Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dengan Kinerja Guru SMA Negeri 1 Tuah Gemilang Kabupaten Indragiri Hilir

  • Lily Khairani Mahasiswa Pascasarjana Universitas Lancang Kuning
  • Herlinawati Universitas Lancang Kuning
Keywords: Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Kinerja Guru

Abstract

Kinerja guru sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran, namun masih terdapat beberapa kelemahan yang terjadi yaitu kinerja guru yang dibawah standar. Permasalahan tersebut antara lain menunjukkan keterlambatan masuk kelas, keterlambatan dalam menyelesaikan tanggung jawab utama seperti perencanaan pembelajaran dan pembuatan soal ulangan harian dan tidak mengembalikannya kepada siswa, persiapan guru yang tidak memadai dalam pedagogi, keengganan untuk menegakkan aturan disiplin sekolah, jarang berpartisipasi dalam kegiatan sekolah, dan tidak adanya guru. kegiatan pembelajaran yang inovatif. Kinerja guru tidak terlepas dari kepemimpinan kepala sekolah yang merupakan penanggung jawab utama pencapaian tujuan bersama di sekolah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru di SMA Negeri I Tuah Gumilang. Pendekatan penelitian menggunakan product moment korelasional Pearson. Populasi dalam penelitian ini adalah 22 orang guru SMA Negeri I Tuah Gumilang yang secara keseluruhan dijadikan sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja SMA Negeri I Tuah Gumilang. Namun masih terdapat kendala dalam mencapai tujuan pembelajaran. Untuk itu kepala sekolah perlu memperhatikan guru SMA Negeri 1 Tuah Gumilang dan strategi pendampingan pencapaian kinerja melalui peningkatan komunikasi, diskusi, dan keteladanan bagi siswa, serta memastikan manajemen sekolah dapat berjalan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Affandi, Y., Darmuki, A., & Hariyadi, A. (2022). The Evaluation of JIDI (Jigsaw Discovery) Learning
Model in the Course of Qur an Tafsir. International Journal of Instruction, 15(1), 799–820.
https://doi.org/10.29333/iji.2022.15146a
Amruddin, Pujiyati, W., & Dekawati, I. (2021). Korelasi Sertifikasi dan Motivasi Kerja terhadap
Kinerja Guru di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Education and Teaching (JET), 2(1), 28–35.
https://doi.org/10.51454/jet.v2i1.65
Anwar, A. K., Pujiyati, W., & Aly, A. D. (2022). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kecerdasan
Emosional Guru: Peninjauan pada Kinerja Guru. Journal of Education and Teaching (JET), 3(1),
102–115. https://doi.org/10.51454/jet.v3i1.143
Budiman, I., & Saleh, S. M. (2020). The Effect of School Principal Supervision, Principal Leadership,
and Teacher Achievement Motivation on the Performance of Public High School Teachers in
Barito Kuala Regency. Journal of K6 Education and Management, 3(2), 158–167.
https://doi.org/10.11594/jk6em.03.02.07
Hartiwi, H., Kozlova, A. Y., & Masitoh, F. (2020). The Effect of Certified Teacher and Principal
Leadership Toward Teachers’ Performance. International Journal of Educational Review, 2(1),
70–88. https://doi.org/10.33369/ijer.v2i1.10629
Madjid, A., & Smsudin, M. (2021). Impact of Achievement Motivation and Transformational
Leadership on Teacher Performance Mediated by Organizational Commitment. Educational
Sciences: Theory and Practice, 21(3), 123–137. https://doi.org/10.12738/jestp.2021.3.008
Mulyadi, E. (2016). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatan Kinerja dan Prestasi
Belajar Fisika Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(4), 385–395.
https://doi.org/10.21831/jptk.v22i4.7836
Naila, I. (2020). The Effectiveness of Science Project Learning based on Entrepreneurship Model to
Improve Elementary Students’ Collaborative Skills. Mimbar Sekolah Dasar, 7(3), 348–361.
https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v7i3.28676
9
Nuryoso, Saputra, D., Qawim, M. M., Hariyadi, Ah., & Utomo, S. (2023). Kepemimpinan Kepala
Sekolah Dalam Menerapkan Konsep Merdeka Belajar. Equity in Education Journal (EEJ), 5(1),
14–22. https://doi.org/10.37304/eej.v5i1.8256
Pongoh, S. (2014). The Effect of Principal Leadership and Achievement Motivation on Teaching
Competence of Public School Teacher in Manado City. Journal of Education and Practice, 5(1),
139–146. https://www.iiste.org/Journals/index.php/JEP/article/view/10424
Salin, I. M., Dantes, N., & Sunu, I. G. K. A. (2014). Analisis Diskrepansi Pelaksanaan Kompetensi
Kepala Sekolah Berbasis Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007 Di Lingkungan Sekolah Dasar
Seraya Timur, Kecamatan Karangasem. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 5(1), 1–11.
https://doi.org/10.23887/japi.v5i1.1457
Siburian, T. A. (2013). The Effect of Interpersonal Communication, Organizational Culture, Job
Satisfaction, and Achievement Motivation to Organizational Commitment of State High School
Teacher in the District Humbang Hasudutan, North Sumatera, Indonesia. International Journal of
Humanities and Social Science, 3(12), 247–264.
https://www.ijhssnet.com/view.php?u=https://www.ijhssnet.com/journals/Vol_3_No_12_Specia
l_Issue_June_2013/28.pdf
Ulfathmi, Arafat, Y., & Setiawan, A. A. (2021). The Influence of Principal’s Leadership and Work
Motivation on Teacher’s Performance. Journal of Social Work and Science Education, 2(2), 160–
168. https://doi.org/10.52690/jswse.v2i2.238
Wirawan, H., Tamar, M., & Bellani, E. (2019). Principals’ leadership styles: the role of emotional
intelligence and achievement motivation. International Journal of Educational Management,
33(5), 1094–1105. https://doi.org/10.1108/IJEM-04-2018-0127
Yuliana, R., Syaodih, C., & Sulastini, R. (2023). Implementasi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam
Membina Kompetensi Sosial Guru. Journal on Education, 5(2), 3028–3035.
https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.955
Published
2023-12-29
How to Cite
Lily Khairani, & Herlinawati. (2023). Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dengan Kinerja Guru SMA Negeri 1 Tuah Gemilang Kabupaten Indragiri Hilir. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Terapan, 5(2), 84-89. https://doi.org/10.31849/jmbt.v5i2.14287
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times