Dissemination of the Media and Platforms Use to Strengthen Scientific Literacy in the Merdeka Curriculum Implementation in Elementary Schools
Diseminasi Penggunaan Media dan Platform Penguatan Literasi Sains Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31849/dinamisia.v8i4.16225Keywords:
science literacy media and platforms, merdeka curriculum, elementary schoolsAbstract
Abstract
Media and platforms are important components of scientific literacy learning in implementing the Merdeka curriculum in elementary schools. This community service activity aims to disseminate the use of media and platforms to strengthen scientific literacy in implementing the independent curriculum in elementary schools. The method used is socialization, which includes several stages: identifying problems and needs, determining training topics, and evaluating. This activity was attended by 60 teachers in Kuningan Regency. In terms of process, the implementation of community service was conducive at both the online and offline stages of implementing activities. Participants were very enthusiastic about participating in question-and-answer activities, practices, and presentations on media use. All participants developed learning media and presented it in front of other participants. The success of implementing this community service is assessed from the implementation process and the output, where there is an increase in teacher understanding regarding scientific literacy and the use of media and platforms to strengthen scientific literacy skills.
Keywords: science literacy media and platforms, merdeka curriculum, elementary schools
Abstrak
Media dan platform merupakan komponen penting pembelajaran literasi sains dalam implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mendiseminasikan penggunaan media dan platform penguatan literasi sains dalam implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini yaitu sosialisasi mencakup beberapa tahapan yaitu identifikasi permasalahan dan kebutuhan, penentuan topik pelatihan, dan evaluasi. Kegiatan ini diikuti oleh 60 guru di Kabupaten Kuningan. Dari segi proses, pelaksanaan kegiatan pengabdian berlangsung kondusif dan lancar baik pada tahap pelaksanaan kegiatan daring maupun luring. Peserta sangat antusias berpartisipasi dalam kegiatan tanya jawab, praktik, dan presentasi penggunaan media. Semua peserta turut andil dalam mengembangkan media pembelajaran dan mempresentasikannya di depan peserta yang lain. Keberhasilan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini selain dinilai dari proses pelaksanaan juga dinilai dari output pengabdian dimana adanya peningkatan pemahaman guru terkait literasi sains serta penggunaan media maupun platform penguatan kemampuan literasi sains.
Kata kunci: media dan platform literasi sains, kurikulum merdeka, sekolah dasar
References
Ahied, M., Muharrami, L. K., Fikriyah, A., & Rosidi, I. (2020). Improving students’ scientific literacy through distance learning with augmented reality-based multimedia amid the covid-19 pandemic. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(4), 499–511.
Aqil, D. I. (2017). Literasi sains sebagai konsep pembelajaran buku ajar biologi di sekolah. Wacana Didaktika, 5(02), 160-171.
Bendriyanti, R. P., Dewi, C., & Nurhasanah, I. (2021). Manajemen pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan kualitas belajar siswa kelas IX Smpit Khairunnas. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 6(2), 70-74.
Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran IPA untuk siswa SD kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33-48.
Ernawati, Y., Muchti, A., Hidajati, E., Sari, A. P. I., Mayrita, H., Roza, A., ... & Facriansyah, M. (2022). Peningkatan literasi baca-tulis bagi siswa kelas iv sekolah dasar menggunakan literacy cloud: identifikasi tokoh dan watak dalam dongeng. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(8), 1471-1478.
Faisal, & Martin, S. N. (2019). Science education in Indonesia: past, present, and future. Asia-Pacific Science Education, 5(1), 1–29.
Habib, A., Astra, I. M., & Utomo, E. (2020). Media pembelajaran abad 21: kebutuhan multimedia interaktif bagi guru dan siswa sekolah dasar. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(1), 25-35.
Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS). The Language of Science Education, 108–108.
IEA. (2015). Highlights from TIMSS 2015.
Indarti, L., Saud, U. S., Yuniarsih, T., & Nurdin, D. (2023). The Online Training on English for Teaching Science for Primary and Secondary School Teachers. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(4), 1065-1071.
Irsan, I. (2021). Implemensi literasi sains dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5631-5639.
Jatmiko, H. T. P., & Putra, R. S. (2022). Refleksi diri guru bahasa indonesia dalam pembelajaran berdiferensiasi di sekolah penggerak. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 6(2), 224-232.
Jufrida, J., Basuki, F. R., Kurniawan, W., Pangestu, M. D., & Fitaloka, O. (2019). Scientific literacy and science learning achievement at junior high school. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(4), 630–636.
Kemendikbudristek. (2022). Rapor Pendidikan Publik 2022.
Muyassaroh, I., & Herianingtyas, N. L. R. (2023). Enhancing elementary preservice teachers ’ scientific literacy by using flipped problem-based learning integrated with e-campus. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 8(2), 1–12.
Muyassaroh, I., Sunanto, L., & Kurnia, I. R. (2022). Upaya peningkatan literasi sains mahasiswa melalui blended-collaborative problem based learning berbasis multiple representatives. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 915-931.
Muyassaroh, I., Yulistia, A., & Pratikno, A. S. (2022). Analisis pembelajaran sains melalui flipped-problem based learning berbantuan zoom meeting dan e-campus pelita bangsa. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 6(2), 433-446.
Nugraha, D. M. D. P. (2023). Pengaruh literacy cloud terhadap minat baca dan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas iv sd. Jurnal Elementary: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 6(1), 11-18.
OECD. (2019). PISA 2018 Results. OECD Publishing.
Pamungkas, Z. S., Aminah, N. S., & Nurosyid, F. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal literasi sains berdasarkan tingkat kemampuan metakognisi. Edusains, 10(2), 254-264.
Pemerintah Kabupaten Kuningan. (2018). Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Kuningan Periode 2018-2023.
Pemerintah Provinsi Jawa Barat. (2021). Profil Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Tahun 2021.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Purwanti, P. P., Dasmo, D., & Mayanty, S. (2022). Pelatihan laboratorium virtual crocodile physics 605 pada mgmp fisika SMA kabupaten Karawang. Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat), 5(1), 37-45.
Purwanti, P., Bhakti, Y. B., & Jahrudin, A. (2023). Peningkatan kreativitas guru dalam penggunaan praktikum virtual phet simulation pada MGMP Fisika SMA Kabupaten Lebak. Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat), 6(3), 337-343.
Ramadani, E. M., & Nana, N. (2020). Penerapan problem based learning berbantuan virtual lab phet pada pembelajaran fisika guna meningkatkan pemahaman konsep siswa sma: Literature review. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 8(1), 87-92.
Ratini, Muchtar, H., Suparman, M. A., Tamuri, A. H., & Susanto, E. (2018). The influence of learning models and learning reliance on students’ scientific literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(4), 458–466.
Rubini, B., Ardianto, D., Pursitasari, I. D., & Permana, I. (2016). Identify scientific literacy from the science teachers’ perspective. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(2), 299–303.
Rusilowati, A., Kurniawati, L., Nugroho, S. E., & Widiyatmoko, A. (2016). Developing an instrument of scientific literacy asessment on the cycle theme. International Journal of Environmental and Science Education, 11(12), 5718–5727.
Siagian, P., Silitonga, M., & Djulia, E. (2017). Scientific literacy skills of seventh grade junior high school (SMP Negeri) students in north Labuhan Batu regency. International Journal of Humanities Social Sciences and Education (IJHSSE), 4(11), 176–182.
Siregar, T. R. A., Iskandar, W., & Rokhimawan, M. A. (2020). Literasi sains melalui pendekatan saintifik pada pembelajaran IPA SD/MI di abad 21. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 7(2), 243-257.
Yusuf, Y. M., Hastuti, K., & Purwanti, P. (2021). Pengembangan lembar kerja siswa praktikum berbasis POE (Predict Observe Explain) dengan phet simulasi pada pokok bahasan hukum faraday. Schrodinger Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 2(1), 13-25.













