Perbandingan Prestasi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Aljabar Linier Ditinjau dari Orientasi Tujuan

  • Muhammad Irham
  • Aska Muta Yuliani
Keywords: Orientasi Tujuan Penguasaan, Orientasi Tujuan Performansi, Prestasi Belajar

Abstract

Orientasi tujuan merupakan aspek penting dalam perkuliahan di setiap mata kuliah. Mahasiswa dengan orientasi tujuan penguasaan memandang kesuksesan sebagai suatu peningkatan kemampuan dalam diri, sedangkan mahasiswa dengan orientasi tujuan performansi memandang kesuksesan melalui perbandingan dengan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Aljabar Linier berdasarkan orientasi tujuan. Penelitian ini merupakan penelelitian kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 19 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan angket. Metode tes digunakan untuk mengumpulkan data prestasi matematika mahasiswa pada mata kuliah Aljabar Linier. Tes yang digunakan adalah tes berjenis uraian materi Aljabar Linier. Adapun angket digunakan untuk mengklasifikasikan mahasiswa yang memiliki orientasi tujuan penguasaan dan performansi. Teknik analisis data menggunakan uji-t pihak kanan. Uji ini dilakukan untuk mengetahui apakah mahasiswa dengan orientasi penguasaan memiliki prestasi belajar yang lebih baik dari mahasiswa yang berorientasi performansi? Atau sebaliknya. Hasil tes menunjukkan bahwa mahasiswa yang memiliki orientasi penguasaan memiliki rata-rata 83,1, sedangkan mahasiswa dengan orientasi performansi memiliki nilai rata-rata prestasi belajara sebesar 80,7. Hasil analisis data dengan uji-t pihak kanan menunjukkan bahwa  dengan kesimpulan bahwa tidak terdapat perbedaan prestasi belajar antara mahasiswa yang berorientasi tujuan penguasaan dengan mahasiswa yang berorientasi tujuan performansi. Ini menunjukkan bahwa orientasi tujuan mahasiswa dalam belajar pada mata kuliah Aljabar linier tidak mempunyai pengaruh siginifikan terhadap prestasi matematika pada mata kuliah Aljabar Linier.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-02-12
How to Cite
Irham, M., & Yuliani, A. M. (2020). Perbandingan Prestasi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Aljabar Linier Ditinjau dari Orientasi Tujuan. Lectura : Jurnal Pendidikan, 11(1), 1-14. https://doi.org/10.31849/lectura.v11i1.3627
Abstract viewed = 513 times
PDF downloaded = 582 times