PENGARUH CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MELALUI MEDIA FLIPCHART TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN KELAS VII SMP METHODIST PEKANBARU T.A 2015/2016

  • Martala Sari
Keywords: contextual teaching and learning, pengetahuan konseptual, flipchart, organisasi kehidupan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Contextual
Teaching and Learning (CTL) melalui media flipchart terhadap pengetahuan konseptual
siswa pada materi organisasi kehidupan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil
bulan November-Desember 2015 di kelas VII SMP Methodist Pekanbaru. Penelitian ini
merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan nonequivalent pretest-posttest control group
design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIa dan VIIb dengan jumlah siswa masingmasing
26 siswa, yang diambil dengan teknik total sampling. Pengumpulan data dilakukan
melalui pretest, posttest, dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini berupa t-test. Rerata N-Gain pada kelas eksperimen 0,55 (kategori sedang),
sedangkan pada kelas kontrol 0,22 (kategori rendah). Berdasarkan analisis uji-t menunjukkan
perbedaan yang signifikan antara pengetahuan konseptual kelas kontrol dan
eksperimen.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan pendekatan Contextual
Teaching and Learning (CTL) melalui media flipchart berpengaruh signifikan terhadap
pengetahuan konseptual siswa pada materi organisasi kehidupan kelas VII SMP Methodist
Pekanbaru.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-08-20
How to Cite
Sari, M. (2016). PENGARUH CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MELALUI MEDIA FLIPCHART TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN KELAS VII SMP METHODIST PEKANBARU T.A 2015/2016. Lectura : Jurnal Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.31849/lectura.v7i2.253
Section
Articles
Abstract viewed = 208 times
Pdf downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)

> >>