Peningkatan Karakter Gotong Royong di Sekolah Dasar

  • Desti Mulyani
  • Syamsul Ghufron
  • Akhwani Akhwani
  • Suharmono Kasiyun
Keywords: Peningkatan, Karakter, Gotong Royong

Abstract

Gotong royong merupakan suatu bentuk kerja sama baik itu individu, individu dengan kelompok untuk melakukan kerja sama dalam menangani permasalahan yang menjadi kepentingan bersama. sesuai dengan tujuan permendikbud gotong royong merupakan salah satu upaya peningkatan pendidikan karakter di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk-bentuk perilaku gotong royong yang masih bertahan, mendeskripsikan strategi guru dalam penanaman dan peningkatan karakter gotong royong siswa, mendeskripsikan  tema/topik pembelajaran yang menjadi sarana penanaman dan peningkatan karakter gotong royong siswa di SDN Jemur Wonosari 1/417 Surabaya. Metode penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu guru kelas 3a, 3b, 4b, 5b, 6a, 6b. Pengumpulan data pada penelitin ini dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa program pendidikan berbasis gotong royong masih bertahan hingga sekarang, namun ada beberapa siswa saja yang sulit dalam melakukan sikap gotong royong dan masih dikategorikan baik. Adapun strategi guru dalam menanamkan sikap karakter gotong royong seperti memberi contoh langsung kepada siswa, memberikan reward berupa pujian-pujian sehingga semangat gotong royong siswa sejalan dengan tujuan pendidikan di sekolah. Dalam penerapan sikap gotong royong guru menggunakan beberapa substansi dalam pembelajaran seperti pembelajaran PKn, IPS, Matematika, Bahasa Indonesia, SBdP.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-10
How to Cite
Mulyani, D., Ghufron, S., Akhwani, A., & Kasiyun, S. (2020). Peningkatan Karakter Gotong Royong di Sekolah Dasar. Lectura : Jurnal Pendidikan, 11(2), 225-238. https://doi.org/10.31849/lectura.v11i2.4724
Abstract viewed = 6415 times
PDF downloaded = 5709 times