Peran Kecerdasan Emosional dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru dengan Self Efficacy Sebagai Intervening (Studi Kasus Guru SMAN di Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau)

  • Afriyenti Universitas Lancang Kuning
Keywords: Kecerdasan Emosional, Motivasi, Kinerja Guru dan Self Efficacy

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada guru SMA di Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau, dengan tujuan menguji pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi terhadap kinerja guru dengan self efficacy sebagai variabel intervening. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Krejcie dan Morgan (1970) dalam Ferdinand, 2006. Sesuai dengan populasi penelitian merupakan seluruh guru SMA yang memiliki akreditasi A pada kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau yang berjumlah 433 guru, maka sampel (n) penelitian ini adalah 205 responden. Teknik analisa data penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan analisis verifikatif, sebagai alat analisis digunakan Sctruktural Equational Model yang diproses dengan Software SmartPLS2.  Hasil analisis membuktikan bahwa pada SMA di Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau, kecerdasan emosional berpengaruh terhadap self efficacy guru; kecerdasan emosional berpengaruh terhadap kinerja guru; motivasi berpengaruh terhadap self efficacy guru; motivasi berpengaruh kinerja guru; kecerdasan emosional berpengaruh terhadap kinerja melalui self efficacy guru; motivasi berpengaruh terhadap kinerja melalui self efficacy guru; self efficacy berpengaruh terhadap kinerja guru; dan kecerdasan emosional berpengaruh terhadap kinerja melalui motivasi dan self efficacy.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.Dale Timpe. 1999. Motivasi Pegawai. Terjemahan Susanto Budhi dharma. Jakarta: Gramedia.
Ahmadiansah, Reza. (2016). Pengaruh Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru SMK Muhammadiyah Salatiga. Inject, Interdisciplinary Journal of Communication, Vol. 1, No. 2, Desember 2016:223-236.
Anita Woolfolk. 2009. Educational Psychology: Active Learning Edition. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Edisi kesepuluh. Cetakan pertama
Arinkunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi VI). Jakarta: Rineka Cipta.
Bandura, A. (1997). Self Efficacy. The Exercise of a Control. New York: W.H.Freeman and Company.
Chamariyah. (2015). Pengaruh Self Efficacy, Assertiveness, Dan Self Esteem Terhadap Keinginan Pindah Kerja (Turnover Intentions) Pegawai Pada Bank Jatim Cabang Pamekasan. Jurnal Neo – Bls Volume 9, No. 1.
Ferdinand, Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen, Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen. Seri Pustaka Kunci, 2006.
Ghufron, M.N & Risnawita, R.S. (2010). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz.
Goleman, Daniel. Kecerdasan Emosional, terj. T. Hermaya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2009), 7.
Hendriani, Susi dan Garnasih, L Raden. (2013). Pengaruh Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Guru SMAN 8 Pekanbaru. Jurnal Ekonomi, Vol. 1 Nomor 4, Desember 2013.
Husnul, Ulfa K., Yuliejantiningsih, Yovita., Rasiman. (2017). Pengaruh Kecerdasan emosional, Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan Kota Semarang. E-Journal.upgris.ac.id, Dec 21, 2017. License: CCBY-SA 4.0. https://www.researchgate.net/publication/321977232.
Irwandy. (2014). Assesing The Role of Motivation on Teacher Performance: Case Study in Indonesia. International Journal of Education & Literacy Studies ISSN 2202-9478 Vol. 2 No. 2; April 2014 Copyright © Australian International Academic Centre, Australia.
Iskandar, Dede,. Ambarita, Alben., Sowiyah. (2014). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Guru Yayasan Pendidikan Panjang Lampung (YPPL) di Bandar Lampung. Jurnal Manajemen Mutu Pendidikan, Vol 2 No 3 TAHUN 2014.
Iskandar, Urai. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah: Manfaat Ujian Nasional. https://urayiskandar.com/2017/07/manfaat-hasil-ujian-nasional.html.
Latif, Humaira., Majoka, I Muhammad., and Khan, I Muhammad. (2017). Emotional Intelligence and Job Performance of High School Female Teachers. Pakistan Journal of Psychological Research, 2017, Vol. 32, No. 2, 333-351.
Merida-Lopez, Sergio., Extremera, Natalio., and Rey, Lourdes. (2017). Contributions of Work-Related Stress and Emotional Intelligence to Teacher Engagement: Additive and Interactive Effects. International Journal of environmental Research and Public Health. Int. J. Environ. Res. Public Health 2017, 14, 1156; doi:10.3390/ijerph14101156
Miyagamwala, Gulshan. (2015). “Emotional Intelligence and Teacher Effectiveness-an analysis. The Business & Management Review, Volume 5 Number 4 January 2015 International Conference on Issues in Emerging Economies (ICIEE), 29-30th January 2015.
Mojaveji, Ahmad., Tamiz, Poodineh Marzieh. (2012). The Impact of Teacher Self-Efficacy on the Studens Motivation and Achievement. ISSN 1799-2591. Theory and Practice in Language Studies, Vol. 2, No. 3, pp. 483-491, March 2012.
Naqvi, H Imtiaz,. Iqbal, Muhammad., Akhtar, Naeem Shafqat. (2016). The Relationship Between Emotional Intelligence and Performance of Secondary School Teachers. Bulletin of Education and Research June 2016, Vol. 38, No. 1 pp. 209-224.
Prawira, Purwa Atmaja. Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012)., 159.
Ray, Rakesh., Jain, Nisha. (2013). A Study of Emotional Intelligence Among School Teacher at Secondary Level in GZB. International Journal Of Management Research and Review, Oct 2012/ Volume 2/Issue 10/Article No-15/1831-1840 ISSN: 2249-7196. Corresponding Author www.ijmrr.com 1831.
Riesmaningsih. (2013). Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru SMA Yadika 3 Karang Tengah. Riesminingsih 263 - 271 Jurnal MIX, Volume III, No. 3, Oktober 2013 263.
Robbins, Stephen P,. dan Timothy A. Judge. 2008. Perilaku Organisasi. Edisi 12 Jilid 1 dan 2, Jakarta: Salemba Empat.
Robbins, Stephen P. dan Coulter, Martin. 2007. Manajemen. buku 1 dan 2, edisi kedelapan. PT. Indeks.
Uno, Hamzah B. 2006. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. PT Bumi Aksara, Jakarta).
Venna, Trilolita Putri Ardi., Endang, Siti Astuti., M. Cahyo Widyo Sulistyo. (2017). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Employee Engagement dan Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan PT. Telekomunikasi Indonesia Regional V Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)| Vol. 52 No. 1 November 2017| administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id
Widyastuti. 2010. Pengaruh Pembelajaran Model Eliciting Activities terhadap Kemampuan Representasi Matematika dan Self-Efficacy Siswa. Tesis pada SPS UPI: Tidak Diterbitkan.
Yudistiro, I Agung. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Lingkungan Kerja dan Disiplin Terhadap Kinerja Guru dengan Komitmen Organisasi Sebagai Moderasi. Jurnal Manajemen Sumberdaya Manusia Vol. 9 No. 1. Juni 2015: 38 – 50.
............ “Pentingnya Melakukan Penilaian Yang Baik.” Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Mei 2017. [email protected]
Published
2019-12-31
How to Cite
Afriyenti. (2019). Peran Kecerdasan Emosional dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru dengan Self Efficacy Sebagai Intervening (Studi Kasus Guru SMAN di Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Terapan, 1(2), 118-128. https://doi.org/10.31849/jmbt.v1i2.8475
Abstract viewed = 56 times
PDF downloaded = 58 times