Pengaruh Struktur Aktiva, Ukuran Perusahaan Dan Profitabilitas Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Farmasi Yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia

  • Bambang Supeno
Keywords: Struktur Aset, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Struktur Modal

Abstract

Struktur modal merupakan masalah penting bagi perusahaan mana pun karena struktur modal yang baik dan buruk akan berdampak langsung pada posisi keuangan perusahaan. Kesalahan dalam menentukan struktur Modal akan berdampak luas. Apalagi dengan hutang yang sangat besar, akan menempatkan beban berat pada perusahaan karena perusahaan harus menanggung beban yang masih lebih besar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Pengaruh Struktur Aset, Perusahaan-CSizte dan Profitabilitas Struktur Modal Pada Perusahaan PharmaceuticaI yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi pada pengembangan ilmu manajemen keuangan, dan sebagai input bagi kepemimpinan perusahaan dalam membuat keputusan terkait dengan struktur aset, ukuran perusahaan, dan profitabilitas. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda yang digunakan untuk menguji model hipotesis yang secara statistik, serta sejauh mana model yang diusulkan konsisten dengan sampel data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Struktur aset terbukti mempengaruhi struktur Modal pada perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009 hingga 2014 periode (2) Ukuran perusahaan dapat mempengaruhi struktur Modal pada perusahaan farmasi yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia periode 2009 hingga 2014. (3) profitabilitas menunjukkan pengaruh terhadap struktur Modal pada perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009 hingga 2014 (4) bersama dengan struktur aset, ukuran perusahaan dan profitabilitas terbukti mempengaruhi struktur modal pada perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009 hingga 2014.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Halim, 2007, Manajemen Keuangan Bisnis, Penerbit Ghalia Indonesia, Bogor.
Agus Sartono. 2011. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta. BPFE.
____________. 2005. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta. BPFE.

Bambang Riyanto. 2010. Dasar–Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: BPFE. Brealey, Richard A. Myers, Stewart C, &

Brigham, Eugene F. dan Houston, Joel F., 2011, Dasar-dasar Manajemen Keuangan, Edisi 10. Salemba Empat: Jakarta.
Brigham dan Houston, 1993, Fundamental Of Financial Manajemen, edisi kesepuluh, Jakarta: Salemba Empat
Dwi Prastowo, 2008. Analisis Laporan Keuangan, Edisi Kedua Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN
Helfert, E. A., 2000, Analisis Laporan Keuangan (terj. Herman Wibowo), Edisi Ketujuh, Penerbit Erlangga, Jakarta.
Hanafi, Mahmud dan Abdul Halim, 2003, Analisis Laporan Keuangan, Yogyakarta: YKPN
Husnan, S. 2001. Dasar-Dasar Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas. Edisi Kedua, UPP AMP YKPN, Yogyakarta.

Kasmir, 2008, Analisis Laporan Keuangan, Yogyakartaa; Rajawali Pers
Keown, Arthur J. et al. 2010. Manajemen Keuangan : Prinsip dan Penerapan. Jakarta: Salemba Empat.
Martono, A., dan Harjito, D.A. 2005. Manajemen Keuangan. Penerbit FE UII, Yogyakarta.
Munawir, 2002, Analisa Laporan Keuangan, Edisi Keempat, Penerbit Liberty, Yogyakarta.
Michelle & Megawati, 2005, Tingkat Pengembalian Investasi dapat Diprediksi Melalui Profitabilitas, Likuiditas dan Leverage, Kumpulan Jurnal Ekonomi
Robert C. Fink and Ann Harrison, 1999. Businaess Return on Assets, Journal of Return On Investment, Computerworld; Jun 21; vol 33, Iss 25; ABI/INFORM Global, pg. 72.
Seftianne dan Ratih Handayani. 2011. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal Pada Perusahaan Publik Sektor Manufaktur. Jurnal Bisnis dan Akutansi. 2(1).
Suwito, Edy dan Herawati, Arleen. 2005. “Analisis Pengaruh Karakteristik Perusahaan terhadap Tindakan Perataan Laba yang Dilakukan oleh Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Simposium Nasional Akuntansi VIII. Solo, 16-17 September, hal. 136-146.
Shapiro, Alan C. 1991. Modern Corporate Finance. Macmillan Publishing Company, Maxwell Macmilan International, Editor L New York.
Sugiyono, 2012, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung.
Weston, Fred J, dan Thomas E. Copeland, 1989, Manajemen Keuangan, Edition 9th, Jilid Dua, Terjemahan oleh A. Jaka Wasana, & Kibrandoko, 1997, Binarupa Aksara, Jakarta.
Published
2020-06-23
How to Cite
Supeno, B. (2020). Pengaruh Struktur Aktiva, Ukuran Perusahaan Dan Profitabilitas Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Farmasi Yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Terapan, 1(1), 1-13. https://doi.org/10.31849/jmbt.v1i1.4317
Abstract viewed = 507 times
PDF downloaded = 494 times