Innovative Physics Learning: Development of Practical Modules and Series-Parallel Circuit Training at Al Islah Junior High School Surabaya

Inovasi Pembelajaran Fisika: Pembuatan Modul Praktikum, dan Pelatihan Rangkaian Listrik Seri-Paralel di SMP Al Islah Surabaya

Authors

  • Dwi Edi Setyawan Institut Teknologi Telkom Surabaya Author
  • Mohammad Yanuar Hariawan Author
  • Ubaidillah Umar Author

DOI:

https://doi.org/10.31849/dinamisia.v9i1.16528

Keywords:

IPA, kelistrikan, seri-paralel, pelatihan, modul praktikum

Abstract

Pada mata pelajaran IPA, ilmu kelistrikan merupakan satu dari sekian banyak bidang ilmu yang diajarkan. Dalam upaya meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep ilmu kelistrikan, diperlukan metode pembelajaran yang yang mencakup kegiatan praktikum. Upaya sekolah dalam menyelenggarakan pembelajaran praktikum, tentu harus didukung dengan ketersediaan modul praktikum. Beberapa sekolah, terutama sekolah dengan sumber daya terbatas, tentunya akan mengalami kesulitan dalam menyediakan modul praktikum. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, tim kegiatan pengabdian masyarakat Institut Teknologi Telkom Surabaya mengadakan program kegiatan, yang mencakup pembuatan modul praktikum dan pelatihan rangkaian listrik seri-paralel. Tentunya, kegiatan telah disesuaikan dengan kurikulum sekolah. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini telah berhasil dalam meningkatkan pemahaman siswa mengenai ilmu kelistrikan, terutama dalam rangkaian listrik seri-paralel. Peningkatan pemahaman ini tercermin dari hasil tes pengetahuan sebelum dan sesudah pelatihan yang menunjukkan peningkatan signifikan. Beberapa peningkatan tersebut tercermin dari peningkatan minat belajar siswa terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi, antusiasme dan partisipasi siswa, serta kegiatan yang terlaksana secara interaktif.

References

Atmam, Zulfahri, Usaha Situmeang. (2018). Pelatihan penggunaan komponen dioda pada rangkaian elektronika bagi mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Lancang Kuning Pekanbaru. DINAMISIA-Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 2, No. 1 Juni 2018, Hal. 124-128.
D. Sinabutar, M. T. P. Sibarani. (2019). Pembuatan modul praktek pengukuran tegangan dan arus pada rangkaian listrik di SMP swasta perguruan nasional sidikalang. Jurnal Inovtek Polbeng, Vol. 9, No. 2, November 2019.
E. Fitriani, N. Fithri, A. Restu Mukti, K. R. Nova Wardani, M. Kumroni Makmuri. (2023). Pengenalan rangkaian listrik (seri dan paralel) dan pengenalan dasar-dasar komputer (TIK) pada siswa SD Muhammadiyah 4 Palembang. JPKMBD (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bina Darma). Vol. 3, No.1, Maret 2023.
F. Arima, A. Rofiq Djaelani, Toni Setiawan. (2019). Peningkatan kompetensi memahami rangkaian listrik sederhana melalui model project-based learning dengan membuat media seri paralel. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, Vol. 1, No. 2, Tahun 2019.
G. A. Riyanti, Sutikno, Masturi. (2015). Penerapan Alat Peraga Seri-Paralel Dc Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Hukum Ohm. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2015. Vol IV, Oktober 2015.
M. S. Praja Setiawan, I. P. Suka Arsa, G. Indrawan. (2017). Hubungan motivasi belajar terhadap kinerja siswa dalam praktikum instalasi tenaga listrik di kelas XI TIPTL SMK N 3 singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha. Vol. 2, Vol. 6 No. 2, Agustus 2017.
Rabiudin (2023). Belajar bermakna melalui praktikum ilmu pengetahuan alam. Penerbit Jivaloka Mahacipta.
Sriatun, Ellianawati, Wahyu Hardyanto, Isna Lukluil Milah. (2018). Analisis kemampuan berfikir kreatif siswa pada praktikum asas black berbasis problem-based learning dan berbantuan Macromedia Flash. Physics Communication. Vol. 2, No. 1 Februari 2018.
R. Susanto, A. Ichsan Pradana, M. Q. Ari Setiawan. (2018). Rancang bangun pengendalian lampu otomatis berbasis ARDUINO UNO sebagai alat peraga pembelajaran IPA rangkaian seri paralel. JUPITER (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro). Vol. 3, No. 1, Maret 2018.
T. A. Djoko Kuntjoro, Billy Montolalu, Dwi Edi Setyawan. (2019). Sound generator berbasis superposisi gelombang sinus untuk alat peraga praktikum. Jurnal Ilmiah Setrum. Vol. 8, No.2, Desember 2019.

Downloads

Published

2025-02-26

How to Cite

Innovative Physics Learning: Development of Practical Modules and Series-Parallel Circuit Training at Al Islah Junior High School Surabaya: Inovasi Pembelajaran Fisika: Pembuatan Modul Praktikum, dan Pelatihan Rangkaian Listrik Seri-Paralel di SMP Al Islah Surabaya. (2025). Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(1), 294-300. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v9i1.16528