Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Penyuluhan Kesantunan Berbahasa di SMP Negeri 3 Bandar Sei Kijang

Authors

  • Rika Ningsih Universitas Islam Riau
  • Mimi Yulianti Universitas Islam Riau
  • Fatmawati Fatwamati Universitas Islam Riau
  • Muhammad Farid Ariansyah Universitas Islam Riau
  • Luthfi Hayatun Maharani Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.31849/fleksibel.v6i1.26597

Keywords:

Kesantunan Berbahasa, Pendidikan Karakter, Penyuluhan

Abstract

Pendidikan di Indonesia kini lebih fokus pada pengembangan karakter daripada hanya pada kemampuan kognitif siswa. Salah satu aspek karakter yang ditekankan adalah kesantunan berbahasa. Meskipun kesantunan berbahasa termasuk dalam kurikulum di sekolah praktiknya menunjukkan bahwa penerapannya di kalangan siswa belum sepenuhnya berhasil termasuk di SMP Negeri 3 Bandar Sei Kijang. Berdasarkan kenyataan di lapangan tersebut maka penguatan pendidikan karakter melalui penyuluhan kesantunan berbahasa perlu dilakukan. Metode yang dalam kegiatan penyuluhan ini yaitu dimulai dari sosialisasi, paltihan, penerapan teknologi dan evaluasi. Hasil penyuluhan yang dilakukan oleh tim PkM menunjukkan 75% lebih siswa di SMP Negeri 3 Bandar Seikijang memahami tentang Pendidikan karakter dan kesantunan berbahasa. Namun, kenyataannya di lapangan pemahaman tersebut kurang berbanding lurus dengan apa yang mereka terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Setelah melakukan kegiatan penyuluhan ini dapat disimpulkan beberapa hal. Pertama, pelaksanaan penyuluhan penguatan pendidikan karakter melalui kesantunan berbahasa berlangsung dengan lancar dan disambut dengan sangat antusias oleh siswa. Kedua, sebagian besar siswa mengetahui bahwa berbahasa yang santun merupakan bagian dari karakter yang harus dimiliki.  Ketiga, sebagian besar siswa menyadari pentingnya kesantunan berbahasa namun belum menerapkannya sepenuhnya dalam komunikasi. Keempat, sebagian besar siswa tidak mengetahui dampak yang ditimbulkan jika mereka melakukan ketidaksantunan dalam berbahasa.

References

Brown, P., & Levinson, S. (1987). Politeness: Some Universal In Languange Usage. Camridge University Press.

Faiz, A., Hakam, K. A., Sauri, S., & Ruyadi, Y. (2020). Internalisasi Nilai Kesantunan Berbahasa Melalui Pembelajaran Pai Dan Budi Pekerti. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(1), 13–28. https://doi.org/10.17509/jpis.v29i1.24382

Hudani Nabila, A., & Fatmawati. (2022). Kesantunan Tuturan Interogatif dalam Talkshow Kick Andy Ada Apa dengan Luhut di Youtube. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 8(2), 749–759. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.1979

Jannah, R., Munirah, M., & Jannah, M. (2022). Analisis Pragmatik Kesantunan Berbahasa di Balai Pengajian Madinatul Jalal Bireuen Aceh. Berkala Ilmiah Pendidikan, 2(2), 65–76. https://doi.org/10.51214/bip.v2i2.455

Kurniadi, F., Hilaliyah, H., & Hapsari, S. N. (2017). Membangun Karakter Peserta Didik Melalui Kesantunan Berbahasa. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.30651/AKS.V2I1.1023

Ningsih, R., Boeriswati, E., & Muliastuti, L. (2020). Language Politeness: Pragmatic-Sociocultural Perspective. Icels 2019, 426–431. https://doi.org/10.5220/0008999904260431

Ningsih, R., & dkk. (2024). Penyuluhan Kesantunan Linguistik pada Siswa SMPN 1 Tualang. Community Education Engagement Journal, 5(2), 75–83. http://journal.uir.ac.id/index.php/ecej

Nurya, S., Darmiany, & Saputra, H. H. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Gerakan Literasi Sekolah pada Siswa Kelas Awal Di SD Anak Saleh Kota Malang. 5(2). https://eprints.umm.ac.id/46208/%0Ahttps://eprints.umm.ac.id/46208/1/PENDAHULUAN.pdf

Rahmad, Ilmi Noor, dkk. (2024). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Membentuk Kesantunan Berbahasa di Lingkungan Sekolah Dasar. Berbakti: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 67–75.

Rakhmah, D. N. (2021). Gen Z Dominan, Apa Maknanya bagi Pendidikan Kita? https://puslitjakdikbud.kemdikbud.go.id/produk/artikel/detail/3133/gen-z-dominan-apa-maknanya-bagi-pendidikan-kita

Rika Ningsih, Endry Boeriswati, & Liliana Muliastuti. (2020). Language Politeness of Students and Teachers: an Ethnographic Study. Getsempena English Education Journal, 7(1), 159–169. https://doi.org/10.46244/geej.v7i1.1063

Sari, M., & Ningsih, R. (2023). Prinsip Kesantunan Berbahasa pada Maksim Kearifan di Dalam Kolom Komentar Akun Instagram Nadiem Makarim di Postingan Hari Guru Sedunia. LINGUISTIK: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 8(3), 548–560. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/Linguistik %7C

Wahab, J. (2022). Guru Sebagai Pilar Utama Pembentukan Karakter. Inspiratif Pendidikan, 11(2), 351–362. https://doi.org/10.24252/ip.v11i2.34745

Downloads

Published

2025-05-18

How to Cite

Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Penyuluhan Kesantunan Berbahasa di SMP Negeri 3 Bandar Sei Kijang. (2025). FLEKSIBEL: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 261-267. https://doi.org/10.31849/fleksibel.v6i1.26597