Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII.A dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) pada Materi Himpunan di SMP Negeri 18 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2014-2015

  • Eva Agustin
Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif, Student Team Achievement Divisions (STAD)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran diskusi
kelompok dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada pokok bah`asan bilangan
himpunan, khususnya pada kelas VII.A sehingga dapat mencapai batas tuntas sesuai
dengan target kurikulum dan Seberapa besar nilai hasil belajar siswa dapat ditingkatkan,
sehingga siswa yang sebelumnya hanya mendapat nilai rata-rata 50 menjadi sama atau
lebih dari 65.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu penelitian
tindakan kelas bersifat kolaboratif. Melibatkan penulis sebagai peneliti dan guru teman
sejawat guru matematika sebagai kolaborator. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII.A
SMP 18 Pekanbaru pada semester genap Tahun Pelajaran 2014/2015. Berdasarkan hasil
penelitian dan pembahasan, bahwa pada Siklus I pertemuan 2 diketahui bahwa terdapat
26 orang siswa yang tuntas dengan persentase sebesar 68.42 %. Sedangkan siswa yang
tidak tuntas sebanyak 12 orang siswa dengan persentase sebesar 31.58 %. Sementara itu
peningkatan secara keseluruhan sebesar 9.89 dengan kategori cukup. Siklus II
pertemuan 2 diketahui bahwa terdapat 38 orang siswa yang tuntas dengan persentase
sebesar 100 %. Sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 0 orang siswa dengan
persentase sebesar 0 %. Sementara itu peningkatan secara keseluruhan sebesar 6.50
dengan kategori cukup. Hal ini terjadi karena murid sudah terbiasa dengan diskusi yang
dilakukan dalam pembelajaran. Disisi lain siswa yang tuntas Telah mencapai 70%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-08-20
How to Cite
Agustin, E. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII.A dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) pada Materi Himpunan di SMP Negeri 18 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2014-2015. Lectura : Jurnal Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.31849/lectura.v8i2.650
Abstract viewed = 255 times
Pdf downloaded = 0 times