhi hasil luaran belajar Bahasa Indonesia? Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 14 Kota Pekanbaru dengan partisipasi 66 siswa kelas VII. Survei dengan analisis korelasional dan regresi digunakan sebagai pendekatan penelitian. Strategi random sampling digunakan untuk mengambil sampel. 1) keinginan belajar dan dorongan belajar dilakukan bersamaan mempunyai luaran yang signifikan pada keberhasilan studi bahasa Indonesia siswa di SMP Negeri 14 Kota Pekanbaru, berdasarkan hasil penelitian. Value Sig sebesar 0,000 0,05 dan Fh = 15,247 menunjukkan hal tersebut. 2) Di SMP Negeri 14 Kota Pekanbaru keinginan belajar siswa memiliki pengaruh besar pada prestasi belajar bahasa Indonesia. Value Sig sebesar 0,000 0,05 dan th = 3,733 mendukung hal tersebut. 3) SMP Negeri 14 Kota Pekanbaru untuk keinginan belajar memiliki dampak yang cukup luar biasa untuk kinerja belajar bahasa Indonesia siswa. Nilai Sig sebesar 0,015 0,05 dan th = 2,498.</p> Elvi Devita Copyright (c) 2023 Jurnal Lingkar Pendidikan https://journal.unilak.ac.id/index.php/jlp/article/view/16187 Sat, 30 Sep 2023 00:00:00 +0000