MODEL LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS GUIDED INQUIRY LABORATORY UNTUK PEMBELAJARAN BIOLOGI

  • Rubhan Maskur
  • Supriyadi Supriyadi
  • Eka Betty Mutiara
Keywords: LKPD, Guided inquiry laboratory, Pembelajaran Biologi

Abstract

Problem dasar yang sering muncul dalam pembelajaran biologi di sekolah adalah metode belajar yang didominasi ceramah. Metode tersebut tidak keliru, namun jika posisinya terlalu dominan dalam pembelajaran berpotensi mendisfungsikan berbagai keterampilan yang seharusnya bisa dikembangkan pada diri siswa. Di samping itu, pembelajaran yang didominasi ceramah, tentu, beseberangan dengan arah pembelajaran biologi yang menekankan pada pengembangan keaktifan dan keterampilan peserta didik. Berangkat dari maslah tersebut, penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis guided inquiri laboratory pada pembelajaran bologi. Desain penelitian ini adalah Research and Development (R and D). Prosedur penelitian meliputi 7 langkah dari 10 langkah yang dekembangkan Borg and Gall: potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi desain, revisi produk, ujicoba produk, revisi produk. Pengumpulan data terdiri dari wawancara, observasi dan kuisioner. Hasil penelitian berupa LKPD berbasis guided inquiri laboratory pada pembelajaran biologi. Adapun kelayakan LKPD yang dikembangkan mengacu hasil validasi ahli materi sebesar 91,76%; ahli pembelajaran 90,4%; ahli evaluasi 84%; ahli media 91%. Maka dapat disimpulkan LKPD berbasis guided inquiry laboratory yang dikembangkan sangat layak. Berkaitan dengan analisis respon guru dan peserta didik diperoleh persentase tanggapan guru sebesar 100%; respon peserta sebesar 86%. Artinya, LKPD yang dikembangkan sangat layak menurut guru dan peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-08-25
How to Cite
Maskur, R., Supriyadi, S., & Mutiara, E. B. (2018). MODEL LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS GUIDED INQUIRY LABORATORY UNTUK PEMBELAJARAN BIOLOGI. Lectura : Jurnal Pendidikan, 9(2), 190-200. https://doi.org/10.31849/lectura.v9i2.1627
Abstract viewed = 507 times
Pdf downloaded = 0 times