Pembuatan Animasi 3d Fakultas Ilmu Komputer Sebagai Media Inovasi Promosi Universitas Lancang Kuning
Abstract
Teknologi mengalami pertumbuhan yang sangat pesat tiap waktu mendesak manusia untuk bisa bersaing untuk menghasilkan suatu inovasi-inovasi baru. Fakultas Ilmu Komputer Universitas Lancang Kuning berdiri pada tanggal 3 Agustus 2006 yang berada di Pekanbaru, Provinsi Riau, Indonesia. Dalam mempromosikan Fasilkom ada tiga jenis promosi yang pertama dari mulut ke mulut alumni yang kuliah di Fasilkom, kemudian dengan template, spanduk, brosur dan media cetak lainnya yang disebar di seluruh daerah di provinsi Riau dan di media sosial. Namun promosi yang dilakukan saat ini belum efektif oleh karena itu penulis mengusulkan untuk membuat promosi dengan konsep lain yaitu dengan menggunakan animasi 3D menggunakan metode Pose to Pose. Metode Pose to pose merupakan suatu metode yang pengerjaan animasinya diawali dengan menentukan pose awal dan pose akhir dari gerakan yang ingin dihasilkan, untuk memperhalus gerakan ditambahkan pose pengisi (inbetween) di antara pose awal dan akhir. Proses penelitian ini melalui tahap analisis permasalahan yang dijelaskan pada bab satu, membuat desain pada tahap pra produksi sesuai kebutuhan yang akan dipromosikan di fasilkom dan sesuai dengan teori yang digunakan, implementasi pembuatan video animasi pada tahap produksi sesuai dengan desain yang telah di buat, hasil video animasi akan melalui proses pengujian Black box Testing, User Acceptance Test (UAT), uji kuesioner dosen fasilkom dan uji langsung dengan ahlinya, setelah proses pengujian sesuai dengan rencana yang telah dibuat video akan didistribusikan. Hasil dari penelitian ini berupa animasi 3D bertemakan tentang profil Fakultas Ilmu Komputer Universitas Lancang Kuning, agar fakultas serta kampus lebih dikenal masyarakat luas dan menarik minat pelajar khususnya pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi (calon mahasiswa) untuk kuliah di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Lancang Kuning
Downloads
References
Hadi, & Kumala, E. (2021). Perancangan Animasi 3D “Remember” dengan Metode Pose to Pose. Nuansa Informatika, 15(2), 14–20. https://doi.org/10.25134/nuansa.v15i2.4260
Novayani, W., & Budiansyah, G. E. (2022). Implementasi MDLC dan Pose to Pose dalam Film Animasi 3D Sejarah Kerajaan Melayu Siak. Journal of Applied Informatics and Computing, 6(1), 98–103. https://doi.org/10.30871/jaic.v6i1.3367
Rahmadhani, A., Van FC, L. L., & Yunefri, Y. (2023). Analisis Perbandingan Metode Ahp Dan Saw Dalam Penentuan Mahasiswa Berprestasi (Studi Kasus: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Lancang Kuning). I N F O R M a T I K A, 14(2), 14. https://doi.org/10.36723/juri.v14i2.402
Rosalina, A., Azro, I., & Tompunu, A. N. (2021). Pembuatan Animasi Motion Graphic dalam Pembelajaran Akuntansi Bagan Akun Standar untuk Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Sriwija. Jurnal JUPITER, 13(2), 25–27. https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/jupiter/article/view/3540
Sijabat, A. J., Desain, J., Seni, F., & Trisakti, U. (2019). Motion Capture Dalam Penciptaan Gerak Natural Karakter Alita Dalam Film “ Alita : Battle Angel .” 1–7.
Walhidayat, W., Yuhelmi, Y., & Devega, M. (2019). Perancangan Animasi Robot 3D Sebagai Sarana Promosi. Jurnal Teknologi Informasi Mura, 11(02), 103–111. https://doi.org/10.32767/jti.v11i02.667
Wardani, R. P. (2021). Membuat film animasi 2D dengan teknik cutout bergenre adventure.
Widadijo, T. W. (2020). 12 Prinsip Animasi Dalam Serial “Adit & Sopo Jarwo.” Aksa: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 1(1), 070–085. https://doi.org/10.37505/aksa.v1i1.7