Representasi Pedagogis dan Refleksi Pembelajaran Bahasa Inggris dalam Video Animasi: Multimodal Analisis

  • Dewi Yana Universitas Riau Kepulauan Batam
  • Azwar Abbas Universitas Ahmad Dahan
Keywords: analisis multimodal, refleksi pembelajaran bahasa Inggris, nilai-nilai pedagogis

Abstract

Mengingat Bahasa Inggris begitu penting dalam komunikasi global, Bahasa Inggris telah dikenalkan kepada siswa sejak dini. Berbagai cara dilakukan guru dan orang tua dalam memperkenalkan Bahasa Inggris kepada siswa atau anak mereka. Salah satunya adalah menggunakan media pembelajaran yang tepat. Video animasi merupakan salah satu media pembelajaran yang menarik bagi anak-anak. Terkait dengan itu, para pendidik perlu memiliki kesadaran dan mencari tahu apakah video animasi yang ditonton oleh anak-anak sesuai dengan karakteristik anak usia dini. Oleh karena itu, kajian ini bertujuan untuk menganalisis representasi nilai-nilai pedagogis dan cerminan tujuan pembelajaran yang ditampilkan melalui berbagai sumber semiotik yang digunakan dalam video animasi. Objek dalam penelitian ini adalah video animasi yang di upload di YouTube dengan judul “Bahasa Inggris Kelas 1 SD – Introduction”. Video ini dipilih berdasarkan jumlah penonton yang telah mengaksesnya. Materinya di analisis dengan mengadaptasi teori KvL oleh Kress & Leeuwen dan teori Multimodal Discourse Analysis dari O’Halloran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembuat konten merepresentasikan suasana dan realitas pembelajaran yang semi-formal dan konsep pendidikan melalui berbagai objek baik berupa manusia, hewan, dan benda, seperti animasi guru perempuan, anak laki-laki dan perempuan. Nilai pertama yang muncul adalah nilai tanggung jawab, kasih sayang, ramah-tamah, dan religious yang sesuai dengan sifat dan ciri-ciri anak usia dini. Video animasi yang telah dianalisis ini dapat menjalankan fungsinya untuk tujuan pembelajaran Bahasa Inggris bagi siswa Sekolah Dasar kelas awal. Secara keseluruhan, pembuat konten juga telah menyajikan mode yang relevan dengan usia dan karakteristik anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-01
How to Cite
Yana, D., & Abbas, A. (2022). Representasi Pedagogis dan Refleksi Pembelajaran Bahasa Inggris dalam Video Animasi: Multimodal Analisis . Lectura : Jurnal Pendidikan, 13(2), 177-191. https://doi.org/10.31849/lectura.v13i2.10477
Abstract viewed = 512 times
PDF downloaded = 513 times