Efektifitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19 Bagi Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Lancang Kuning

  • Mayori Mayori Universitas Lancang Kuning
  • Pramudya Egy Saputra Universitas Lancang Kuning
  • Khoirudin Nur Ichwanto Universitas Lancang Kuning
  • Beye Emaldi Simanungkalit Universitas Lancang Kuning
  • Hamzah Hamzah Universitas Lancang Kuning
Keywords: Pandemi Covid-19, Daring, Mahasiswa

Abstract

Pandemi COVID-19 menyebabkan perubahan diberbagai aspek kehidupan, salah satunya dalam bidang pendidikan, tidak hanya di indonesia tapi juga diseluruh dunia. Pandemi covid-19 sangat mempengaruhi dunia pendidikan mulai dari proses pembelajaran yang sebelumnya dilakukan secara tatap muka hingga kini berganti menjadi pembelajaran daring (dalam jaringan). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efektifitas pembelajaran secara daring bagi mahasiswa program studi Teknik Sipil Universitas Lancang Kuning. Penelitian ini dilaksanakan secara daring dengan memanfaatkan teknologi, penelitian ini menggunakan model kuantitatif yang dikumpulkan dari hasil survei terhadap 54 responden yang merupakan mahasiswa program studi Teknik Sipil Universitas Lancang Kuning. Hasil survei didapatkan bahwa 76,9% mahasiswa menginginkan pembelajaran dilakukan secara tatap muka, dan 5,6% mahasiswa menginginkan pembelajaran secara daring. Hasil penilitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran secara daring tidak efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Armaisastrawati, Fadrizal Lubis, and Fitridawati Soehardi. 2021. “Jurnal Teknik Sipil Unaya.” Jurnal Teknik Sipil Unaya 7(2): 135–45.
Arizona, K. Rumansyah, dan Arizona. K. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar di Tengah Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, Volume 5, No. 1. 64–70. Universitas Islam Negeri Mataram. https://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/download/111/99. Diakses Pukul 13.20/ 25 Juni 2021.
Fauzi, I dan Khusuma, I. H. S. (2020). Teachers’ elementary school in online learning of COVID-19 pandemic conditions. Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan, Volume 5, No1. 58–70. IAIN Metro Lampung. https://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/ji/article/view/914. Diakses Pukul 08.20/ 25 Juni 2021.
Ferdiana, S. (2020). Persepsi Mahasiswa Tentang Penggunaan Media Daring Pada Program S1 Ilmu Gizi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surabaya Selama Masa Pandemi Corona Virus Disease (COVID19). Indonesian Journal of Science Learning, Volume 1,No 1. 5–12. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surabaya. http://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/IJSL/article/view/631. Diakses Pukul 09.50/ 25 Juni 2021.
Handarini, O. I. dan Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), Volume 8, 496–503. Universitas Negeri Surabaya. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/8503. Diakses Pukul 14.00/ 24 Juni 2021.
Hamdani, A. R. dan Priatna, A. (20201). Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Malang, Volume 6, 1–9. Universitas Pasundan. https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/120. Diakses Pukul 15.20/ 24 Juni 2021.
Herliandry, L. D ., Nurhasanah, N., Suban, M. E., dan Kuswanto, H (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, Volume 22. No 1, 65– 70. Universitas Negeri Jember. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp/article/view/15286/8695. Diakses Pukul 14.20/ 24 Juni 2021.
Hikmat, Hermawan, E., Aldim, dan Irwandi (2020). Efektifitas Pembalajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19: Sebuah Survey Online. Digital Library. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19, 1–7, UIN Sunan Gunung Djati. http://digilib.uinsgd.ac.id/30625/. Diakses Pukul 19.30/ 25 Juni 2021.
Irhandayaningsih, A. (2020). Pengukuran Literasi Digital Pada Peserta Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Anuva, Volume 4,No 2. 231–240. Universitas Diponegoro. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/anuva/article/view/8073. Diakses Pukul 16.20/ 24 Juni 2021.
Kharisma, N. N dkk. (2020). Gambaran Kebutuhan Pembelajaran Daring PKBM Budi Utama Surabaya Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan NonFormal, Volume 15, No.1. 38–44. Universitas Negeri Malang. http://journal2.um.ac.id/index.php/JPN/article/view/15174. Diakses Pukul 14.20/ 24 Juni 2021.
Korucu, A. T dan Alkan, A (2011). Differences between m-learning (mobile learning) and elearning, basic terminology and usage of m-learning in education. Procedia - Social and Behavioral Sciences., Volume 15, 1925–1930. Universitas Turki. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877042811005751. Diakses Pukul 15.20/ 25 Juni 2021.
Mustakim. (2021). Efektifitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi COVID-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma: Journal of Islamic Education, Volume 3,No 1. 1–12. Universitas Islam Negeri Alaudin Makassar. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/alasma/article/view/13646. Diakses Pukul 15.20/ 24 Juni 2021.
Simatupang, N. I. Sri Rejeki, I. S, Angelia, P. S, Ismenny, M. S. (2020). Efektifitas Pelaksanaan Pengajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Dengan Metode Survey Sederhana. Jurnal Dinamika Pendidikan, Volueme 13, No 2. 1–7. Universitas Kristen Indonesia. http://repository.uki.ac.id/2595/. Diakses Pukul 10.40/ 25 Juni 2021.
Wulandari, Sudatha, dan Simamora. (2020). Pengembangan Pembelajaran Blended Pada Mata Kuliah Ahara Yoga Semester II di IHDN Denpasar. Jurnal Edutech Undiksha, Volume 8, No 1. 1–15.Universitas Pendidikan Ghanesa. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/26459. Diakses Pukul 15.20/ 24 Juni 2021.
Widiyono, A. (2020). Efektifitas Perkuliahan Daring (Online) pada Mahasiswa PGSD di Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan, Volume 8, No. 2. 169–177. Universitas Islam Naudhatul Ulama. https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikan/article/view/458. Diakses Pukul 13.20/ 25 Juni 2021.
Dewantara, J. A dan T Heru Nurgiansyah (2018). Efektifitas Pe,mbelajaran COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu, Volume 5 No 1, 1–9. Universitas PGRI Yogyakarta. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/669/pdf. . Diakses 25 Juni 2021/ 17.20
Published
2021-08-01
Abstract viewed = 894 times
pdf downloaded = 303 times