Analisis Kepuasan Mahasiswa terhadap Pelayanan Pendidikan di Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Lancang Kuning

  • Rini Nizar
  • Amalia Amalia
  • Niken Nurwati
Keywords: Tingkat Kepuasan, Mahasiswa, Prodi Agribisnis, Metode Rasch

Abstract

Prodi Agribisnis memiliki visi “Menjadi Program Studi yang Menghasilkan
Lulusan yang Unggul dalam mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
(IPTEK) dan jiwa kewirausahaan Bidang Agribisnis dengan Berlandaskan Budaya
Melayu di tahun 2030”. Untuk mencapai visi tersebut diperlukan langkah-langkah
kongkret, salah satunya adalah dengan mengenali mahasiswa yang merupakan
konsumen dari jasa pelayanan pendidikan. Paradigma lama yang fokus terhadap
produk saja akan menyebabkan kita akan mengalami ketertinggalan dan bahkan
mungkin saja akan ditinggalkan oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk:
(1)Mengetahui kesenjangan antara kenyataan dan harapan mahasiswa terhadap
pelayanan pendidikan dan (2) Menentukan prioritas perbaikan pelayanan
pendidikan di prodi Agribisnis. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan
menggunakan Metode Rasch dimana metode ini menjadi pembeda dari penelitian
sejenis sebelumnya. Tidak dilakukan pengujian instrumen penelitian dengan uji
validitas dan uji reabilitas pada penelitian ini karena kuisioner yang digunakan
adalah kuisioner standart yang sudah digunakan untuk perguruan tinggi bermutu
lihat pada lampiran kuisioner (Tampubolon, 2001). Dari hasil analisis kepuasan
mahasiswa terhadap pelayanan pendidikan di Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian
Universitas Lancang Kuning didapat kesimpulan sebagai berikut: (1) Kesenjangan
antara kenyataan dan harapan terhadap pelayanan pendidikan di Prodi Agribisnis
diperoleh hasil gap positif dimana responden telah menerima layanan pendidikan
yang melebihi harapan untuk dimensi reability, tangible dan dimensi responsive.
Sedangkan hasil gap negatif dimana responden telah menerima pelayanan
pendidikan kurang dari harapan untuk dimensi sumber belajar, jasa
ekstrakurikuler, sarana dan prasarana dan assurance. (2) Yang harus menjadi
prioritas perbaikan pelayanan pendidikan di prodi agribisnis berdasarkan urutan
prioritas adalah sebagai berikut: (a) Dimensi Sarana dan Prasarana (b) Dimensi
Assurance, (c) Dimensi Sumber Belajar dan (d) Dimensi Jasa Ekstrakurikuler

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-02-20
How to Cite
Nizar, R., Amalia, A., & Nurwati, N. (2018). Analisis Kepuasan Mahasiswa terhadap Pelayanan Pendidikan di Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Lancang Kuning. Lectura : Jurnal Pendidikan, 9(1), 17-27. https://doi.org/10.31849/lectura.v9i1.916
Abstract viewed = 346 times
Pdf downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)

> >>