Penilaian Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Bagi Peserta Bpjs Kesehatan di RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru
Abstract
Kepuasan masyarakat terhadap pelayanan BPJS Kesehatan di RSUD Arifin Achmad dapat kita ketahui saat ini sudah sejauh mana kualitas pelayanan publik yang dapat diberikan kepada masyarakat. Hal inilah yang melatarbelakangi penulis untuk menganalisis penilaian masyarakat tentang BPJS kesehatan di RSUD Arifin Ahmad. Sejauh ini masih ada indikator kepuasan masyarakat yang masih dibawah harapan, dilihat dari kesenjangan antara harapan masyarakat dengan kenyatan yang dirasakan. Dalam kinerja pelayanan BPJS Kesehatan, masih ada kekurangan yang dirasakan masyarakat terutama dalam pemberian pelayanan serta perawatan. Saran yang diberikan adalah peningkatan kinerja pelayanan dalam penyediaan ruang rawat inap, tenaga medis dan SDM yang menangani masyarakat
Downloads
References
Nuriyanto, N. (2014). Penyelenggaraan Pelayanan Publik Di Indonesia, Sudahkah Berlandaskan Konsep “Welfare State”? Jurnal Konstitusi, 11(3), 428–453.
Putra, E. rizky. (2019). Pelaksanaan Pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (Bpjs) Di Rumah Sakit Umum Arifin Achmad Provinsi Riau Tahun 2018. Journal of Chemical Information and Modeling, 6, 1–14.
Prokartu.com, ( 2016, 21 februari). Gambar BPJS kesehatan.
https://prokartu.com/2016/02/21/murahhh-mencetak-kartu-bpjs-preprinted-dengan-kualitas-seperti-atm/
Riaupos.jawapos.com, (2020, 24 September). Gedung tampak depan RSUD Arifin Achmad https://riaupos.jawapos.com/riau/24/09/2020/238672/asn-rsud-arifin-ahmad-meninggal-positif-corona.html
Ridha, I. (2016). Perlindungan Konsumen Bagi Pasien Pengguna Kartu Bpjs Di Rsud Arifin Achmad Provinsi Riau. DE LEGA LATA, 1(2), 349–367. https://doi.org/10.31219/osf.io/r4bx2
Widada, Trisna:Pramusinto, Agus: dan Lazuardi, L. (2017). Peran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial ( BPJS ) Kesehatan dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Masyarakat ( Studi di RSUD Hasanuddin Damrah Manna , Kabupaten Bengkulu. Jurnal Ketahanan Nasional, 23(2), 199–216.
Yandra, A. (2016). Partisipasi Masyarakat dalam Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Pekanbaru 2012-2017. PUBLIKA: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 2(1), 48-58.