Perancangan Standar Manual Grafis dan Pengimplementasiannya pada Visual Kedai Kopi Binaan Komunitas Ambeu Preanger Pangalengan di Kecamatan Pangalengan

  • Diani Apsari Telkom University
  • Wibisono Tegar Guna Putra Telkom University
  • Lingga Agung Telkom University
Keywords: graphic standard manual, Pangalengan coffee community, specialty coffee, visual identity

Abstract

Abstract

Ambeu Preanger Pangalengan is a community of Arabica Java Preanger coffee connoiseurs and producers, located in Pangalengan. Along with the demand for the proliferation of producers and specialty coffee shops in Pangalengan, Ambeu Preanger assists several Small-Medium Enterprises (SMEs) related to the coffee industry in Pangalengan, namely Kawitan Coffee, Nagoya Coffee, Koffie Nyalse, Pangalengan Coffee House, Oeching Salapan, Ghoz Coffee, Sucker Soul, Coffee 4 Wheels, and Himmah Coffee. Then, from the survey process and data search in the field, we obtained information that not all SMEs in the coffee industry in Pangalengan have an ideal visual identity. In fact, they need a graphic visual identity as a representative of the image that will later be displayed on a website that is proclaimed as a digital storefront for these SMEs. Therefore, Telkom University team decided to design a graphic standard manual, which can help community to strive for a visual identity that is representative of their business, and is still in line with the brand image of Ambeu Preanger Pangalengan itself.

 

Keywords: graphic standard manual, Pangalengan coffee community, specialty coffee, visual identity

 

Abstrak

Ambeu Preanger Pangalengan adalah komunitas penggiat Kopi Arabica Java Preanger yang berlokasi di Pangalengan. Seiring dengan tuntutan menjamurnya produsen serta kedai kopi specialty di Pangalengan, Ambeu Preanger mendampingi beberapa UMKM yang terkait dengan industri kopi di Pangalengan, yaitu Kawitan Coffee, Nagoya Coffee, Koffie Nyalse, Rumah Kopi Pangalengan, Oeching Salapan, Ghoz Coffee, Sucker Soul, Coffee 4 Wheels, dan Himmah Coffee. Lalu, dari proses survey dan pencarian data di lapangan, kami memperoleh informasi bahwa belum semua UMKM industri kopi yang ada di Pangalengan memiliki identitas visual yang ideal. Padahal, identitas visual grafis diperlukan oleh mereka sebagai perwakilan citra yang kelak ditampilkan di sebuah website yang dicanangkan sebagai etalase digital dari para UMKM ini. Oleh karena itu, tim Pengabdian Masyarakat Telkom University memutuskan untuk merancang  panduan standar manual grafis, yang dapat membantu para mitra untuk mengupayakan hadirnya visual yang representatif sesuai dengan identitas bisnis yang mereka usung, serta masih sejalan dengan citra dari Ambeu Preanger Pangalengan itu sendiri.

Kata kunci: identitas visual, komunitas kopi Pangalengan, kopi specialty, standar manual grafis

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardiansyah, L., Riyanto, D. Y. And Yurisma, D. Y. (2017) ‘Perancangan Identitas Visual Dalam Destination Branding Pasar Bunga Bratang Surabaya’, Dinamika.

Arifudin, O. (2018) ‘Pkm Pembuatan Kemasan, Peningkatan Produksi Dan Perluasan Pemasaran Keripik Singkongdi Subang Jawa Barat’, Integritas : Jurnal Pengabdianpengabdian, 2(1), Pp. 1–11.

Arifudin, O. Et Al. (2020) ‘Inovasi Kemasan Dan Perluasan Pemasaran Dodol Nanas Di Subang Jawa Barat’, Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), Pp. 408–417. Doi: 10.31849/Dinamisia.V4i3.4469.

Nurcahya, Y. A. Et Al. (2021) ‘Pelatihan Penjualan Produk Di Era Digital Melalui E-Commerce Pada Penyandang Disabilitas Di Kota Magelang’, Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), Pp. 222–233. Doi: 10.31294/Jabdimas.V4i2.10433.

Oscario, A. (2013) ‘Pentingnya Peran Logo Dalam Membangun Brand’, Humaniora, 4(1), P. 191. Doi: 10.21512/Humaniora.V4i1.3429.

Prastowo Aji, D., Pratiwi, P. And Setya Utami, B. (2019) ‘Perancangan Corporate Identity Kampoeng Banyumili Di Desa Gedangan’, Jurnal Ilmu Komputer Dan Desain Komunikasi Visual, 4(1), Pp. 36–48.

Rustan, S. (2012) Mendesain Logo. Gramedia. Gramedia Pustaka Utama.

Sayatman, Darmawati, N. O. And Dwitasari, P. (2017) ‘Pengembangan Metode Desain Logo Dan Sistem Grafis Untuk Mendukung Pembelajaran Desain Komunikasi Visual’, Jurnal Desain Idea: Jurnal Desain Produk Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, 16(2), P. 24. Doi: 10.12962/Iptek_Desain.V16i2.3590.

Setyowardhani, H., Susanti, H. And Riyanto (2019) ‘Optimalisasi Media Sosial Sebagai Alat Promosi Untuk Desa Wisata Lebakmuncang’, Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, Pp. 19–26. Doi: 10.31849/Dinamisia.V3i2.2848.

Sutarno (2012) Serba-Serbi Manajemen Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu

Published
2023-04-29
How to Cite
Apsari, D., Wibisono Tegar Guna Putra, & Lingga Agung. (2023). Perancangan Standar Manual Grafis dan Pengimplementasiannya pada Visual Kedai Kopi Binaan Komunitas Ambeu Preanger Pangalengan di Kecamatan Pangalengan. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 301-308. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v7i2.10172
Abstract viewed = 179 times
PDF downloaded = 215 times