Konsep dan Model Rancangan Pusat Penjualan Produk Apple di Pekanbaru

  • Muhammad Arief Universitas Lancang Kuning
  • Hendri Silva Universitas Lancang Kuning
  • Imbardi Imbardi Universitas Lancang Kuning
Keywords: Perancangan, Pusat Penjualan, Produk Apple, Arsitektur, Kontemporer

Abstract

Di Indonesia Apple belum membuka cabangnya seperti di negara-negara lainnya. Hanya saja di Indonesia ada penjualan produk Apple tetapi mereka hanya sebagai reseller seperti Ibox, Story-I dan lain-lain dengan memasarkan harga yang jauh lebih mahal ketimbang kita membeli langsung ke Apple Store nya. Oleh karena itu dirancanglah pusat penjualan produk apple yang berpusat di Pekanbaru. Tujuan di bangunnya pusat penjualan produk Apple ini adalah agar memudahkan masyarakat untuk membeli produk Apple tersebut secara resmi dengan harga yang terjangkau. Lokasi pada penelitian ini berada di Jalan Jendral Sudirman, Kelurahan Simpang Empat, Kecamatan Pekanbaru Kota, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau dengan pendekatan Arsitektur Kontemporer. Studi yang di lakukan adalah Studi Empiris dengan mengamati 2 proyek yang sudah dibangun yaitu Apple Inconsiam di Thailand dan Apple Orchard Road di Singapura. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif, di mana penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif yaitu untuk mengetahui atau menggambarkan kenyataan dari kejadian yang diteliti atau penelitian yang dilakukan terhadap variable mandiri atau tunggal, yaitu tanpa membuat perbandingan atau menghubungkan dengan variable lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fitriana, Nurul Angki, Repi Repi, and Rika Cheris. 2020. “PERANCANGAN WISATA ALAM PENANGKARAN.” Jurnal Arsitektur : Arsitektur Melayu dan Lingkungan 7(1): 31–41.
Mulyadi, Vicky, Agus Basri Saptono, and Repi. 2018. “Perancangan Tempat Pelelangan Ikan Di Selat Baru Bengkalis.” Jurnal Arsitektur: Arsitektur Melayu dan Lingkungan 5(2): 71–80.
Tribunnews. (2019). Pengguna Sosial Media di Indonesia Terbesar Keempat di Dunia. From: https://www.tribunnews.com/techno/2019/06/19/pengguna-sosial-media-di-indonesia-terbesar-keempat-di-dunia
Jayani, D. H. (2019, September 11). Indonesia Peringkat Kelima Dunia Dalam Jumlah Pengguna Internet. Databoks. From: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/09/11/indonesiaperingkat-kelima-dunia-dalam-jumlah-pengguna-internet
Alfari. (2017). Arsitektur dan Desain Kontemporer. From: https://www.arsitag.com/article/arsitektur-dan-desain-kontemporer.
Data Penulis
Published
2021-08-01
Abstract viewed = 195 times
PDF downloaded = 328 times