MOTIVASI BELAJAR DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK SERTA PENGARUHNYA TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN PADA PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI

  • Dudung Ma'ruf Nuris Universitas Negeri Malang
Keywords: Motivasi Belajar, Kompetensi Pedagogik, Hasil Pembelajaran

Abstract

Kompetensi pedagogik sebagai kompetensi yang harus dikuasai guru di samping kompetensi profesional, sosial, dan kepribadian. Penelitian ini bertujuan untuk mencari dampak motivasi belajar dan kompetensi pedagogik terhadap hasil pembelajaran di bidang akuntansi keuangan. Riset dilakukan terhadap 36 siswa Sekolah Menengah Kejuruan dan jenis penelitian adalah penelitian eksplanasi. Sumber yang dipakai berupa data yang sudah tersedia yaitu nilai akhir semester dan penyebaran instrumen. Teknik dokumentasi dan teknik kuisioner dipakai dalam mengumpulkan data di penelitian ini. Analisis deskriptif dan analisis inferensial dipilih untuk mengidentifikasi hasil akhir riset. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh motivasi belajar siswa dan kompetensi pedagogik terhadap hasil pembelajaran akuntansi keuangan. Hal ini ditunjukkan oleh persamaan dari hasil analisis regresi sehingga didapatkan nilai konstan 98,850 disamping itu nilai motivasi belajar ditemukan sejumlah 0,345 dan nilai kompetensi pedagogik guru teridentifikasi 0,377. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar dari siswa mempunyai pengaruh terhadap hasil pembelajaran akuntansi dan kompetensi pedagogik yang dimiliki dapat mempengaruhi hasil pembelajaran akuntansi keuangan. Hasil penelitian juga membuktikan keberlakuan teori behavioristik yang menyebutkan tingkah laku sangat perlu diaplikasikan agar dorongan belajar dan kemampuan guru dapat teruji baik di kelas maupun diluar kelas.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-04-02
How to Cite
Nuris, D. M. (2019). MOTIVASI BELAJAR DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK SERTA PENGARUHNYA TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN PADA PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI. Lectura : Jurnal Pendidikan, 10(1), 19-32. https://doi.org/10.31849/lectura.v10i1.2399
Abstract viewed = 652 times
PDF downloaded = 358 times