PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, DISIPLIN TERHADAP PRESTASI SISWA MELALUI BUDAYA SEKOLAH SEBAGAI MEDIASI PADA SISWA SMA NEGERI DI KECAMATAN TANAH PUTIH

  • RIRIN HANDAYANI
Keywords: Motivasi Belajar, Disiplin, Prestasi Siswa dan Budaya Sekolah

Abstract

Pelaksanaan dan penerapan konsep, fungsi manajemen yang baik dan benar di yakini akan dapat meningkatkan kualitas penyelenggaraan fungsi belajar  mengajar sekaligus meningkatkan kualitas mutu dan prestasi selurih warga sekolah. Dalam kegiatan belajar, motivasi dapat dikatakan sebagai keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, memberikan arah pada kegiatan belajar sehingga prestasi yang dikehendaki dapat tercapai dengan maksimal. Prestasi belajar dapat tercapai dengan adanya pengetahuan, sikap, dan keahlian yang dipadukan dengan motivasi dan disiplin. Kondisi sekolah yang berada di Kecamatan Tanah Putih ini sangatlah dinamis yang merupakan perpaduan seluruh warga sekolah dengan memiliki latar belakang kehidupan sosial yang berbeda dan saling berinteraksi secara kontinyiu sehingga membentuk sistem nilai yang membudidaya dan menjadi milik bersama di sekolah. Budaya yang berintikan tata nilai yang mempunyai fungsi dalam memberikan kerangka dan landasan yang berupa ide, semangat, gagasan dan cita – cita bagi seluruh warga sekolah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh motivasi belajar, disiplin terhadap prestasi siswa melalui budaya sekolah sebagai mediasi pada siswa SMA Negeri di Kecamatan Tanah Putih. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode descriptive and explanatory survey, karena akan mendeskripsikan setiap variabel dan menjelaskan hubungan antara variabel yang diteliti yang mengacu pada hipotesis yang akan  diuji  terhadap fenomena yang terjadi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan motivasi belajar terhadap budaya sekolah melalui disiplin. Terdapat pengaruh signifikan motivasi belajar terhadap prestasi siswa melalui disiplin. Terdapat terdapat pengaruh signifikan motivasi belajar terhadap prestasi siswa melalui budaya sekolah. terdapat pengaruh signifikan motivasi belajar terhadap prestasi siswa melalui disiplin melalui budaya sekolah. terdapat pengaruh signifikan disiplin terhadap prestasi siswa melalui budaya sekolah. Dari penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa Motivasi cenderung membuat disiplin siswa meningkat, Peningkatan motivasi mendorong disiplin siswa yang cenderung akan memperbaiki kondisi budaya sekolah ke arah yang lebih baik , Motivasi belajar mampu meningkatkan prestasi siswa, Disiplin mendorong terciptanya budaya sekolah yang lebih baik, Dengan adanya disiplin dapat meningkatkan prestasi siswa, Budaya Sekolah dapat menciptakan prestasi siswa, Dibanding disiplin, motivasi mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap terciptanya budaya sekolah, Motivasi merupakan factor yang paling dominan dalam mempengaruhi peningkatan prestasi belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arinkunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi
VI). Jakarta: Rineka Cipta.
Budi Trianto SE MSI, 2015 Riset Modeling, Adh Dhuha Institute, Pekanbaru.
Christiani Paulina. (2016). Pengaruh Budaya Sekolah dan Dukungan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Kelas VII di SMP Negeri 2 Kota Probolinggo. Jurnal Pendidikan, Vol. 10 Nomor 1, Tahun 2016.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Ferdinand, Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen, Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen. Seri Pustaka Kunci, 2006.

Handoko, 2000. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Yogyakarta, BPEE.

Hamdu Ghulham, Agustina Lisa. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar (Studi Kasus Terhadap Siswa Kelas IV SDN Tarumanagara Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya). Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 12 Nomor 1, April 2011.

Maliza Amelia, 2017. Pengaruh Motivasi Belajar, Budaya Sekolah, Gaya Belajar Terhadap Prestasi Siswa SMP Melta Pekanbaru.

Mangku Negara, 2010. Evaluasi Kinerja SDM PT. Revika Aditama Bandung.

Mulyansa E. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Moenir. 2010. Masalah-Masalah dalam Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Oemar Hamalik. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Purnomo, Patmathara Syaad, Anggraini Yusi. (2017). Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Kompetensi Keahlian Elektronika Industri di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan, Vol. 2 Nomor 14 Desember 2017

Prawira, Purwa Atmaja. Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012)., 159.

Prof. DR. A Muri Yusuf, MPd. 2014. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif dan Penelitian Gabungan, Prenada Group. Jakarta

............ “Pentingnya Melakukan Penilaian Yang Baik.” Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Mei 2017. [email protected]

Rahman, Masykur Arif. 2011. Pentingnya Disiplin Belajar. Jakarta : Rineka Cipta

Rahmawati Ade. 2006. Motivasi Berprestasi Mahasiswa Ditinjau dari Pola Asuh Anak. Medan. USU

Sardiman A.M. 2007. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Bandung: Rajawali Pers.

Sari Puspita Vaulina Jenita. (2016).Pengaruh Intelegensia, Motivasi Belajar, dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas XII IPS di SMA Negeri Mojokerto. Jurnal Pendidikan, Vol. 4 Nomor 2, Tahun 2016.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Stepen P. Robbins, 2001. Perilaku Organisasi Versi Bahasa Indonesia. PT Perhalindo, Jakarta

Syamsu Yusuf. (2006). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Syah Muhibbin, 2000. Psikologi pendidikan dan Pendekatan baru, Bandung Remaja Rosdakarya.

Tu'u Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT Grasindo.

Umar Hamalik. 2003. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Jakarta Bumi Aksara.


Uno B, hamzah. 2006. Teori motivasi dan pengukuran. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Uno B, Hamzah . 2006. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. PT Bumi Aksara, Jakarta).


Walgito, Bimo. 2005. Bimbingan dan Konseling (Studi&Karir). Yogyakarta: CVAndi Offset

Wibowo Harie Alex, Sunardi, Mulyadi. (2014). Hubungan Antara Motivasi dan Disiplin dengan Prestasi Belajar Siswa SMK Negeri 1 Pracimontoro Semester 1 Tahun Peljaran 2012 – 2013. Jurnal Pendidikan, Vol. 2 Nomor 3, Mei 2014.
W.S Winkel & M.M. Sri Hastuti. 2007.Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Media Abadi.

Yusni Harahap, 2016. Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Terhadap Prestasi Belajar Al Qur’an Hadist Siswa Kelas X MAN Binjai.

Yuliono Agus. (2011). Pengembangan Budaya Sekolah Berprestasi : Studi Tentang Penanaman Nilai dan Etos Berprestasi di SMA Karangturi. Jurnal Komunitas. Komunitas 3 (2) (2011). http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/komunitas.
Published
2020-06-23
How to Cite
HANDAYANI, R. (2020). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, DISIPLIN TERHADAP PRESTASI SISWA MELALUI BUDAYA SEKOLAH SEBAGAI MEDIASI PADA SISWA SMA NEGERI DI KECAMATAN TANAH PUTIH. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Terapan, 1(1), 68-76. https://doi.org/10.31849/jmbt.v1i1.4325
Abstract viewed = 492 times
PDF downloaded = 320 times