Pendekatan Pembelajaran Heutagogy untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa: Systematic Literature Review

  • Ollyvia Febry Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Dyan Evita Santi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Abdul Muhid Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Keywords: heutagogy, kreativitas, systematic literature review

Abstract

Abstrak:

Perubahan merupakan hal yang mutlak untuk dilakukan, belajar dari belajar menghadapi kehidupan merupakan proses penting dalam memenuhi kebutuhan untuk hidup (Hase, 2016). Heutagogy merupakan filosofis pendekatan baru yang didalam prakteknya memberikan konsep keakraban seperti konstruktivisme, kemampuan, andragogi, dan teori kompleksitas.   Heutagogy merupakan pembelajaran yang sesuai dengan revolusi digital saat ini karena menggabungkan berbagai macam pendekatan yang membuat siswa merasa memiliki kebebasan dalam belajar. Heutagogy memiliki  tahapan pembelajaran yaitu 1. Membuat/ merancang kontrak pembelajaran antara siswa dan guru; 2. Mengidentifikasi sumber belajar bersama; 3. Evaluasi/ penilaian hasil kerja (Lasmawan & Budiarta, 2020). Apabila siswa sudah melakukan tahapan diatas maka, hal ini bermakna siswa sudah mengembangkan dirinya  sehingga proses pengembangan kreativitas optimal dan kemampuan pada diri pelajar sesuai potensi yang mereka miliki sendiri sedang guru hanya menuntun atau sebagai fasilitator. Oleh karena itu setiap guru  harus memahami hal ini, sehingga mereka dapat memberikan pelayanan yang efektif dan optimal sebagai wadah pengembangan kreativitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan. kajian kepustakaan tentang heutagogy dan pengembangannya terhadap kreativitas siswa. Maka merupakan hal yang penting untuk memperdalam ilmu dan memperluas wawasan mengenai. heutagogy supaya siswa mendapatkan intervensi yang berpusat pada dirinya dari lingkungan belajarnya. Terdapat 3 pertanyaan yang diajukan pada penelitian ini, yaitu Bagaimana peran. heutagogy dalam mengembangkan kreativitas siswa?; Bagaimana model penerapan heutagogy untuk mengembangkan kreativitas siswa?; Bagaimana dampak dari penerapan heutagogy untuk mengembangkan kreativitas siswa? Analisa pada penelitian ini menggunakan metode systematic literature review pada 15 literatur. 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-01
How to Cite
Febry, O., Santi, D. E., & Muhid, A. (2022). Pendekatan Pembelajaran Heutagogy untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa: Systematic Literature Review. Lectura : Jurnal Pendidikan, 13(2), 206-220. https://doi.org/10.31849/lectura.v13i2.10532
Abstract viewed = 497 times
PDF downloaded = 373 times