Damages and Repairs of Voided Concrete Precast Slab Bridge Girder

  • Aidil Abrar Abrar Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Halimatusadiyah Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Gusneli Yanti Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Lancang Kuning
Keywords: The voided slab girder, prestressed concrete, Sikadur

Abstract

Tulisan ini mencakup analisis kerusakan retakan pada slab gelagar jembatan. Kerusakan diperkirakan terjadi pada sewaktu penanganan di transportasi, yaitu dengan menggunakan angkutan laut (kapal), dan/atau darat (trailer). Kerusakan tersebut berupa retakan pada bagian tengah bentang mulai dari serat-serat di atasnya. Seperti diketahui, komponen pada beton prategang menggunakan sistem di mana area komponen yang ditarik disusun  berdasarkan dengan memberikan tegangan tekan kepada kawat atau tendon, kemudian ditarik kembali ke bentuk semula. Artinya, tegangan tekan yang disebabkan oleh kawat atau tendon adalah gaya tekan yang aktif, berlawanan dengan beton bertulang. Tulangan bekerja secara pasif, karena hanya bekerja setelah beton ditarik dan retak. Desain beton prategang didasarkan pada kondisi elastis, dimana tegangan akibat gaya prategang, beban mati dan beban hidup dapat dijumlahkan secara matematis/aljabar. Artinya, kondisi tegangan dapat dipantau dengan pasti berdasarkan prinsip elastisitas. Hanya di beberapa area kritis kapasitas penampang perlu diperiksa; misalnya kapasitas momen pada pusat bentang dan kapasitas geser pada tumupuan/penempatan. Dengan demikian, komponen balok beton prategang merupakan komponen yang “hidup”, dalam arti distribusi tegangan sangat bergantung pada urutan pembebanan. Termasuk pada saat mengangkat, memindahkan dan membawanya dengan transportasi. Dari analisis yang diperoleh hasil total momen kawatnya pada saat transfer = 723,23 kN-m. Dengan demikian tegangan pada serat bagian atas adalah ftt = -1,94 MPa, Tegangan tarik ijin pada saat transfer (f)tt= -1,37 MPa , tegangan tarik pada serat bagian atas lebih kecil dari tegangan tarik yang diijinkan, keretakan terjadi dari serat bagian atas ke bawah secara vertikal. Perbaikan girder ini dapat dilakukan dengan material atau component utama setelah di lakukan perhitungan analisa beban.  Menggunakan epoxy Sikadur – 752 yang memiliki kualitas dan kekuatan prima, retakan yang terjadi kurang dari 2,0 mm dapat di epoksi dengan material ini. Dengan meggunakan perbaikan girder seperti ini, kekuatan kabel pratekan tidak berkurang secara signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Freyssinet, E., The Birth of Prestressing, London: Public Translation, Cement and Concrete
Association
Leonhardt, F., Continuous Bridge Girder Prestressed in a Single Operation, Civil Engineering, page. 42‐45
Lin, T.‐Y., Scordelis, A. C., Selection and Design of Prestressed Concrete Beams Sections, Journal of American Concrete Institute, Vol. 49, page. 209‐224
Lin, T.‐Y., Design of Prestressed Concrete Structures, edisi ke‐dua, John Wiley & Sons, Inc., New York
Naaman, A.E., Prestressed Concrete Analysis and Design: Fundamentals, Edisi kedua, Techno Press 3000, Ann Arbor, Michigan
SNI 2833: 2008, Earthquake Resistance Planning Standards for Bridges
SNI 7833: 2012 - Procedure for Designing Precast Loads and Structural Concrete for Buildings
Published
2023-03-25
How to Cite
Abrar, A. A., Halimatusadiyah, & Yanti, G. (2023). Damages and Repairs of Voided Concrete Precast Slab Bridge Girder. Siklus : Jurnal Teknik Sipil, 9(1), 57 -65. https://doi.org/10.31849/siklus.v9i1.13070
Section
Articles
Abstract viewed = 145 times
pdf downloaded = 103 times

Most read articles by the same author(s)