ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi https://journal.unilak.ac.id/index.php/zn <p>ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi</p> <p>Jurnal publikasi ilmiah untuk berbagai bidang ilmu sistem informasi komputer.</p> <p>Penglolaan jurnal di lakukan oleh program studi Sistem Infomasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Lancang Kuning - Riau</p> <p>Lingkup publikasi artikel yang ada di ZONAsi adalah berbagai artikel ilmiah yang berkaitan dengan keilmuan sistem informasi komputer (Computer Information Systems). Diantaranya: Expert System, Information System, Business intelligence, Logistic and supply chain management, Marketing intelligence, Education intelligence, Customer Relationship Management, Human Resource Management, Intelligent decision support systems, Enterprise Systems, Business Process Modelling, System Modelling, etc.</p> <p>ZONAsi memiliki ISSN dari LIPI</p> <p>ISSN Online : No. 2656-7404</p> <p>ISSN Print : No. 2656-7393</p> en-US [email protected] (Susi Handayani) [email protected] (admin) Tue, 07 May 2024 04:54:10 +0000 OJS 3.1.2.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 SISTEM INFORMASI ANDROID DALAM MEMPREDIKSI TARGET TPB MENGGUNAKAN PERHITUNGAN REGRESI LINIER https://journal.unilak.ac.id/index.php/zn/article/view/16936 <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk membantu Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan PROVSU dalam mengelola dan menghitung terget dari Indikator Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB). Dengan menggunakan Sistem Informasi Android dan dengan penerapan metode Regresi Linier pada sistem yang dikembangkan dapat membantu DLHK dalam mencari dan memprediksi nilai Indikator yang menjadi acuan dalam target TPB. Sistem Informasi Android ini menggunakan Kodular dalam pembuatannya, kodular dikenal sebagai platform untuk membuat aplikasi berbasis andorid dengan sistem drag and drop. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Sistem Informasi Android ini memiliki potensi dalam meningkatkan efisiensi dan akurasi prediksi target TPB. Penggunaan teknologi mobile juga memungkinkan akses yang lebih mudah dan cepat ke data serta informasi yang relevan bagi pemangku kepentingan terkait. Dengan &nbsp;penggunaan Sistem Informasi Android ini menjadi bantuan yang cukup besar terhadapt Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam proses perhitungan prediksi target TPB yang menjadi efisien dan efektif.</em></p> Putrawan, Ananda Salsabila Khairi, Cholil Bisri, Muhamad Alda Copyright (c) 2024 ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.unilak.ac.id/index.php/zn/article/view/16936 Fri, 03 May 2024 07:59:57 +0000 ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENERIMAAN PENGGUNA TEKNOLOGI LAYANAN MANDIRI DI BANDARA INDONESIA https://journal.unilak.ac.id/index.php/zn/article/view/10536 <p>Kemunculan pandemi covid 19 di awal tahun 2020 sangat berdampak pada industri penerbangan terutama Bandara. Munculnya konsep ‘<em>New Normal</em>’ atau kebiasaan baru berdampak pada penyesuaian pelayanan Bandara di Indonesia. Salah satu bentuk penyesuaian konsep ‘<em>New Normal</em>’ selama masa pandemi ini yakni dengan menerapkan <em>Self Service Technologies.</em> Studi literatur yang dilakukan pada bandara di negara-negara berkembang seperti Malaysia, Afrika Selatan dan Kuwait yang menunjukkan bahwa penerapan <em>Self</em> <em>Service Technologies </em>masih belum sesuai ekspektasi pengguna jasa, hal ini terjadi juga di bandara-bandara indonesia. Dalam periode Januari 2021 hingga Desember 2021, penggunaan <em>Self</em> <em>Service Technologies </em>di bandara Indonesia masih dibawah 25% dari Total pergerakan penumpang. Berdasarkan fakta tersebut, penelitian ini dibuat untuk mengisi celah penelitian dengan berfokus menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat penerimaan <em>Self</em> <em>Service Technologies </em>dengan menguji 9 hipotesis variable yang dibangun dari konseptual model. Hasil dari penelitian ini menunjukkan 8 faktor yang signifikan mempengaruhi tingkat penerimaan <em>Self</em> <em>Service Technologies</em> yaitu <em>Performance</em><em> Expectancy, Effort Expectancy</em><em>,</em> <em>Habit</em><em>, Optimism, Innovativeness, Reduce Wasting Times, Perceived Trust </em><em>&nbsp;</em>dan <em>Perceived Enjoyment. </em>Hasil lain dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat penerimaan <em>Self</em> <em>Service</em> <em>Technologies</em> <em>Technologies</em><em> (Self Check In Kiosk)</em> tidak dipengaruhi variabel <em>Hedonic Motivation.</em></p> Burhanuddin Hanantyo, Bambang Setiawan, Izzat Aulia Akbar Copyright (c) 2024 ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.unilak.ac.id/index.php/zn/article/view/10536 Fri, 03 May 2024 09:53:03 +0000 RANCANG BANGUN APLIKASI DAKWAH RAMAH DIFABEL TUNARUNGU BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE AGILE https://journal.unilak.ac.id/index.php/zn/article/view/19618 <p><em>Lembaga Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Yogyakarta merupakan lembaga dakwah pengamal prinsip ajaran Muhammadiyah. Namun, peran media dakwah digital PWM Yogyakarta dalam menyasar masyarakat dan memiliki fitur ramah difabel tunarungu tergolong belum optimal, maka diperlukan aplikasi untuk menyajikan kajian ilmu agama berbasis website. Metode pengembangan aplikasi dalam penelitian ini adalah metode Agile, meliputi tahapan define, design, implementation, testing, review dan launch, tahapan Agile dirangkum dalam iterasi sprint. Jenis pengujian aplikasi adalah usability testing dengan metode System Usability Scale (SUS) dan funcional testing dengan metode User Acceptance Testing (UAT). Penelitian menghasilkan Aplikasi Dakwah Ramah Difabel Tunarungu Berbasis Website bernama Bil Hikmah yang memudahkan masyarakat dan difabel tunarungu belajar Ilmu Agama dengan proses agile 2 tahapan sprint. Hasil pengujian akhir SUS mendapatkan nilai 80,29 dan UAT mendapatkan niilai 83,08% sehingga mampu mengidentifikasikan program dapat dijalankan dengan baik dan dapat diterima sesuai kebutuhan pengguna.</em></p> Jefree Fahana, Wahyu Oktavian Copyright (c) 2024 ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.unilak.ac.id/index.php/zn/article/view/19618 Thu, 09 May 2024 10:27:59 +0000 ANALISIS KESIAPAN SEKOLAH MENENGAH DALAM MENERAPKAN E-VOTING MENGGUNAKAN MODEL TECHNOLOGY READINESS INDEX https://journal.unilak.ac.id/index.php/zn/article/view/18400 <p><em>Voting can be interpreted as a way of making decisions based on the largest number of votes. So far, voting is carried out by ticking or voting on a ballot paper as an option in holding the election for OSIS chairman at SMAN 15 Pekanbaru. This method is considered still very conventional amidst advances in technology and information which has weaknesses in terms of efficiency and effectiveness. The weaknesses of conventional voting are: the decision is not the result of consensus, some participants are forced to accept the decision that has been taken, some participants often do not accept the decision, the aspirations of the participants are not fully channeled. To reduce problems arising from manual voting, it is necessary to analyze the readiness of secondary schools in implementing e-voting using the Technology Readiness Index model. The method that can be used to measure the level of user readiness in using technology is the Technology Readiness Index (TRI). In order to find out the results of the analysis and test the readiness of secondary schools in implementing the new system, the author will conduct a survey by distributing a Google Form link containing a list of statements regarding the readiness of secondary school residents, especially at SMAN 15 Pekanbaru, in using the web-based E-Voting system for the election of chairman. Student Council. The survey results will be analyzed using the SPSS 25.0 application and also calculated using the Technology Readiness Index Method</em></p> Nadila Hazira, M. Khairul Anam, Wirta Agustin, Triyani Arita Fitri, Ahmad Zamsuri, Salmaini Safitri Syam Copyright (c) 2024 ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.unilak.ac.id/index.php/zn/article/view/18400 Thu, 09 May 2024 10:56:44 +0000 ANALISIS SENTIMEN ULASAN PENUMPANG MASKAPAI PENERBANGAN DI INDONESIA DENGAN ALGORITMA RANDOM FOREST DAN KNN https://journal.unilak.ac.id/index.php/zn/article/view/19177 <p><em>Penelitian ini mendalam pada analisis sentimen ulasan pelanggan terhadap maskapai penerbangan di Indonesia melalui NLP dan Machine Learning. Dalam prosesnya, data ulasan melibatkan serangkaian teknik, termasuk cleansing, case folding, tokenization, filtering, dan stemming, sementara sentimen diberikan label menggunakan lexicon afinn. Visualisasi kata-kata dominan dari ulasan diwujudkan melalui wordcloud untuk memberikan gambaran yang kaya dan intuitif. Ekstraksi fitur melibatkan metode TF-IDF, diikuti oleh proses klasifikasi menggunakan algoritma Random Forest dan K-Nearest Neighbor (KNN). Hasil evaluasi model menunjukkan tingkat akurasi yang memuaskan, dengan Random Forest mencapai 83% dan KNN mencapai 82%. Temuan ini memberikan wawasan yang dalam tentang preferensi pelanggan dan potensial masalah dalam pengalaman penerbangan di Indonesia, memberikan kontribusi pada pemahaman yang lebih holistik terhadap dinamika industri penerbangan.</em></p> Handoko, Donny Ramadhansyah, Ahmad Asrofiq, Rahmaddeni, Yogi Yunefri Copyright (c) 2024 ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.unilak.ac.id/index.php/zn/article/view/19177 Thu, 09 May 2024 12:52:10 +0000 ANALISIS KELAYAKAN KREDIT KOPERASI MITRA TANI MANDIRI DENGAN ALGORITMA NAÏVE BAYES https://journal.unilak.ac.id/index.php/zn/article/view/19804 <p><em><span lang="EN-US">A cooperative is a financial institution located in each village. Cooperatives can provide solutions to the community when the community's economic needs are decreasing. One of the services provided by cooperatives to the community is credit loans. This research focuses on analyzing the suitability of prospective cooperative member creditors who are eligible for credit applications. This analysis requires attributes or variables that are suitable for use in the credit application process. The attributes used in this research are that prospective creditors must be of sufficient age, disciplined in the payment process according to the monthly due date, have income and have allowances. This research uses data mining techniques using the Naïve Bayes algorithm, and data processing uses the Rapidminer application. The results obtained were based on the results of processing 182 data, namely obtaining an accuracy value of 81.32%, precision of 89.36% and recall of 77.78%. In this case, credit worthiness analysis with four attributes using the Naïve Bayes algorithm is suitable for use with accurate and precise results.</span></em></p> Ni Kadek Winda Patrianingsih, I Kadek Arya Sugianta Copyright (c) 2024 ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.unilak.ac.id/index.php/zn/article/view/19804 Fri, 10 May 2024 12:07:08 +0000 IMPLEMETASI ELIMINATION ET CHOIX TRADUISANT LA REALITA PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMA BANTUAN STIMULAN PERUMAHAN SWADAYA https://journal.unilak.ac.id/index.php/zn/article/view/19806 <p><em>Bantuan stimulan perumahan swadaya adalah usaha pemerintah sebagai wujud kepedulian terkait kondisi rumah masyarakat yang kurang mampu. Namun pemilihan penerima bantuan ini masih bersifat sangat subjektif. Penelitian ini adalah research and development yang bertujuan mengembangan sistem dengan&nbsp; metode Elimination Et Choix Traduisant La Realita (ELECTRE) yang dapat mendukung dalam pengambilan ketusan penerima bantuan stimulan perumahan swadaya. Sampel data alternatif yang digunakan sebanyak 60 (enam puluh) dengan fokus di Sulawesi selatan. Menggunakan 6 (enam) kriteria: Kondisi Material Atap, kondisi lantai, kondisi dinding, pekerjaan, jumlah tanggungan dan&nbsp; kepemilikan kamar mandi. Hasil penelitian yang dilakukan, maka sampel alternatif ke 5 (A5) memperoleh nilai tertinggi dengan skor 2 (dua). Dengan demikian sistem yang dikembangkan valid dan efisien digunakan dalam membantu menentukan penerima bantuan. </em></p> Syaharullah Disa, Amran Amiruddin, Hiknatius Rianto Madao Copyright (c) 2024 ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.unilak.ac.id/index.php/zn/article/view/19806 Fri, 10 May 2024 12:47:06 +0000 SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN BERAS DI CV XYZ MENGGUNAKAN METODE PERIODIC REVIEW SYSTEM (PRS) BERBASIS WEB https://journal.unilak.ac.id/index.php/zn/article/view/20023 <p><em>Beras, sebagai komoditas pangan pokok yang vital dalam kehidupan sehari-hari, memainkan peran sentral dalam industri makanan di berbagai negara, termasuk Indonesia. Manajemen persediaan beras yang efektif adalah kunci untuk memastikan ketersediaan dan distribusi yang lancar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Sistem Informasi Persediaan Beras di CV XYZ dengan metode Periodic Review System (PRS) berbasis web. Dalam konteks ini, PRS diterapkan sebagai pendekatan untuk meningkatkan efisiensi dan ketepatan dalam pengelolaan persediaan beras. Evaluasi sistem menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam optimisasi level persediaan, penurunan biaya penyimpanan, serta peningkatan responsibilitas staf dalam manajemen persediaan. Selain itu, peningkatan akurasi dalam perkiraan permintaan dan ketersediaan produk juga diamati. Implikasi praktis dari penelitian ini menyediakan panduan berharga bagi perusahaan dalam menerapkan solusi berbasis web untuk meningkatkan manajemen persediaan.</em></p> Rudi Riyandi, Rakhmat Kurniawan R Copyright (c) 2024 ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.unilak.ac.id/index.php/zn/article/view/20023 Sun, 12 May 2024 13:21:13 +0000 KOMPARASI METODE K-NEAREST NEIGHBORS DAN LONG SHORT TERM MEMORY PADA KLASIFIKASI TERJEMAHAN AL-QUR’AN https://journal.unilak.ac.id/index.php/zn/article/view/19863 <p>Al-Qur’an merupakan kitab suci yang diturunkan untuk umat islam. Secara harfiah, Al-Qur'an berasal dari kata qara’a yang artinya membaca atau mengumpulkan. Namun untuk memahami terjemahan dari Al-Qur’an tidaklah mudah. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memahami dan mempelajarinya adalah melakukan klasifikasi terhadap terjemahan ayat Al-Qur’an. Penelitian ini mengklasifikasikan terjemahan Al-Qur'an bahasa Indonesia ke enam kelas yang berbeda. Metode yang digunakan adalah K-Nearest Neighbor (KNN) dan Long Short Term Memory (LSTM) dan membandingkan kedua metode untuk mendapatkan hasil performa klasifikasi yang tertinggi. Hasil klasifikasi menunjukkan model LSTM menghasilkan performa klasifikasi yang lebih tinggi yaitu berupa rata-rata F1-Score sebesar 65% dan rata-rata accuracy 96% dibandingkan model KNN dengan nilai rata-rata F1-Score sebesar 55% dan rata-rata accuracy 93%.</p> Nurul Fatiara, Nazruddin Safaat H, Surya Agustian, Yusra, Iis Afrianty Copyright (c) 2024 ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.unilak.ac.id/index.php/zn/article/view/19863 Sun, 12 May 2024 13:44:43 +0000 EVALUASI WEBSITE CARMUDI.CO.ID DAN MOMOBIL.ID DENGAN MENGGUNAKAN METODE WEBUSE https://journal.unilak.ac.id/index.php/zn/article/view/15573 <p><em>Carmudi.co.id sudah dikenal sebagai situs yang menawarkan jasa transaksi kendaraan dalam kondisi baru maupun bekas. Carmudi.co.id didirikan pada tahun 2013 di Berlin, Jerman oleh Stefan Haubold dan mulai beroperasi di Indonesia pada tahun 2014. Berada pada lini bisnis yang sejenis dengan Carmudi.co.id, Momobil.id juga menawarkan transaksi mobil baik dalam kondisi baru maupun bekas yang siap dijual. Dengan berada di bawah naungan Adira Finance yang merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang leasing, Momobil.id mulai dirilis sejak bulan Juni tahun 2017. Pada umumnya sebuah website dapat diukur keberhasilan pengembangannya berdasarkan aspek usability. Usability menekankan bagaimana pengguna dapat mempelajari, memahami dan menggunakan sebuah website untuk mencapai tujuannya dan seberapa puas mereka terhadap penggunaannya.</em> <em>Metode ini dipilih karena dapat digunakan untuk membantu mengevalui dan menemukan permasalahan dari aspek usability yang baik maupun buruk dari sebuah website. Metode ini dinilai cocok dalam mengurangi permasalahan. Metode ini memiliki 4 (empat) kriteria penilaian yang dapat mengevaluasi usability website yang selanjutnya digunakan untuk mengevaluasi website Carmudi.co.id dan website Momobil.id. Dari hasil analisis pada kategori usability pada variabel Content, Organization &amp; Readability dan variabel Navigation and Links berada pada level Good. Sedangkan level usability untuk variabel Desain User Interface dapat dikatakan berada pada level Bad. Level usability untuk variabel Performance and Effectiveness berada pada level Moderate.</em></p> Handoko Handoko, Joosten Joosten Copyright (c) 2024 ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.unilak.ac.id/index.php/zn/article/view/15573 Fri, 17 May 2024 13:38:12 +0000 ANALISA DAN PERANCANGAN APLIKASI E-ARSIP DIVISI MSDM https://journal.unilak.ac.id/index.php/zn/article/view/19726 <p><em>Sub bidang administrasi SDM PT Bank Riau Kepri adalah unit yang bertanggung jawab atas penyajian informasi sumber daya manusia dan proses kegiatan tata usaha kepegawaian. Pelaksana sub bidang administrasi melakukan verifikasi dan validasi data pengawai, mengelola dokumen arsip kepegawaian, dan menerbitkan surat keputusan terkait kepegawaian.. Namun, sistem pengarsipan arsip hanya dilakukan secara manual tanpa menggunakan alat teknologi untuk mempermudah dalam pengelolaan arsip pada Divisi MSDM PT Bank Riau Kepri dibuatlah sistem yang bernama E-Arsip. Aplikasi E-Arsip ini akan dirancang berbasis web dan akan di integrasikan dengan sistem yang sudah ada yaitu HRIS dan Employee Self Service (ESS). Dengan menerapkan E-Arsip ini bisa lebih hemat biaya daripada sistem penyimpanan arsip tradisional berbasis kertas, dapat diintegrasikan dengan sistem lainnya, sehingga memungkinkan pertukaran data tanpa hambatan dan meningkatkan manajemen SDM secara keseluruhan dan organisasi dapat memulihkan dokumen SDM yang penting jika terjadi bencana, seperti kebakaran atau banjir, yang dapat merusak catatan fisik</em></p> Aulia Oktariani, Nellitawati, Hanif Al Kadri Copyright (c) 2024 ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.unilak.ac.id/index.php/zn/article/view/19726 Thu, 23 May 2024 12:37:40 +0000 PENERAPAN RETRIEVAL AUGEMENTED GENERATION MENGGUNAKAN LANGCHAIN DALAM PENGEMBANGAN SISTEM TANYA JAWAB HADIS BERBASIS WEB https://journal.unilak.ac.id/index.php/zn/article/view/19940 <p><em>Hadis ajaran kedua setelah al-Qur'an yang menjadi panduan bagi umat Islam. </em><em>Pencarian hadis saat ini kurang interaktif dalam menjawaban pertanyaan, dimana hanya menampilkan dokumen relevan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem tanya jawab hadis berbasis web dengan menerapkan Retrieval Augmented Generation menggunakan framework LangChain yang diintegrasikan dengan Large Language Model GPT-4-1106-preview dari OpenAI. Sistem ini dirancang untuk membantu pengguna dalam mencari jawaban yang sesuai dengan&nbsp; 9 kitab hadis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model dapat bekerja sesuai dengan instruksi dan data dengan menyertakan sumber dari hadis terkait. Pengujian dilakukan dengan menguji 10 pertanyaan seputar hadis dengan framework BERTScore dan uji Evaluasi kualitas jawaban dengan mahasiwa ushulludin. Pada pengujian BERTScore rata-rata f1 score sebesar 0,7962, yang menunjukkan kemiripan antara jawaban sistem dengan referensi, pengujian pada Evaluasi kualitas jawaban mencapai persentase akurasi 89,4% yang menunjukkan bahwa responden ”Sangat Setuju” terhadap jawaban yang dihasilkan oleh sistem.</em></p> Muhammad Irfan Syah, Nazruddin Safaat Harahap, Novriyanto, Suwanto Sanjaya Copyright (c) 2024 ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.unilak.ac.id/index.php/zn/article/view/19940 Thu, 23 May 2024 13:38:45 +0000 APLIKASI TANYA JAWAB TENTANG FIQIH BERSUCI BERBASIS WEB https://journal.unilak.ac.id/index.php/zn/article/view/19970 <p>Dalam konteks perkembangan masyarakat yang semakin antusias terhadap teknologi dan keilmuan keagamaan, terdapat tantangan signifikan terkait akses terhadap informasi fiqih bersuci. Kesulitan mengakses dan mengorganisir data terstruktur dari berbagai sumber web seringkali menimbulkan kebingungan. Penelitian ini mengeksplorasi potensi penerapan Artificial Intelligence (AI), khususnya Question Answering System (QAS), sebagai solusi untuk meningkatkan akses dan pemahaman terhadap fiqih bersuci. QAS memungkinkan komputer memahami pertanyaan dengan bahasa alami dan memberikan respons berdasarkan informasi yang tersedia. Implementasi multimedia dalam pembelajaran dan pemanfaatan metode Natural Language Processing (NLP) juga diintegrasikan untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi. QAS dibangun dengan frame work chatbot yang sudah ada yaitu streamlit dengan aplikasi Web sebagai antarmuka, Dengan memanfaatkan teknologi AI dan NLP, penelitian ini bertujuan mengembangkan platform pembelajaran yang menyajikan informasi fiqih bersuci secara mudah, cepat, dan terkini. Diharapkan, implementasi ini dapat memberikan kontribusi positif terhadap kemudahan akses dan pemahaman masyarakat terhadap aspek hukum Islam, khususnya mengenai kebersihan dan kesucian. Pengujian terhadap aplikasi menunjukkan kinerja yang relatif tinggi dalam memahami dan memproses bahasa manusia. Akurasi jawaban dengan BERTScore didapati precision sebesar 69%, recall sebesar 56% dan F1-score sebesar 83%.</p> Elvina Afriani, Nazruddin Safaat H, Muhammad Fikry, Muhammad Affandes Copyright (c) 2024 ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.unilak.ac.id/index.php/zn/article/view/19970 Tue, 28 May 2024 06:20:26 +0000 ANALISIS ENGAGEMENT RATE PADA INSTAGRAM UNIVERSITAS LANCANG KUNING https://journal.unilak.ac.id/index.php/zn/article/view/17904 <p><em>Menurut data We Are Social, jumlah Pengguna Media Sosial Aktif: 4,76 milyar (naik 137 juta atau 3% dari tahun 2022) pada Januari 2023, dengan 167 juta di antaranya berasal dari Indonesia. Instagram telah muncul sebagai salah satu platform jejaring sosial paling populer. Menurut hasil survei yang dilakukan pada tahun 2023 oleh We are Social dan Hootsuite, 60,4% penduduk di Indonesia menggunakan media sosial, khususnya Instagram. Berdasarkan data kuesioner pada Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Lancang Kuning menunjukkan bahwa instagram salah satu media promosi yang banyak dipilih calon mahasiswa ketika mengetahui informasi tentang Universitas Lancang Kuning selain dari media promosi mulut ke mulut Untuk mengetahui tingkat interaksi pada akun postingan tertentu di media sosial dapat dilakukan dengan menghitung Engagement Rate. Engagement Rate adalah metrik yang menunjukkan seberapa baik kinerja akun media sosial dalam kaitannya dengan jumlah pengikut yang dimilikinya. Berdasarkan hasil perhitungan engagement rate dapat diketahui bahwa jumlah 1366 post dari akun @infounilak, engagement rate tipe konten carousel&nbsp; 7,29%, engagement rate tipe konten video 6,32% dan engagement rate tipe konten foto 5,51%. Untuk akun Instagram Universitas Lancang Kuning @infounilak yang memiliki 20.900 Follower memiliki kualitas engagement rate standar tinggi untuk semua tipe konten</em></p> Ahmad Ade Irwanda, Wentisasrapita Abiyus , Andrie Herdiansyah, Yogo Turnandes, Fitri Juliani Copyright (c) 2024 ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.unilak.ac.id/index.php/zn/article/view/17904 Wed, 29 May 2024 06:36:26 +0000 ANALISIS TINGKAT PENGANGGURAN DI KOTA PALOPO MENGGUNAKAN METODE K-MEANS https://journal.unilak.ac.id/index.php/zn/article/view/20061 <p>Pengangguran merupakan sebuah istilah dimana seseorang tidak memiliki pekerjaan dalam artian belum bekerja, tetapi dapat juga diartikan sebagai orang yang sedang mencari pekerjaan atau orang yang sudah bekerja tetapi belum memperoleh hasil yang produktif. Pengangguran mempunyai dampak yang sangat negatif terhadap perekonomian dan masyarakat. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui&nbsp; perkembangan tingkat pengangguran di kota Palopo. Penelitian ini menggunakan teknik <em>data mining </em>yaitu algoritma <em>K-Means. </em>Algoritma <em>K-Means </em>merupakan metode <em>clustering </em>yang digunakan untuk membagi suatu dataset menjadi beberapa kelompok variabel. Hasil penelitian diharapkan dapat membantu pemerintah dalam pengembangan program ketenagakerjaan untuk mengurangi tingkat pengangguran di kota Palopo.</p> Julita Veronika Lenda, Magdalena A Ineke Pakereng Copyright (c) 2024 ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.unilak.ac.id/index.php/zn/article/view/20061 Wed, 29 May 2024 11:29:21 +0000 PENGUKURAN TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN DENGAN MENGGUNAKAN NAIVE BAYES CLASSIFIER https://journal.unilak.ac.id/index.php/zn/article/view/19223 <p><em>Kemandirian siswa di sekolah memiliki nilai penting</em><em> dan dapat</em><em> diwu</em><em>j</em><em>udkan dengan adanya koperasi siswa. </em><em>SMAN 5 Denpasar memiliki koperasi siswa yang mendorong kemandirian siswa melalui penjualan produk. Namun, belum pernah dilakukan pengukuran kepuasan konsumen, dimana konsumennya mencakup seluruh warga sekolah. Pengukuran kepuasan konsumen sangat penting dalam bisnis dan organisasi mengingat setiap tahun kebutuhan dan komposisi siswa serta warga sekolah dapat berubah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan konsumen koperasi siswa SMA Negeri 5 Denpasar dengan menggunakan metode Naive Bayes Classifier. Berdasarkan hasil pengujian 107 data dengan 80 data training dan 27 data testing diperoleh nilai akurasi, nilai presisi dan nilai recall yaitu 100% dengan prediksi tidak puas dan realita true tidak puas sebanyak 13 record. Prediksi tidak puas dan realita true puas sebanyak 0 record. Prediksi puas dan realita true tidak puas sebanyak 0 record dan prediksi puas dengan realita true puas adalah sebanyak 14 record.</em></p> Sandatya Widhiyanti Anak Agung, I Ketut Putu Suniantara Copyright (c) 2024 ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.unilak.ac.id/index.php/zn/article/view/19223 Fri, 31 May 2024 10:03:25 +0000 KLASIFIKASI TINGKAT KECANDUAN INTERNET TERHADAP REMAJA PEKANBARU MELALUI PENDEKATAN ALGORITMA NAÏVE BAYES https://journal.unilak.ac.id/index.php/zn/article/view/20191 <p><em>Penggunaan internet terus meningkat di kalangan remaja. Namun, kemampuan remaja dalam memilah aktivitas internet yang bermanfaat belum sepenuhnya terwujud. Menurut survei APJII 2022, penggunaan internet pada usia 13-18 tahun meningkat hingga 99,16%. Hal ini menunjukkan peningkatan signifikan terhadap kecanduan internet. Sehingga dilakukan penelitian untuk mengevaluasi akurasi klasifikasi kecanduan internet terhadap remaja Pekanbaru menggunakan data mining dengan algoritma Naïve Bayes. Data yang digunakan sebanyak 510 data melalui kusioner. Hasil penelitian dalam klasifikasi menerapkan pengujian 10-Fold Cross Validation dengan model data latih 459 data dan diuji pada 51 data untuk pengujian. Didapatkan bahwa nilai akurasi tertinggi yaitu pada fold ke-3 dengan nilai 98% memiliki nilai precision, recall, dan f1-score adalah 98%, 99%, dan 98%. Untuk nilai akurasi terendah yaitu pada fold ke-1 dengan nilai 86% memiliki nilai precision, recall, dan f1-score adalah 86%, 87%, dan 86%. Untuk performa rata-rata yang diperoleh melalui hasil 10-fold Cross Validation menunjukkan bahwa nilai accuracy, precision, recall, dan f1-score adalah 93%, 87,3%, 89,9%, dan 88,1%. Berdasarkan hasil rata-rata akurasi yang diperoleh sebesar 93% menunjukkan metode Naïve Bayes dapat mengklasifikasikan tingkat kecanduan internet yang terdiri atas 4 kelas yaitu normal, mild, moderate, severe.</em></p> Mhd Ikhsanul Fikri, Elvia Budianita , Iwan Iskandar, Eka Pandu Cynthia Copyright (c) 2024 ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.unilak.ac.id/index.php/zn/article/view/20191 Fri, 31 May 2024 10:33:54 +0000 PERANCANGAN APLIKASI CEK RADIUS OUTLET PT. IJS BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE HAVERSINE FORMULA https://journal.unilak.ac.id/index.php/zn/article/view/14349 <p><em>PT. IJS is a company engaged in marketing cafe and restaurant culinary franchise licenses. Opening a new franchise has rules in the form of a radius between locations that cannot be close together. This company still uses a conventional way of checking the location radius, so it takes longer and is less efficient in the checking process. Based on this problem, the researchers built a check radius outlet application for PT. Web-based IJS calculates the shortest distance using the waterfall model and the Haversine Formula method. The designed application is tested using a black box, comparing the system results with actual conditions using an odometer and user acceptance tests. Furthermore, the black box test results were declared successful, and an accuracy value of 94% was obtained with actual conditions. The user acceptance test received a usability level percentage of 89.93% which is very strong from the user's point of view.</em></p> <p><em><strong>Keywords:</strong> Black Box, Franchise, Metode Haversine Formula, UAT, Waterfall</em></p> Rivaltino Arron, Angelina Pramana Thenata Copyright (c) 2024 ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.unilak.ac.id/index.php/zn/article/view/14349 Sat, 01 Jun 2024 04:29:26 +0000 SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM MENENTUKAN KELAYAKAN MASYARAKAT PENERIMA BANTUAN LANGSUNG TUNAI https://journal.unilak.ac.id/index.php/zn/article/view/20365 <p>Pemerintahan Desa Pulau Kopung Sentajo dalam menentukan masyarakat penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) belum menggunakan sistem yang terkomputerisasi sehingga dalam pengambilan keputusan tersebut akan terjadi kekeliruan tentang perbandingan kriteria kecocokan calon penerima BLT tersebut. Sehingga hal yang seperti ini akan memperbesar kemungkinan masyarakat yang lebih miskin atau kurang mampu, kalah sama masyarakat yang kehidupannya lebih baik dan juga dalam menentukan masyarakat yang pantas menerima bantuan BLT ini akan menghabiskan banyak waktu dikarenakan masih menggunakan sistem manual. Dari segi laporan yang dihasilkan pun tidak akan menampilkan kriteria dari calon penerima secara jelas dan rinci. Maka dengan penerapan Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM) menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW), maka didapatkan nilai bobot, kriteria dan rangking dari setiap penerima yang memang layak menerima bantuan langsung tunai. Dengan perhitungan sistem pendukung keputusan dalam menentukan kelayakan masyarakat penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Desa Pulau Kopung Sentajo dengan menerapkan metode Simple Additve Weigthing (SAW) dapat membantu pimpinan desa dalam menentukan penerima yang benar-benar layak menerima bantuan langsung tunai yang dikeluarkan oleh pemerintah.</p> <p><em>&nbsp;</em></p> Aprizal Aprizal, Helpi Nopriandi Copyright (c) 2024 ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.unilak.ac.id/index.php/zn/article/view/20365 Fri, 07 Jun 2024 10:44:41 +0000 ANALISIS PENERAPAN TRANSFORMASI DIGITAL PADA UMKM PABRIK TEMPE CAP ANGSA MENGGUNAKAN METODE SWOT https://journal.unilak.ac.id/index.php/zn/article/view/20336 <p><em>UMKM Pabrik Tempe Cap Angsa merupakan usaha agroindustri pengolahan kedelai menjadi tempe dengan sistem pengolahan semi modren. Permasalahan yang dihadapi saat ini adalah kurangnya memanfaatkan teknologi informasi digital dalam mempromosikan produk, keterbatasan akses pasar, kurangnya analisis data berupa perilaku pelanggan dan tren pasar. Penelitian ini menggunakan metode analisa SWOT dan dikombinasikan dengan Business Model Canvas (BMC) untuk memetakan model bisnis yang dapat dijadikan pedoman pengembangan bisnis dalam transformasi digital. Penelitian ini menunjukkan hasil faktor internal 0,20375 dan nilai faktor eksternal 0,18125 yang mana terletak di kuadran I yang merupakan strategi agrasif, strategi agresif menghubungkan antara Kekuatan (Strength) dan Peluang (Opportunity). Terdapat beberapa alternatif strategi yang tepat untuk UMKM Pabrik Tempe Cap Angsa dirumuskan melalui Business Model Canvas yang memetakan 9 blok peningkatan bisnis.</em></p> Shulhan Abdul Gofar, Febi Nur Salisah, Megawati, Zarnelly Copyright (c) 2024 ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.unilak.ac.id/index.php/zn/article/view/20336 Fri, 07 Jun 2024 11:48:10 +0000 SISTEM PENILAIAN UJIAN ESAI SECARA OTOMATIS DENGAN ALGORITMA TEXT MINING COSINE SIMILARITY PENUNJANG PEMBELAJARAN https://journal.unilak.ac.id/index.php/zn/article/view/20539 <p><em>Currently, teachers must be able to utilize learning information technology in the form of online exams. This research will implement an online essay exam which is assisted by using a computer as a tool, better known as the Computer Assisted Test (CAT). The author developed a computer-based exam application for students at SMK Negeri 5 Pekanbaru. The exam questions that will be developed are online exam questions that can provide grades automatically. The questions that will be entered into the system are questions in essay form. Automatic scoring is carried out using the Case Folding and Tokenizing, Filtering, Stemming, Analyzing with Cosine similarity assessment stages. Exam participants' answers will also be searched for basic words using the results of extracting the basic words in the answer key and students' answers will be compared using Cosine similarity. The modeling process is carried out by developing existing models by adapting the real-time concept to be planned. The model obtained is the text stemming process and the process of extracting words from the answers carried out on client computers (teachers and students) and processing the answers and comparing the answers with the answer key. The modeling used is Waterfall and the analysis uses UML (Unified Modeling Language). This system was created using the PHP programming language, MySql database</em></p> Eddis Syahputra Pane, Roki Hardianto, Wirdah Choriah Copyright (c) 2024 ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.unilak.ac.id/index.php/zn/article/view/20539 Mon, 10 Jun 2024 10:35:00 +0000 ANALISIS PELAYANAN TELKOMSEL TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN https://journal.unilak.ac.id/index.php/zn/article/view/13133 <p><em>Penyedia layanan komunikasi pada masyarakat saling berlomba untuk menyediakan layanan yang lebih baik untuk masyarakat. Telkomsel merupakan salah satu provider yang banyak dipakai oleh masyarakat, berusaha untuk menjangkau masyarakat yang berada di daerah perbukitan. Kecamatan Sine, Ngawi yang berada di lereng gunung dan dikelilingi oleh perbukitan, terkadang kualitas jaringan telekomunikasi cenderung tidak stabil. Selain itu pada saat musim penghujan, terjadi penurunan kualitas jaringan bahkan tidak tersedianya layanan telekomunikasi. Penelitian dilakukan untuk mengetahui permasalahan pelayanan apa saja yang perlu ditingkatkan pada daerah tersebut. Metode yang digunakan adalah metode IPA (Importance Performance Analysis) dan SERVQUAL (Service Quality). Data yang digunakan dalam penelitian ini didapat dari penyebaran kuesioner melalui media sosial. Data diolah dan berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan diketahui bahwa terdapat pengaruh positif pada setiap variabel Servqual yang digunakan. Sedangkan berdasarkan </em><em>analisis IPA, terdapat beberapa atribut yang memerlukan adanya perbaikan dalam memenuhi harapan pelanggan sehingga kepuasan pelanggan akan tercapai</em><em>.</em></p> Darmansyah Darman, Hanif Badi'ah, Rahmat Gunawan Copyright (c) 2024 ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.unilak.ac.id/index.php/zn/article/view/13133 Mon, 10 Jun 2024 10:40:35 +0000 IMPLEMENTASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN CALON REVIEWER INTERNAL UNIVERSITAS ISLAM KUANTAN SINGINGI https://journal.unilak.ac.id/index.php/zn/article/view/20046 <p><em>Sistem Pendukung Keputusan (SPK) atau Decision Support Systems (DSS) adalah sebuah sistem informasi yang fleksibel, interaktif, dapat diadaptasi dan dikembangkan untuk menyediakan informasi, permodelan dan pemanipulasi data sehingga dapat menghasilkan berbagai alternatif keputusan dan jawaban dalam membantu manajemen dalam menangani berbagai permasalahan yang semi terstruktur dan situasi yang tidak terstruktur. Sistem Pendukung Keputusan ini nantinya digunakan untuk menentukan Calon Reviewer Internal Universitas Islam Kuantan Singingi dengan menerapkan Metode Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM) dan Simple Additive Weighting (SAW).</em><em>&nbsp;</em><em>Hasil dari penelitian ini nantinya sebuah Sistem Pendukung Keputusan yang dapat membantu Lembaga Penelitian Pengabdian kepada Masyarakat dan Dakwah Islamiyah (LPPMDI) dalam melakukan penilaian calon reviewer Internal Universitas Islam Kuantan Singingi sehingga proses penilaian menjadi </em>secara cepat, transparan, dan efektif.</p> Febri Haswan, Erlinda, Walhidayat Copyright (c) 2024 ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.unilak.ac.id/index.php/zn/article/view/20046 Wed, 12 Jun 2024 07:51:55 +0000 ANALISIS SENTIMEN ULASAN PENGGUNA APLIKASI DANA DAN LINKAJA MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES https://journal.unilak.ac.id/index.php/zn/article/view/19907 <p>Perkembangan teknologi telah mempercepat transformasi kehidupan manusia, terutama dalam bidang keuangan dengan munculnya dompet digital atau Fintech (Financial Technology). Fenomena ini mengakibatkan peningkatan signifikan penggunaan dompet digital, yang pada gilirannya memicu meningkatnya jumlah komentar atau pendapat dari pengguna. Komentar-komentar ini menjadi sumber informasi krusial bagi pengguna lain yang hendak memilih aplikasi. Contoh nyata terdapat pada aplikasi Dana dan LinkAja di Indonesia, yang mendapat tanggapan positif dan negatif dari pengguna di platform distribusi Google Play Store. Analisis Sentimen atau Opinion Mining menjadi teknik yang relevan dalam menganalisis pendapat dan sentimen pengguna terhadap suatu topik, termasuk produk atau layanan. Dalam penelitian ini, metode Naive Bayes dipilih karena kemampuannya yang efektif dalam mengklasifikasikan teks, terutama pada dataset teks besar, dengan tingkat akurasi yang memuaskan.</p> Agnes Novita Sianipar, Yuhelmi, Mariza Devega Copyright (c) 2024 ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.unilak.ac.id/index.php/zn/article/view/19907 Tue, 18 Jun 2024 12:47:06 +0000 IMPLEMENTASI METODE WATERFALL PADA PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI MOBILE E-DISARPUS https://journal.unilak.ac.id/index.php/zn/article/view/20538 <p><em>Dalam pengelolaan arsip dan perpustakan yang efektif serta efisien menjadi suatu keharusan yang mendesak bagi pemkab Karanganyar dalam kualitas pelayanan publik. Persoalan yang muncul saat ini &nbsp;terjadi pada keterbatasan akses,koleksi,jam buka,pelayanan,fasilitas,ruang penyimpanan dan resiko kerusakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi Metode waterfall dalam pengembangan sistem informasi mobile e-Disarpus, sekaligus dapat menyelasaikan permasalahan pada pengelolaan kearsipan dan perpustakan. Namun, di dalam pengembangan sistem informasi secara komprehensif membutuhkan pendekatan metodologis yang tepat agar sistem dapat mudah di akses dan &nbsp;sukses. Metode waterfall dipilih karena pendekatannya yang sistematis dan berurutan, yang mencakup tahapan analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Studi ini dimulai dengan identifikasi dan analisis kebutuhan pengguna dari berbagai instansi pemerintah kabupaten karanganyar. Tahap selanjutnya yaitu perancangan dan pengujian&nbsp; sistem secara&nbsp; detail&nbsp; memastikan bahwa fungsionalitas dan keamanan aplikasi berjalan baik. Pemrograman dalam aplikasi ini menggunakan bahasa Dart sebagai alat pengkodingan, dimana bahasa Dart pokok utama dalam pengembangan aplikasi mobile selaku kerangka kerja Flutter. Hasil penelitian ini di harapkan dapat menghasilkan&nbsp; keterbaruan dalam pelayanan e-Disarpus, sekaligus juga memberikan kontribusi yang positif&nbsp; bagi pemkab karanganyar. &nbsp;&nbsp;&nbsp;</em></p> Yayu Sri Rahayu, Yanto Saputra, Dedi Irawan Copyright (c) 2024 ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.unilak.ac.id/index.php/zn/article/view/20538 Sat, 22 Jun 2024 06:38:54 +0000