SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN BERAS DI CV XYZ MENGGUNAKAN METODE PERIODIC REVIEW SYSTEM (PRS) BERBASIS WEB

  • Rudi Riyandi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rakhmat Kurniawan R Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Sistem Informasi Persediaan, Beras, Periodic System Review

Abstract

Beras, sebagai komoditas pangan pokok yang vital dalam kehidupan sehari-hari, memainkan peran sentral dalam industri makanan di berbagai negara, termasuk Indonesia. Manajemen persediaan beras yang efektif adalah kunci untuk memastikan ketersediaan dan distribusi yang lancar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Sistem Informasi Persediaan Beras di CV XYZ dengan metode Periodic Review System (PRS) berbasis web. Dalam konteks ini, PRS diterapkan sebagai pendekatan untuk meningkatkan efisiensi dan ketepatan dalam pengelolaan persediaan beras. Evaluasi sistem menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam optimisasi level persediaan, penurunan biaya penyimpanan, serta peningkatan responsibilitas staf dalam manajemen persediaan. Selain itu, peningkatan akurasi dalam perkiraan permintaan dan ketersediaan produk juga diamati. Implikasi praktis dari penelitian ini menyediakan panduan berharga bagi perusahaan dalam menerapkan solusi berbasis web untuk meningkatkan manajemen persediaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Partyani. KCM, “Pertentangan Norma Dalam Pengaturan Pendaftaran Dan Pendirian Commanditaire Vennootschap (CV),” VYAVAHARA DUTA (Jurnal Ilmiah dan Ilmu agama), vol. 14, no. 1, 2019.

Azhari. Munir, “Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Menggunakan Metode Continuous Review System dan Periodic Review System (Studi Kasus: CV. Omah Kreasi Yogyakarta)”. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Program Studi Teknik Industri, 2021.

S. Rudi, dkk, “Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang Studi Kasus di Vahncollections,” JURNAL SISFOTEK GLOBAL, vol. 9, no. 1, 2019.

Kamil Siregar. Iqbal, “Implementasi Model Rapid Application Development Pada Sistem Informasi Persediaan Barang Dengan Metode FIFO,” JURTEKSI (Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi), vol. 6, no. 2, pp. 187-192, 2020.

Rudianto. Biktra, Eka Achyan. Yuni, “Penerapan Metode Rapid Application Development pada Sistem Informasi Persediaan Barang berbasis Web,” Bianglala Informatika, vol. 8, no. 2, 2020.

Muqdamien, Birru et al, “Tahap Definisi Dalam Four-D Model Pada Penelitian Research & Development (R&D) Alat Peraga Edukasi Ular Tangga Untuk Meningkatkan Pengetahuan Sains Dan Matematika Anak Usia 5-6 Tahun.” Intersections , vol 6, no. 1, pp. 23–33, 2021

N. Oktaviani and S. Sauda, “Pemodelan dan Implementasi Aplikasi Mobile Umrah Guide Menggunakan Unified Modeling Language,” J. Sains dan Inform., vol. 5, no. 2, pp. 177–186, 2019.

M. D. Lisnawita, “Analisis Perbandingan Algoritma Apriori dan Algoritma Eclat dalam Menentukan Pola Peminjaman Buku di Perpustakaan Universitas,” INOVTEK POLBENG - SERI Inform., vol. 3, pp. 118–130, 2018.

Samsudin et al, “Augmented Reality Jejak Rasulullah SAW Dalam Menerima Wahyu Al-Qur’an.” Penelitian Pengembangan Pendidikan Tinggi 6: 12, 2019.

Ismail, Muh et al, “APLIKASI QR CODE SEBAGAI SARANA PENYAMPAIAN INFORMASI POHON DIKEBUN RAYA JOMPIE Informasi Artikel.” Jurnal Sintaks Logika, vol 1, no.1, pp. 2775–412, 2021.

R. Tarigan and B. Raharjo, “Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang Pada Balai Besar Pengawas Obat Dan Makanan,” JSiI (Jurnal Sist. Informasi), vol. 8, no. 1, pp. 31–42, 2021

Andi. Lubis, R. Peluang Usaha Dagang di Era Digital. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2020.

P. D. A. Wiguna, I. P. A. Swastika, and I. P. Satwika, “Rancang Bangun Aplikasi Point of Sales Distro Management System dengan Menggunakan Framework React Native,” J. Nas. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 4, no. 3, pp. 149–159, 2019

C. Mashuri, G. S. Permadi, and A. H. Mujianto, “Sistem Inventory Manajemen Dengan Metode Safety Stock,” Semin. Nas. SAINSTEKNOPAK, pp. 1–9, 2021.

Published
2024-05-12
How to Cite
Rudi Riyandi, & Kurniawan R, R. (2024). SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN BERAS DI CV XYZ MENGGUNAKAN METODE PERIODIC REVIEW SYSTEM (PRS) BERBASIS WEB. ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi, 6(2), 320 - 331. https://doi.org/10.31849/zn.v6i2.20023
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times