Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Perubahan Laba Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018

  • Debora. S Universitas Lancang Kuning
  • Jeni Wardi Universitas Lancang Kuning
  • Zaharman Universitas Lancang Kuning
Keywords: Perubahan Laba, Rasio Lancar, Total Hutang Terhadap Total Aset, Rasio Hutang Terhadap Ekuitas, Total Perputaran Aset, Marjin Laba Bersih, Return on Equity

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh CR, TDTA, DER, TATO, NPM, dan ROE terhadap perubahan laba pada perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2018. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Dengan jumlah populasi 51 perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dan jumlah perusahaan yang dijadikan sampel dalam penelitian ini 18 perusahaan. Penelitian ini menggunakan data sekunder dan metode yang digunakan adalah analisis regresi data panel dengan bantuan program Eviews 7. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel Net Profit Margin dan Return on Equity berpengaruh signifikan terhadap perubahan laba. Sedangkan Current Ratio, Total Debt to Total Assets, Debt to Equity Ratio, Total Assets Turnover, Net Profit Margin, dan Return on Equity secara simultan berpengaruh terhadap perubahan laba.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina dan Silvia, 2012, Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Perubahan Laba Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia, Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, Vol.2, No.02, Oktober, Hal.113-122.
Efendi, Gatot, 2006, Analisis Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Perubahan Laba Pada Perusahaan Otomotif Dan Industri Terkait Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia, Skripsi Akuntansi.
Fahmi, Irham., 2015, Analisis Laporan Keuangan, Bandung, Alfabeta.
Kasmir, 2012, Analisis Laporan Keuangan, Jakarta, Raja Grafindo Persada.
Kasmir, 2016, Analisis Laporan Keuangan, Jakarta, Rajawali Pers.
Pramono, Tanti D, 2015, Pengaruh Current Ratio, Working Capital To Total Assets, Debt To Equity Ratio, Total Assets Turnover Dan Profit Margin Terhadap Perubahaan Laba, Jurnal Akuntansi dan Sistem Teknologi Informasi, Vol. 11, Desember, Hal. 345-352.
Riana, Devi., dan Diyani, Lucis A., 2016, Pengaruh Rasio Keuangan Dalam Memprediksi Perubahan Laba Pada Industri Farmasi, Jurnal Online Insan Akuntansi, Vol. 1, No. 1, Juni, Hal. 16-42.
Sujarweni, V.W., 2017, Analisis Laporan Keuangan, Yogyakarta, Pustaka Baru Press.
Sugiyono, 2014, Metode Penelitian Bisnis, Bandung, Alfabeta.
Ikatan Akuntan Indonesia, 2012, Standar Akuntansi Keuangan, Jakarta, Salemba Empat.
Ikatan Akuntansi Indonesia, 2015, Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan, Jakarta, Salemba Empat.
www.bps.go.id
www.idx.co.id
Published
2021-08-01
Abstract viewed = 246 times
PDF downloaded = 244 times