Evaluasi Kinerja Dan Tingkat Kepuasan Pengguna Moda Transportasi Trans Metro Pekanbaru Rute Ramayana – Pandau Permai

  • Todiara Siburian Universitas Lancang Kuning
  • Winayati Universitas Lancang Kuning
  • Hendri Rahmat Universitas Lancang Kuning
Keywords: Importance and performance analysis (IPA), tingkat kinerja, tingkat kepuasan

Abstract

Kota Pekanbaru merupakan Ibukota Provinsi Riau dengan tingkat pertumbuhan penduduk, migrasi dan urbanisasi yang relatif tinggi. Jumlah penduduk kota pekanbaru pada tahun 2023 sebanyak 1.020.612 dengan pertumbuhan penduduk sebesar 1,30% (Badan Pusat Statistik Kota Pekanbaru, 2023). Berdasarkan data Dinas Perhubungan Pekanbaru, (2023) jumlah pengguna harian angkutan umum Trans Metro Pekanbaru hanya 0,44% dari total penduduk hal ini menunjukkan bahwa minat menggunakan transportasi umum di Kota Pekanbaru masih tergolong sangat rendah sementara dilain pihak kemacetan dan polusi udara semakin meningkat akibat penggunaan transportasi pribadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kinerja dan tingkat kepuasan pengguna moda transportasi Trans Metro Pekanbaru rute Ramayana - Pandau Permai. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan evaluasi kinerja yang berpedoman kepada standar penilaian teknis kinerja bus sesuai SK.687/AJ.206/DRJ/2002 dan evaluasi kepuasan menggunakan metode penilaian importance and performance analysis (IPA). Hasil evaluasi tingkat kinerja bus menurut standar Dirjen Perhubungan Darat diperoleh 1 indikator memiliki tingkat kinerja baik, 4 indikator memiliki tingkat kinerja sedang dan 3 indikator memiliki tingkat kinerja kurang. Hasil evaluasi tingkat kepuasan dengan tingkat kepentingan tinggi dan kinerja rendah terdapat 1 indikator, tingkat kepentingan tinggi dan kinerja tinggi terdapat 3 indikator, tingkat kepentingan rendah dan kinerja rendah 3 indikator, sedangkan 4 indikator lainnya memiliki tingkat kinerja tinggi dan kepentingan rendah. Kesimpulan pada penelitian ini adalah tingkat kinerja bus Trans Metro Pekanbaru rute Ramayana - Pandau Permai dengan bobot kinerja 12 (11 < bobot kinerja ≤ 17) tergolong "sedang" dan tingkat kepuasan pengguna sebesar 79,59% (64% < Tki ≤ 84%) tergolong "sedang".

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amien, S., Said, L. B. S., dan Syarkawi, M. T., 2022, Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna terhadap Kinerja Pelayanan Angkutan Teman Bus Koridor III Kampus II PNUP - Kampus II PIP di Kota Makassar, Jurnal Konstruksi : Teknik, Infrastruktur, dan Sains, Vol.1 No.10, pp.30–39, ISSN : 2963-5217.
Arifin dan Widyaningsih, N., 2021, Analisis Kinerja Dan Kepuasan Pelayanan Terhadap Moda Transportasi Microtrans Jak Lingko (Puri Kembangan - Kalideres), Sostech Jurnal Sosial dan Teknologi, Vol.1 No.5, pp.410–418, ISSN : 2774-5155.
Badan Pusat Statistik Kota Pekanbaru, 2023, Kota Pekanbaru Dalam Angka, BPS Pekanbaru, Pekanbaru.
Bakara, M. R. dan Surbakti, M. S., 2018, Analisa Kinerja Operasional Bus Trans Mebidang (Studi Kasus : Rute Terminal Binjai-Pusat Pasar Kota Medan), Tugas Akhir, Departemen Teknik Sipil Universitas Sumatera Utara, Medan.
Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, 2002, Pedoman Teknis Penyelenggaraan Angkutan Umum Di Wilayah Perkotaan Dalam Trayek Tetap Dan Teratur, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Jakarta.
Firmansyah, R. A. dan Putra, K. H., 2018, Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Transportasi Umum “Suroboyo Bus” Rute Halte Rajawali-Terminal Purabaya Dengan Metode Importance Performance Analysis (IPA), Jurnal Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan, dan Infrastruktur FTSP ITATS, Vol.1 No.1, pp.1–6, ISSN : 2715-4513.
Hermansyah, Amsuardiman dan Muammar, N., 2022, Evaluasi Penggunaan Moda Transportasi Bus Trans Metro Deli Rute Lapangan Merdeka – Pinang Baris Di Kota Medan, Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Dan Arsitektur (JITAS), Vol.1 No.2, pp.77–89, ISSN : 2830-3911.
Intari, D. E., Fathonah, W. dan Ferdiansyah, M. A., 2018, Studi Kinerja Pelayanan Bus Damri Non AC Kota Serang (Studi Kasus Serang - Cikotok ), Jurnal Fondasi, Vol.7 No.1, pp.42–53 ISSN : 2503-1511.
Koto, A. dan Asnawi, M., 2016, Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Jasa Angkutan Bus Trans Metro Pekanbaru. Prosiding 1th Celscitech-UMRI, Vol.1 No.1, pp.83–90, ISSN : 2541-3023.
Manuaba, I. B. A. A., Giri, K. S. dan Suryadarmawan, 2020, Evaluasi Kepuasan Penumpang Bus Trans Metro Dewata Koridor 4 Trayek Ubung-Monkey Forest Ubud, Tugas Akhir, Fakultas Teknik Universitas Mahasaraswati Denpasar, Denpasar.
Mukti, H., 2020, Evaluasi Kinerja Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Penumpang Bus Transjakarta S41 Rute Pondok Cabe - Tanah Abang, Tugas Akhir, Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Mercu Buana, Jakarta.
Primasworo, R. A., Oktaviastuti, B. dan Madun, R. W., 2022, Evaluasi Penggunaan Angkutan Umum Perkotaan Di Kota Malang (Trayek Arjosari – Tidar / AT), Fondasi : Jurnal Teknik Sipil, Vol.11 No.1, pp.98–107, ISSN : 2503-1511.
Ramana, I., 2022, Analisis Performansi Angkutan Umum Trans Metro Pekanbaru Pada Masa Pandemi COVID-19, Tugas Akhir, Universitas Islam Riau, Pekanbaru.
Saputra, D. S., 2020, Evaluasi Kinerja Operasional Angkutan Umum (Studi Kasus Bus Trans Jogja Trayek 5A), Tugas Akhir, Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Sipil Dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.
Sari, M., Zainuri dan Winayati, 2017, Analisis tingkat pelayanan jalan sudirman km 2 kota pekanbaru, Jurnal Teknik, Vol.11 No.1–6, ISSN : 2622-170X.
Sebayang, D. R. dan Widyastuti, H., 2017, Analisa Kinerja Bus Rapid Transit Trans Semarang Koridor III Pelabuhan Tanjung Emas, Tugas Akhir, Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Sipil Dan Perencanaan Institut Teknologi Sepupluh November, Surabaya.
Suhendra, A. dan Prasetyanto, D., 2016, Kajian Tingkat Kepuasan Pengguna Trans Metro Bandung Koridor 2 Menggunakan Pendekatan Importance-Performance Analysis, Jurnal Teknil Sipil Institut Teknologi Nasional, Vol.2 No.2, pp.59–70, ISSN : 2477-2569.
Syahputra, A., 2019, Analisa Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa Transportasi Bus Damri Terhadap Kinerja Pelayanan (Trayek Bangkinang - Pekanbaru), Tugas Akhir, Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Islam Riau, Pekanbaru.
Tamin, O. Z., 2000, Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, ITB, Bandung.
Tandalino, E. F. dan Dermawan, W. B., 2022, Analisis Kepuasan Penumpang Terhadap Pelayanan Sistem Transportasi Perkotaan Jak Lingko, Tugas Akhir, Universitas Mercu Buana, Jakarta.
Yappo, E. dan Najid, 2018, Analisis Permintaan Dan Kepuasan Penumpang Terhadap Pelayanan Bus Transjakarta Koridor 10, Jurnal Mitra Teknik Sipil, Vol.1 No. 2, pp.101–109, ISSN 2622-545X.
Yusup, F., 2018, Uji Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif, Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol.7 No.1, pp.17–23, ISSN : 2548-8376.
Zebua, W. I. dan Sitindaon, C., 2022, Kinerja Angkutan Bus Damri Bandara Pada Rute Plaza Medan Fair - Kualanamu, Jurnal Rekayasa Konstruksi Mekanika Sipil (JRKMS), Vol.5 No.2, pp.93–101, ISSN : 2715-1581.
Published
2023-11-16
Abstract viewed = 32 times
PDF downloaded = 34 times