Analisis Disiplin Kerja, Sarana Pendidikan, dan Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru Bersertifikasi Pada SMA Negeri di Kabupaten Rokan Hilir

  • ENIDARWATI ENIDARWATI
Keywords: Disiplin kerja, Sarana pendidikan, Kompetensi guru, Kinerja guru, Kompetensi guru, Kinerja guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh disiplin kerja, sarana pendidikan, dan kompetensi guru terhadap kinerja guru bersertifikasi pada SMA Negeri di Kabupaten Rokan Hilir. Penelitian dilakukan pada bulan Agustus 2016.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru bersertifikasi pada SMA Negeri di Kabupaten Rokan Hilir, yaitu 275 orang. Dan sampel sebanyak 35 orang yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Hasil penelitian dianalisis dengan metode regresi linier berganda.  Hasil penelitian diketahui bahwa secara parsial disiplin kerja dan sarana pendidikan berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru bersertifikasi pada SMA Negeri di Kabupaten Rokan Hilir, sedangkan kompetensi guru tidak memberikan pengaruh yang signifikan. Secara simultan disiplin kerja, sarana pendidikan, dan kompetensi guru berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru bersertifikasi pada SMA Negeri di Kabupaten Rokan Hilir. Besarnya nilai persentase pengaruh disiplin kerja, sarana pendidikan, dan kompetensi guru terhadap kinerja guru pada SMA Negeri di Kabupaten Rokan Hilir, sebesar 78,9 %. Sedangkan variabel lain di luar ketiga variabel independen tersebut yang menjelaskan variasi pengaruh terhadap kinerja guru bersertifikasi pada SMA Negeri di Kabupaten Rokan HIlir adalah sebesar 21,1 %.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anoraga, P. 2013. Manajemen Bisnis. Rineka Cipta. Jakarta.
Anwar. 2010. Kebijakan Kinerja Karyawan. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Asmiarsih, 2012. Sumber daya Manusia, Alfabeta. bandung
Davis, Keith dan Newtroms, John W. 2010. Perilaku dalam Organisasi Edisi 8 Jilid 2. Terjemahan oleh Agus Dharma. Erlangga. Jakarta.
Depdiknas. 2012. Pedoman Perhitungan Beban Kerja Guru. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.
Djamarah, S. B. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Gay, L.R. & Diehl, P.L. 1996. Research Methods for Business and Management. New York: MacMillan.
Ghozali, I. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS
19. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Istiarini, R. dan Sukanti. 2012. Pengaruh Sertifikasi Guru dan Motivasi Guru Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 1 Sentolo Kabupaten Kulon Progo Tahun 2012. Jurnal Pendidikan Akutansi Indonesia.10(1) : 98-113.

Mangkunegara, A. A. A. P. 2010. Evaluasi Kinerja SDM. Cetakan kedua. PT. Refika Aditama. Bandung.
Mulyasa, E. 2011. Manajemen Berbasis Sekolah; Konsep, Strategi, dan Implementasi. Remaja Rosda Karya. Bandung.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya
Rastodio. 2009. Budaya Oganisasi. Jakarta: EGC.
Sahertian, P. A. 2008. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Sanjaya, W. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana: Jakarta.
Sastrohadiwiryo, S. 2011. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara. Jakarta.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun
2005 Tentang Guru dan Dosen. 2006. Semarang : diperbanyak oleh CV Duta Nusindo.
Published
2020-06-23
How to Cite
ENIDARWATI, E. (2020). Analisis Disiplin Kerja, Sarana Pendidikan, dan Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru Bersertifikasi Pada SMA Negeri di Kabupaten Rokan Hilir. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Terapan, 1(1), 23-33. https://doi.org/10.31849/jmbt.v1i1.4319
Abstract viewed = 72 times
PDF downloaded = 128 times