Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Mahasiswa

  • Alfania Salsabilla Universitas Lancang Kuning
  • Cloudia Yolanda Universitas Lancang Kuning
  • Deestrya Darma Putri Universitas Lancang Kuning
  • Heriyanto Universitas Lancang Kuning
  • Tasya Adinda Putri Universitas Lancang Kuning
  • Jeni Wardi Universitas Lancang Kuning
Keywords: Aktivitas, Belajar, Covid-19, Daring, Literasi, Mahasiswa, Teknologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi secara objektif tentang aktivitas belajar daring mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Lancang Kuning berdasarkan kebijakan untuk belajar di rumah selama masa tanggap darurat COVID-19. Metode penelitian yang dipakai menggunakan metode deskriptif dengan bentuk penelitian survey. Teknik pengumppulan data yang dipakai memakai teknik komunikasi secara tidak langsung dengan alat pengumpul data melalui penyebaran angket menggunakan media Google Form. Responen pada penelitian ini berjumlah 100 mahasiswa dari 2 jurusan yang berada di Fakultas Ekonomi Universitas Lancang Kuning. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini menunjukan aktivitas belajar daring mahasiswa pada masa tanggap darurat COVID-19 atas kebijakan belajar di rumah “cukup baik”. Dengan keadaan force majeure dan dengan segala tantangan dan hambatan yang ada diharapkan kedepan bisa dijadikan evaluasi serta pengalaman dalam pembelajaran daring baik bagi mahasiswa maupun dosen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Brennan, M. A., & Israel, G. D. (2008). The power of community. Community Development, 39(1), 82-97.

Dabbagh, N. (2007). The online learner: Characteristics and pedagogical implications. Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 7(3), 217-226.

Darmalaksana, W., Hambali, R., Masrur, A., & Muhlas, (2020). Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1-12.

iGunawan, H., (2017). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Pendidikan. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati, Bandung.

Hanafiah, Nanang. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika.

Hapsari, S. N., dan Yonata, B. (2014). Keterampilan Kerjasama Saat Diskusi Kelompok Siswa Kelas XI IPA pada Materi Asam Basa melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif di SMA Kemala

Bhayangkari 1 Surabaya. Unesa Journal of Chemical Education. 3 (2): 181-188.

Mardalis., (1999), Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, Jakarta: Bumi Aksara.

Masson, Robin and Rennie, Frank. 2010. E-learning Panduan Lengkap Memahami Dunia Digital dan Internet. Yogyakarta: Pustaka Baca.

Published
2021-08-01
Abstract viewed = 1456 times
PDF downloaded = 536 times