Frekuensi dan Tipe Hedges pada Artikel di ScienceDirect.com Bidang Pengajaran Bahasa dan Politik

  • Ayendi Ayendi Universitas Andalas
  • Hermawati Syarif Universitas Negeri Padang
  • Novia Juita Universitas Negeri Padang
Keywords: hedges, artikel, bidang pengajaran bahasa, bidang politik, sciencedirect.com

Abstract

Dalam menulis akademik penggunaan hedges sangat diperlukan untuk membedakan opini dan fakta dan membuat pandangan penulis lebih terukur. Artikel Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki perbedaan frequensi dan tipe hedges yang digunakan pada wacana akademik dan wacana politik dan membuat interpretasi dari kedominanan pemunculannya. Penelitian ini memiliki pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Dua puluh (20) bagian Kesimpulan artikel penelitian internasional terbitan 2021 dari situs web ScienceDirect.com dijadikan data penelitian dengan masing-masingnya sepuluh artikel untuk wacana akademik, dan sepuluh untuk wacana politik. Analisis data didasarkan pada kerangka pragmatis Hyland (1996) Prosedur penelitian ini dengan mengidentifikasi frekuensi dari tipe hedges yang digunakan melalui pembacaan yang cermat.penggunaan. Hasil penelitian menunjukkan tipe Writer-oriented hedges pada wacana politik jauh lebih dominan daripada wacana akademik. Begitu juga untuk Reliability-oriented hedges. Namun sebaliknya pada dua tipe terakhir yaitu Reliability-oriented hedges dan Reader-oriented hedges itu lebih dominan penggunaannya pada wacana akademik. Bagaimanapun penggunaan tipe Reader-oriented hedges pada wacana politik adalah paling tidak dominan digunakan. Hal ini disebabkan perbedaan orientasi atau fokus dalam menyimpulkan artikel tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-01
How to Cite
Ayendi, A., Syarif, H., & Juita, N. (2022). Frekuensi dan Tipe Hedges pada Artikel di ScienceDirect.com Bidang Pengajaran Bahasa dan Politik. Lectura : Jurnal Pendidikan, 13(2), 221-233. https://doi.org/10.31849/lectura.v13i2.10376
Abstract viewed = 267 times
PDF downloaded = 281 times