Hubungan Self Efficacy terhadap Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung

  • Irma Lusi Nugraheni
Keywords: Self efficacy, Motivasi berprestasi, Mahasiswa pendidikan geografi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self efficacy terhadap motivasi
berprestasi pada mahasiswa pendidikan geografi Unila angkatan 2015. Metode yang
digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 93 mahasiswa dengan
teknik pengambilan sampel berupa quota sampling sehingga didapat jumlah sampel sebesar
48 mahasiswa. Data primer diperoleh dari hasil angket menggunakan skala likert dengan 5
indikator jawaban (setuju,sangat setuju,ragu-ragu,tidak setuju,sangat tidak setuju). Masingmasing
indikator memiliki bobot skor yang berbeda-beda,sangat setuju dengan skor 5,setuju
dengan skor 4, ragu-ragu dengan skor 3,tidak setuju dengan skor 2 dan sangat tidak setuju
dengan skor 1. Angketnya sendiri terdiri dari 21 butir pertanyaan untuk variabel X ( self
efficacy) dan 20 butir pertanyaan untuk variabel Y (motivasi berprestasi). Skor maksimum
untuk variabel X adalah 105 dan skor maksimum untuk variabel Y adalah 100. Skor
minimum untuk variabel X adalah 21 dan skor minimum untuk variabel Y adalah 20.Hasil
penelitian menunjukkanbahwa adahubungan yang signifikan (berarti) antara variabel self
efficacy dengan motifasi berprestasi. Tingkat kekuatan hubungan (korelasi) antara variable
self efficacy dengan motifasi berprestasi adalah sebesar 0,675 atau kuat. Angka koefisien
korelasi pada hasil di atas bernilai positif, yaitu 0,675 sehingga hubungan kedua variable
tersebut bersifat searah (jenis hubungan searah), dengan demikian dapat diartikan bahwa self
efficacy meningkat maka motifasi berprestasi juga meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-02-20
How to Cite
Nugraheni, I. L. (2018). Hubungan Self Efficacy terhadap Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Lectura : Jurnal Pendidikan, 9(1), 52-64. https://doi.org/10.31849/lectura.v9i1.923
Abstract viewed = 300 times
Pdf downloaded = 0 times