Penilaian Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Bagi Peserta Bpjs Kesehatan di RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru

  • Rianur Ariska Universitas Lancang Kuning
  • Laili Rahmadani Universitas Lancang Kuning
  • Denata Ria Br Universitas Lancang Kuning
  • Nurhasanah Harahap Universitas Lancang Kuning
  • Fuadatul Asro Abashiri Universitas Lancang Kuning
Keywords: BPJS Kesehatan, RSUD, kinerja pelayanan, SDM

Abstract

Kepuasan masyarakat  terhadap pelayanan BPJS Kesehatan di RSUD  Arifin Achmad  dapat kita ketahui saat ini sudah sejauh mana kualitas pelayanan publik yang dapat diberikan kepada masyarakat. Hal inilah yang melatarbelakangi penulis untuk menganalisis penilaian masyarakat tentang BPJS kesehatan di RSUD Arifin Ahmad. Sejauh ini masih ada indikator kepuasan masyarakat yang masih dibawah harapan, dilihat dari kesenjangan antara harapan masyarakat dengan kenyatan yang dirasakan. Dalam kinerja pelayanan BPJS Kesehatan, masih ada kekurangan yang dirasakan masyarakat terutama dalam pemberian pelayanan serta perawatan. Saran yang diberikan adalah peningkatan kinerja pelayanan dalam penyediaan ruang rawat inap, tenaga medis dan SDM yang menangani masyarakat

Downloads

Download data is not yet available.

References

BPJS Kesehatan, (2018, 12 februari), Pastikan Pelayanan Berjalan Baik, Direktur Utama BPJS KesehatanSambangiRSUDArifinAchmadPekanbaru https://bpjskesehatan.go.id/Bpjs/index.php/post/read/2018/678/PastikanPelayananBerjalanBaikDirektrUtama-BPJS-Kesehatan-Sambangi-RSUD-Arifin-Achmad-Pekanbaru
Nuriyanto, N. (2014). Penyelenggaraan Pelayanan Publik Di Indonesia, Sudahkah Berlandaskan Konsep “Welfare State”? Jurnal Konstitusi, 11(3), 428–453.
Putra, E. rizky. (2019). Pelaksanaan Pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (Bpjs) Di Rumah Sakit Umum Arifin Achmad Provinsi Riau Tahun 2018. Journal of Chemical Information and Modeling, 6, 1–14.
Prokartu.com, ( 2016, 21 februari). Gambar BPJS kesehatan.
https://prokartu.com/2016/02/21/murahhh-mencetak-kartu-bpjs-preprinted-dengan-kualitas-seperti-atm/
Riaupos.jawapos.com, (2020, 24 September). Gedung tampak depan RSUD Arifin Achmad https://riaupos.jawapos.com/riau/24/09/2020/238672/asn-rsud-arifin-ahmad-meninggal-positif-corona.html
Ridha, I. (2016). Perlindungan Konsumen Bagi Pasien Pengguna Kartu Bpjs Di Rsud Arifin Achmad Provinsi Riau. DE LEGA LATA, 1(2), 349–367. https://doi.org/10.31219/osf.io/r4bx2
Widada, Trisna:Pramusinto, Agus: dan Lazuardi, L. (2017). Peran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial ( BPJS ) Kesehatan dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Masyarakat ( Studi di RSUD Hasanuddin Damrah Manna , Kabupaten Bengkulu. Jurnal Ketahanan Nasional, 23(2), 199–216.
Yandra, A. (2016). Partisipasi Masyarakat dalam Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Pekanbaru 2012-2017. PUBLIKA: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 2(1), 48-58.
Published
2021-08-01
Abstract viewed = 290 times
PDF downloaded = 1122 times