Pra-Rancangan Mixed-Use Building di Pekanbaru dengan Tema Arsitektur Modern

  • Puja Mayang Sari Universitas Lancang Kuning
  • Titin Sundari Universitas Lancang Kuning
  • Rika Cheris Universitas Lancang Kuning
Keywords: Mixed-Use Building, Shopping Mall, Hotel, Co-Working Space, Arsitektur Modern

Abstract

Kota Pekanbaru adalah ibu kota serta kota terbesar di Provinsi Riau, yang sekaligus sebagai kota pusat perdagangan.  Dari satu tahun terakhir Pekanbaru mengalami penurunan pendapatan perekonomian akibat wabah covid-19 yang juga melanda seluruh dunia. Untuk mendukungnya kembali serta mewujudkan visi dan misi kota Pekanbaru yang bertujuan untuk kebangkitan perekonomian kedepan, maka hadirnya mixed-use building yang merupakan bangunan multi fungsi, akan saling memberi keuntungan antar fasilitas yang ada di dalamnya. Fasilitas tersebut terdiri atas shopping mall, hotel dan co-working space. Fungsi-fungsi yang berbeda ini akan disatukan menjadi satu kesatuan kedalam suatu bangunan mixed-use building.  Bangunan ini dirancang dengan memperhatikan kontekstualnya, serta dengan menerapkan tema arsitektur modern. Rancangan ini akan menggunakan metoda analisis terhadap tiga aspek perancangan, yakni aspek manusia, aspek tapak dan aspek bangunan. Hasil akhir berupa gambar pra-rancangan bangunan mixed-use building.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Efendi, G. R., & Cheris, R. (2019). Perancangan Sekolah Dasar Luar Biasa. Jurnal Arsitektur : Arsitektur Melayu Dan Lingkungan, 6(1), 1–11.
Fitriana, N. A., Repi, R., & Cheris, R. (2020). PERANCANGAN WISATA ALAM PENANGKARAN. Jurnal Arsitektur : Arsitektur Melayu Dan Lingkungan, 7(1), 31–41.
Moh Hasan, ashari. (2013). Perancangan shopping center di Bring Kota Malang, 17–63.
Mulyadi, V., Saptono, A. B., & Repi. (2018). Perancangan tempat pelelangan ikan di selat baru bengkalis. Jurnal Arsitektur: Arsitektur Melayu Dan Lingkungan, 5(2), 71–80.
Newton, A. R., & Pederson, D. O. (1996). hotel, 26(4), 551–556.
prasetya (2018). Bab Ii Tinjauan Coworking Space 2.1 Pengertian Coworking Space hal.1 "
Published
2021-08-01
Abstract viewed = 110 times
PDF downloaded = 102 times