Pengembangan Buku Ajar IPA Terpadu SMP berbasis Eksperimen

  • Matsun Matsun
  • Lia Anggraeni
  • Eka Trisianawati
Keywords: Buku ajar, IPA Terpadu, Eksperimen

Abstract

Ilmu alam atau Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan ilmu yang mencari tahu tentang alam beserta isinya secara logis sehingga IPA bukan hanya penguasaan ilmu pengetahuan, tetapi juga merupakan suatu proses penyelidikan dan penemuan (inkuiri). Bahan ajar yang bersifat terpadu (tidak terpisah) sangat bermanfaat untuk menunjang proses pembelajaran IPA Terpadu di SMP/MTs. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Bagaimana kelayakan buku ajar IPA terpadu SMP Kelas VII berbasis eksprimen berdasarkan ahli materi, (2) Bagaimana kelayakan buku ajar IPA terpadu SMP Kelas VII berbasis eksprimen berdasarkan ahli media. Penelitian dan pengembangan modul IPA terpadu ini menggunakan prosedur 4-D Models yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap pendistribusian (disseminate). Analisis data yang digunakan selama proses penelitian dan pengembangan adalah analisis deskriptif, analisis kelayakan buku ajar berdasarkan skor criteria. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Buku ajar IPA terpadu SMP berbasis eksprimen yang telah di validasi oleh ahli materi dengan keteria layak digunakan dengan nilai rata-rata 72.17. (2) Buku ajar IPA terpadu SMP berbasis eksprimen yang telah di validasi oleh ahli media dengan keteria layak digunakan dengan nilai rata-rata 75.14. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa pengembangan buku ajar IPA terpadu SMP berbasis eksprimen layak digunakan di sekolah. Buku ajar IPA terpadu SMP berbasis eksprimen telah di ajukan ISBN dan dicetak.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-05
How to Cite
Matsun, M., Anggraeni , L., & Trisianawati, E. (2019). Pengembangan Buku Ajar IPA Terpadu SMP berbasis Eksperimen . Lectura : Jurnal Pendidikan, 10(2), 107-122. Retrieved from https://journal.unilak.ac.id/index.php/lectura/article/view/3149
Abstract viewed = 25 times
PDF downloaded = 7 times