SUMBER BACAAN ONLINE DALAM MEMBANGUN READING HABIT MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM RIAU

  • Estika Satriani
Keywords: Kebiasaan membaca, Sumber bacaan online, Penelitian kualitatif

Abstract

Kebiasaan Membaca (reading habit) merupakan salah satu kegiatan individu yang terkait dengan motivasi dan keingintahuan tentang sesuatu atau informasi yang dibutuhkan dan berguna yang berasal dari masing-masing individu. Tujuan dari penelitian ini adalah    untuk melihat sumber bacaan online yang digunakan dalam proses pembelajaran  dalam hal ini dapat membantu membangun reading habit mahasiswa Universitas Islam Riau. Disamping menyajikan banyak sumber bahan bacaan yang dapat diakses oleh siswa di mana saja, sumber bacaan online juga dapat memudahkan mahasiswa dalam melakukan kegiatan belajar di mana pun mereka berada. Penelitian kualitatif  deskriptif yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, reading log dan wawancara sebagai alat untuk mengumpulkan data. Hasil analisis data dari ketiga instrument pada penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan sumber bacaan online dalam proses pembelajaran telah mengubah kebiasaan membaca (reading habit) mahasiswa dari budaya membaca konvensional  menjadi  budaya yang telah mengintegrasikan teknologi baru  kedalam proses pembelajaran membaca. Hal ini dibuktikan oleh data yang menyatakan 75% mahasiswa sudah memiliki kebiasaan membaca. Jika dibandingkan dengan kebiasaan membaca mahasiswa sebelum menggunakan sumber bacaan online, terjadi peningkatan yang signifikan, yang mana 87% mahasiswa masih memiliki kebiasaan baca rendah.  Disamping itu, sumber bacaan online juga memberikan perubahan positif bagi mahasiswa yang memiliki motivasi rendah dalam membaca menjadi aktivitas membaca yang menyenangkan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-08-25
How to Cite
Satriani, E. (2018). SUMBER BACAAN ONLINE DALAM MEMBANGUN READING HABIT MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM RIAU. Lectura : Jurnal Pendidikan, 9(2), 168-178. https://doi.org/10.31849/lectura.v9i2.1607
Abstract viewed = 753 times
Pdf downloaded = 0 times