Peningkatan Kemampuan Siswa dalam Menceritakan Pengalaman Pribadi melalui Metode Cerita Berantai pada Kelas IX.4 Semester 1 SMP Negeri 30 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2015/2016

  • Surya Hatma
Keywords: Kemampuan berbicara, Cerita berantai, Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Abstract

Kemampuan siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia terdiri dari banyak aspek, salah
satunya adalah berbicara. Kemampuan siswa kelas IX.4 SMP Negeri 30 Pekanbaru
masih rendah dalam aspek berbicara yaitu bercerita dan menyimpulkan sebuah wacana.
Salah satunya pada keterampilan siswa menceritakan pengalaman pribadi. Tujuan
penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menceritakan
pengalaman pribadi melalui metode cerita berantai pada siswa kelas IX.4 semester 1
tahun pelajaran 2015/2016 SMP Negeri 30 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan
rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Jumlah siswa
sebagai partisipan adalah sebanyak 28 orang. Kemudian, data dianalisis dengan sistem
skor. Hasil penelitian terdiri dari kategori kesesuaian cerita dan keberanian siswa
dengan nilai berturut-turut pada siklus 1 dan 2 adalah 70,9 : 77,2 dan 71,2 : 84,2.
Persentase peningkatan rata-rata kemampuan menceritakan pengalaman pribadi pada
siklus 1 dan 2 berturut-turut adalah 71,2 (46%) : 84,5 (54%). Terdapat peningkatan yang
signifikan sebesar 8%. Sehingga disimpulkan bahwa dengan penerapan metode cerita
berantai dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menceritakan pengalaman
pribadi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-08-20
How to Cite
Hatma, S. (2017). Peningkatan Kemampuan Siswa dalam Menceritakan Pengalaman Pribadi melalui Metode Cerita Berantai pada Kelas IX.4 Semester 1 SMP Negeri 30 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2015/2016. Lectura : Jurnal Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.31849/lectura.v8i2.649
Abstract viewed = 476 times
Pdf downloaded = 0 times