Perancangan Rumah Sakit Hewan Di Kota Pekanbaru Dengan Pendekatan Arsitektur Tropis

  • Khairunnisa Khairunnisa Universitas Lancang Kuning
  • Hendri Silva Universitas Lancang Kuning
  • Repi Repi Universitas Lancang Kuning
Keywords: Perancangan Rumah Sakit Hewan

Abstract

Kesehatan hewan baik hewan peliharaan maupun hewan liar sangatlah penting dijaga, di Kota Pekanbaru hewan peliharaan merupakan hal banyak diminati masyarakat, berdasarkan data statistik terdapat peningkatan polulasi hewan setiap tahunnya. Namun untuk sarana pelayanan kesehatan masih minim dan tidak lengkap. Pelayanan kesehatan hewan sangat dibutuhkan salah satunya rumah sakit hewan sebagai tempat pelayanan jasa medic veteriner. Dari persoalan yang ada di butuhkan  rumah sakit hewan. Adapun tujuan perancangan adalah membuat planning programming dan desain rumah sakit melalui pengolahan ruang luar dan ruang dalam berdasarkan perilaku hewan serta dengan pendekatan arsitektur tropis. Untuk mencapai tujuan metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Dari hasil penelitian perancangan rumah sakit hewan untuk ruang luar lebih mempertahankan garis kontur tapak, vegetasi dan menempatkan orientasi bangunan mengarah ke danau. Sedangkan ruang dalam lebih mempernyak bukaan dengan mempertimbangkan lintasan matahari. Dengan pendekatan tema arsitektur tropis rumah sakit hewan tentunya dapat memberikan kenyamanan pada pengguna bangunan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsitektur, Jurusan Teknik et al. 2018. “Perancangan Rumah Sakit Hewan Malang.”
Badan Pusat StatistikProvinsi Riau. 2019. “Populasi Ternak.”
Efendi, Gusti Rahmat, and Rika Cheris. 2019. “Perancangan Sekolah Dasar Luar Biasa.” Jurnal Arsitektur : Arsitektur Melayu dan Lingkungan 6(1): 1–11.
Fitriana, Nurul Angki, Repi Repi, and Rika Cheris. 2020. “PERANCANGAN WISATA ALAM PENANGKARAN.” Jurnal Arsitektur : Arsitektur Melayu dan Lingkungan 7(1): 31–41.
Fitriana, Nurul Angki, Repi Repi, and Rika Cheris. 2021. “Perancangan Wisata Alam Penangkaran Orangutan Sumatera Di Riau.” Arsitektur Melayu dan Lingkungan 7(1).
Mulyadi, Vicky, Agus Basri Saptono, and Repi. 2018. “Perancangan Tempat Pelelangan Ikan Di Selat Baru Bengkalis.” Jurnal Arsitektur: Arsitektur Melayu dan Lingkungan 5(2): 71–80.
Pertanian, Mentri. Pedoman Pelayanan Jasa Medik Veteriner. Jakarta: Mentri Pertanian.
Rizka, Hablana. 2021. “Desain Interior Rumah Sakit Hewan Pendidikan Universitas Airlangga Dengan Konsep Biophilic.” Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Wahyu. 2021. “Komunitas Dunia Hewan.”
Published
2021-08-01
Abstract viewed = 117 times
PDF downloaded = 116 times