Inspirational Health Profession Class at Baiturrahman Orphanage in Jambi
Kelas Inspirasi Profesi Kesehatan di Panti Asuhan Baiturrahman Jambi
DOI:
https://doi.org/10.31849/dinamisia.v9i1.13256Keywords:
kelas inspirasi, profesi kesehatan, panti asuhan, Baiturrahmah.Abstract
Kelas Inspirasi merupakan program mengajar oleh profesional dari berbagai profesi untuk mempengaruhi peserta didik agar membentuk sifat, keingintahuan, cara pandang dan motivasi peserta. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memperkenalkan profesi kesehatan (ahli gizi, apoteker, bidan, dokter) dan dosen, meningkatkan minat belajar serta baca peserta. Metode yang dilakukan pada pengabdian ini adalah workshop secara online dan offline. Tempat pelaksanaan kegiatan di Panti Asuhan Baiturrahman dengan pesertanya adalah anak panti yang tidak mengenyam bangku sekolah negeri maupun swasta. Tahapan yang dilakukan diawali dengan observasi awal sekaligus Focus Group Disscussion (FGD), kemudian dilanjutkan dengan kegiatan workshop. Kegiatan workshop berlangsung 3 kali yaitu 14 Agustus, 21 Agustus dan 04 September 2021 dengan pemateri yaitu ahli gizi, apoteker, ketua organisasi, bidan, dokter, dosen dan guru besar. Kelas inspirasi ini berisi edukasi wawasan serta motivasi tentang profesi tersebut. Kegiatan ini sebagai motivasi awal agar anak panti rajin membaca buku karena untuk menjadi profesi kesehatan di atas membutuhkan nilai yang tinggi dan itu bisa terwujud dengan membaca buku. Peserta sangat antusias dan aktif dalam mengikuti materi yang diberikan dan pengabdian masyarakat ini mampu memberikan cara pandang dan motivasi terhadap peserta didik
References
Anggarawan, A., Herawati, B. C., Wardhana, H., Suhendra, E., Soraya, S., & Dasrriani, N. G. A. (2023). Membangun Cita-Cita Siswa Sekolah Dasar Melalui Kelas Inspirasi. Jurnal Edukasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 95–102. https://ojs.inlic.org/index.php/jepkm/article/view/80/42
Anggia, S., Lismiati, L., Pratama, A. N., Wiraguna, I. K. S. E., Septianingsih, L. A., & Yuliawati, Y. (2021). Optimalisasi Minat Baca Melalui Kelas Inspirasi Profesi Kesehatan. Manhaj: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 10(2), 37–43. https://doi.org/10.29300/MJPPM.V10I2.3667
Anonim. (2014). UU No. 36 Tahun 2014. In Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia. https://peraturan.bpk.go.id/Details/38770/uu-no-36-tahun-2014
Asra, S., & Husna, A. (2022). Penguatan Cita-Cita Siswa Sekolah Dasar Melalui Kelas Inspirasi. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 5(4), 333–337. https://doi.org/10.29303/JPPM.V5I4.4090
Dewi, S. P., Ardianti, S. D., & Ahsin, M. N. (2021). Dampak Pembelajaran Online Bagi Siswa Sekolah Dasar. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2), 127–132. https://doi.org/10.24176/wasis.v2i2.6626
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172–182. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Fitriyyah, D., Islam, J. E., Ekonomi, F., Islam, B., & Banten, H. (2023). Pendidikan Karakter Pada Gerakan Kelas Inspirasi. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 15(1), 51–66. https://doi.org/10.32678/PRIMARY.V15I1.8240
Hulu, F., Dewi, T. M., Surahman, F., Sanusi, R., Khairiyah, K. Y., & Ristiani, R. (2022). Peningkatkan Motivasi Dan Wawasan Siswa Melalui Fieldtrip Observation. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 769–776. https://doi.org/10.31849/DINAMISIA.V6I3.10313
Irwanto, D., P, C. A. P., & Hanoraga, G. B. (2019). Kelas Inspirasi Untuk Menumbuhkan Motivasi Siswa SDN 1 Jukong. Jurnal Abdikarya: Jurnal Karya Pengabdian Dosen Dan Mahasiswa, 3(1). https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/abdikarya/article/view/3808
Nuryanto, S. (2019). Partisipasi Masyarakat dalam Gerakan Kelas Inspirasi. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 1(2), 111–126. https://doi.org/10.21093/sajie.v1i2.1442
Sari, L. M., Yaslina, Y., & Suryati, I. (2020). Edukasi Kesehatan Tentang Infeksi Virus Corona. Jurnal Abdimas Kesehatan Perintis, 2(1), 58–63. https://jurnal.upertis.ac.id/index.php/JAKP/article/view/463
Sucilestari, R., & Arizona, K. (2019). Kelas Inspirasi Berbasis Media Real Melalui Pendekatan Lesson Study. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15(1), 23–34. https://doi.org/10.20414/transformasi.v15i1.964
Sudarsana, I. K., Lestari, N. G. A. M. Y., Wijaya, I. K. W. B. W., Krisdayanthi, A., Andayani, K. Y., Trisnadewi, K., Muliani, N. M., Dewi, N. P. S., Suparya, I. K., Gunawan, I. G. D., Kusumawati, N. A., Purandina, I. P. Y., Sutriyanti, N. K., Sudiani, N. N., Adnyani, N. W., Iragraha, S. M. F., Winaya, I. M. A., Siswadi, G. A., & Aryana, I. M. P. (2020). COVID-19 Perspektif Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.
Widnyana, I. M. A., Farhaeni, M., Sudarsana, I. K., & Dkk. (2020). COVID-19: Perspektif Hukum dan Sosial Kemasyarakatan (I). Yayasan Kita Menulis.
Wiyanti, D. T., Utami, T., & Putri, K. (2019). Kelas Inspirasi-Membangun Mimpi Siswa Sekolah Dasar melalui Pengenalan Karakter dan Profesi. Jurnal Abdimas, 23(1), 64–67. https://doi.org/10.15294/abdimas.v23i1.17602













