Penerapan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep PadaMateri Kultur Jaringan TumbuhanMatakuliah Bioteknologi Tahun Akademik 2016/2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan laboratorium virtual
terhadap penguasaan konsep mahasiswa pada perkuliahan bioteknologi. Penelitian
ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Lancang
Kuning. Pendekatan dan metode pada penelitian adalah eksperimental kuantitatif
dengan alat pengumpul data berupa data pretest dan posttest. Sampel penelitian
ditentukan dengan cara purposive random sampling. Sampel penelitian adalah
mahasiswa semester VIA dengan jumlah siswa 33 orang sebagai kelas kontrol dan
VIB dengan jumlah 32 orang sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data
dilakukan melalui pretest dan posttest. Hasil data uji-t N-Gain adalah 0,000 < 0,05
(α), maka tolak H0 yang artinya terdapat perbedaan signifikan antara N-Gain kelas
kontrol dan kelas eksperimen. Hal ini juga dapat dilihat dari rerata N-Gain pada
kelas eksperimen 0,73 (kategori tinggi), sedangkan pada kelas kontrol 0,37
(kategori sedang). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh laboratorium virtual terhadap penguasaan konsep mahasiswa
pada materi kultur jaringan tumbuhan matakuliah bioteknologi tahun akademik
2016/2017.