Bunga Kembang Sepatu Dikreasikan Untuk Kesehatan

  • Annisa Efendi Universitas Lancang Kuning
  • Melani Hasibuan Universitas Lancang Kuning
  • Esra Sihombing Universitas Lancang Kuning
  • Tanti Wulandari Universitas Lancang Kuning
Keywords: Bunga kembang sepatu, khasiat bagi kesehatan, dikreasikan menjadi makanan dan minuman yang sehat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan gizi dan manfaat dari bunga kembang sepatu bagi kesehatan. Para peneliti sudah menguji khasiat dari kembang sepatu yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kembang sepatu yang di kreasikan dalam bentuk makanan dan minuman dapat menarik perhatian para masyarakat untuk mengonsumsinya. Contohnya dapat di kreasikan menjadi berbagai macam makanan dan minuman yang sehat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif melalui pengumpulan data secara manual dan online. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa khasiat bunga kembang sepatu dapat di kreasikan dalam bentuk makanan dan minnuma yang sehat. Kandungan antioksi dan polifenol, flavonoid, vitamin C, dan mineral dari bunga kembang sepatu berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh, memperlancar pencernaan, mengobati kolesterol, tumbuhan ini juga dapat membantu mengobati darah tinngi atau hipertensi. Masyarakat saat ini juga banyak menggunakan daun dari bunga kembang sepatu menjadi obat alami yang digunakan untuk merendahkan demam yaitu daun dari bunga kembang sepatu dijadikan obat demam dalam bentuk kompres.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Carolin, B. T., & Nita, S. (2019). Pengaruh Ekstrak Bunga Kembang Sepatu ( Hibiscus Rosa-Sinensis Linn .) terhadap Epididimis , Prostat dan Vesikula Seminalis Peningkatan jumlah penduduk yang sangat negara Indonesia . Terutama dalam kondisi peningkatan angka angka kemiskinan serta bertamba, 5(1), 1–10.
Handayani, D., Kimia, J., & Padang, U. N. (n.d.). Kajian Kinetika Katalitik Herbal Dari Air Hasil.

Oktiarni, D., Ratnawati, D., & Sari, B. (2013). Pemanfaatan Ekstrak Bunga Kembang Sepatu (Hibiscus rosa sinensis Linn.) sebagai Pewarna Alami dan Pengawet Alami Pada Mie Basah. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung, 103–110.
Parengkuan, H., Wowor, V. N. S., & Pangemanan, D. H. C. (2020). Uji Daya Hambat Ekstrak Bunga Kembang Sepatu ( Hibiscus rosa-sinensis L .) terhadap Pertumbuhan Bakteri Streptococcus mutans, 8(30), 8–14.
Salirawati, D. (n.d.). Teh Bunga Sepatu, Hime Industry Yang Menjanjikan.
Soehardi, F., & Dinata, M. (2018). Pengaruh kecepatan arus terhadap erosi sungai siak dan kerusakan dinding penahan tanah. Jurnal Konferensi Teknik Sipil, 1(7), 189–196. Retrieved from https://scholar.google.co.id/citations?user=SgLU5VwAAAAJ&hl=en
Published
2021-08-01
Abstract viewed = 809 times
PDF downloaded = 3258 times