RELASI ANTARA KEMAMPUAN NUMERIK DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
Prestasi belajar matematika merupakan istilah yang berhubungan dengan pencapaian hasil belajar yang ditandai dengan penguasaan materi setelah mengikuti pembelajaran. Prestasi belajar matematika siswa pun beragam, dari yang tinggi sampai yang rendah. Berdasarkan fakta-fakta yang ditemukan di lapangan, peneliti berhipotesis bahwa faktor yang mempengaruhi atau yang melatarbelakangi masalah rendahnya prestasi belajar siswa adalah faktor inteligensi dengan indikatornya terletak pada tingkat kemampuan numerik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan numerik dengan prestasi belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 647 orang siswa kelas XI APH SMK Sadar Wisata Ruteng. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Jumlah anggota sampel keseluruhannya adalah 87 siswa. Data kemampuan numerik dan data prestasi belajar matematika siswa dikumpulkan menggunakan metode tes. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan teknik analisis korelasi. Hasil analisis data dari penelitian ini memberikan nilai koefisien korelasi sebesar 0,612 dan nilai thitung= 7,135 lebih besar dari ttabel= 1,6629 (7,135>1,6629). Selanjutnya Hasil analisis uji signifikan diperoleh nilai thitung = 7,135, sedangkan nilai ttabel = 1,663 pada taraf signifikansi (α) = 0,05 dan dk = n-2 = 87-2= 85. Ternyatayaitu 7,135 > 1,663. Dari hasil analisis ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan numerik dengan prestasi belajar matematika siswa, artinya semakin tinggi kemamuan numerik seseorang maka prestasi belajarnya pun semakin baik. Begitupun sebaliknya. Dari hasil analisis juga diperoleh informasi bahwa besarnya sumbangan atau kontribusi kemampuan numerikterhadap prestasi belajar matematikaadalah 37,46%, sedangkan sisanya 62,54% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.