Strategi Guru dalam Menumbuhkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas V SD IT Bina Insan Batang Kuis Medan

  • Weni Sarbaini Universitas Lancang Kuning
Keywords: Strategi guru, Kemandirian belajar, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam menumbuhkan kemandirian belajar siswa kelas V SD IT Bina Insan Batang Kuis. Strategi pembelajaran merupakan rencana tindakan termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya dalam pembelajaran. Guru perlu menerapkan strategi pembelajaran yang efektif untuk menumbuhkan kemandirian belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung.  Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara. Teknik observasi dilakukan untuk melihat kemandirian belajar siswa  yang berjumlah 28 orang dan Teknik wawancara dilakukan kepada guru kelas yang mengajar di kelas V SD IT Bina Insan Batang Kuis. Seluruh data diolah dengan tahapan analisis data yaitu reduksi data, model data, penarikan/verifikasi kesimpulan dan persentase. Berdasarkan hasil analisis data, penelitian ini dapat dikemukakan Pertama guru menggunakan beberapa metode dalam mengajar. Kedua guru menumbuhkan rasa senang dalam belajar. Ketiga guru memanfaatkan sumber belajar.  Keempat guru memberi motivasi belajar. Dalam penelitian ini guru telah maksimal dalam menumbuhkan kemandirian belajar siswa dalam memotivasi dan membuat perencanaan pembelajaran..

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, I. 2011. PAIKEM GEMBROT (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan, Gembira, dan Berbobot). Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher

Andi Nurul Fatmah, dkk Pengaruh Strategi PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa, Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya. Hal 59-64

Asrori. (2020). Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidisipliner (1st Ed.). CV. Pena Persada.

Bukit, S., Perangin-Angin, R. B., Murad, A., & Medan, U. N. (2022). Development Of The CTL- Based Ppkn Module To Improve Student Learning Independence. 1(4), 571–584.

Damayanti, H. L., & Anando, A. A. (2021). Peran Guru Dalam Menumbuhkembangkan Kemandirian Siswa Melalui Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Sinestesia, 11(1), 52–59.

Fungki, dkk Penerapan Model Pembelajaran PAIKEM Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Bidang Studi IPS Pada Pokok Bahasan Jenis dan Persebaran SDA Serta Pemanfaatannya di SDN Tempursari 01 Tahun Pelajaran 2012/2013, J URNAL EDUKASI UNEJ 2014, I (1): 44-47.

Kemdikbud. (2017a). Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan SD Kelas Tinggi KK B. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan

Kemdikbud. (2017b). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Sekolah Dasar ( SD ) Kelas Tinggi. Modul PKB.

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model. In Nizmania Learning Center Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 2 Nomor 1 April 2020 Halm 85-92

Rafika, Dkk (2017) Upaya Guru Dalam Menumbuhkan Kemandirian

Belajar Siswa Di Sd Negeri 22 Banda Aceh Universitas Syiah Kuala : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Volume 2 Nomor 1 Februari, 115-123

Rifky. (2020). Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Kemandirian Belajar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(April), 85–92

Suciati, W. (2016). Kiat Sukses Melalui Kecerdasan Emosional Dan Kemandirian Belajar (1st Ed.). CV. Rasi Terbit.

Suciono, W. (2021). Berpikir Kritis (Tinjuan Melalui Kemandirian Belajar, Kemampuan Akademik Dan Efikasi Diri) (Kodri (Ed.); 1st Ed.). CV. Adanu Abimata.

Tirtaraharja, Umar, 2010 Pengantar Pendidikan (Yogyakarta: Pustaka Pelajar)

Published
2022-09-11
Abstract viewed = 33 times
pdf downloaded = 24 times