Pembelajaran Berbasis Masalah melalui Keterampilan Proses Sains terhadap Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Sistem Gerak Kelas XI IPA 2 T.A 2015/ 2016 SMA Nurul Falah Pekanbaru

  • Raudhah Awal
Keywords: Berpikir kreatif, keterampilan proses sains, Pembelajaran berbasis masalah, sistem gerak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah
melalui keterampilan proses sains terhadap berpikir kreatif siswa pada materi sistem
gerak dikelas XI IPA2 SMA Nurul Falah Pekanbaru tahun ajaran 2015/2016. Penelitian
ini dilaksanakan pada semester genap bulan Maret 2016. Desain penelitian yang
digunakan adalah weak experiment one group pretest-posttest design. Sampel penelitian
adalah siswa kelas XI IPA2 dengan jumlah siswa 30 orang siswa, yang diambil dengan
teknik purposivesampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
berupa paired samplet-test. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest dan
lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Rerata N-Gain yang diperoleh 0,72 (kategori
tinggi). Berdasarkan hasil uji paired sample t-test maka diperoleh data yang berbeda
signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran
berbasis masalah melalui keterampilan proses sains terhadap kemampuan berpikir
kreatif siswa pada materi sistem gerak kelas XI IPA2 SMA Nurul Falah Pekanbaru
tahun ajaran 2015/2016.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-20
How to Cite
Awal, R. (2017). Pembelajaran Berbasis Masalah melalui Keterampilan Proses Sains terhadap Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Sistem Gerak Kelas XI IPA 2 T.A 2015/ 2016 SMA Nurul Falah Pekanbaru. Lectura : Jurnal Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.31849/lectura.v8i1.282
Abstract viewed = 427 times
Pdf downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)

> >>