A Skill Building Social Media About Forest Tourism
Peningkatan Keahlian Pembuatan Media Sosial Tentang Wisata Hutan
DOI:
https://doi.org/10.31849/dinamisia.v8i4.21117Keywords:
Social Media, Village Tourism, Tourism, EcotourismAbstract
Social media helps tourist destinations build their image and branding. By sharing interesting visual content, traveler experience stories, and positive testimonials, tourist destinations can strengthen their identity in the public eye. The use of social media also allows a tourist destination to interact directly with tourists, by answering questions, providing recommendations, and sharing personal tourist experiences. This study aims to determine the respondents' level of understanding of the creation of social media about forest tourism in increasing the visibility and attractiveness of tourism in Lampung province, focusing on theories that support the role of social media in influencing tourist decisions. Respondents in this study amounted to 28 people who were parties to the Government Office which included the Tourism Office, Hiudp Environmental Service, Forestry Service, SDA Pesawaran, KPH Pesawaran, and Tahura. The implementation of this community service activity was carried out using lecture and FGD (Focus Group Discussion) methods conducted directly by lecturers of the Forestry Department and Social Media Training Resource Persons by Lampung Geh. The results of the pre-test and post-test show that if there is an increase in participants' understanding of social media related to ecotourism. The data analysis conducted shows a significant increase in participants' knowledge, this reflects the material provided by the resource person can be understood by the participants. The percentage of the pre-test value is 66% while for the post-test value is 95%, so there is an increase of 29%.
References
Al Mustaqim, D., 2023. Strategi Pengembangan Pariwisata Halal Sebagai Pendorong Ekonomi Berkelanjutan Berbasis Maqashid Syariah. AB-JOIEC: Al-Bahjah Journal of Islamic Economics, 1(1), pp.26-43.
Amdan, N.S., Alifi, M.I., Muhaemin, M., Ramadhan, A., Pratiwi, M., Fitriyah, N. and Muldi, A., 2022. Optimalisasi pemanfaatan media sosial dalam promosi Kampung Wisata Pekijing. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(1), pp.72-79.
Andini, T. and Kurniawan, F., 2020. Analisis pembentukan ekspektasi wisata lewat fitur pendukung pencarian informasi di Instagram. Jurnal Studi Komunikasi, 4(2), pp.503-523.
Angela, V. F. 2023. Strategi pengembangan ekowisata dalam mendukung konservasi alam danau Tahai. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah 8(3): 984-993.
Anggarini, D.T., 2021. Upaya pemulihan industri pariwisata dalam situasi pandemi Covid-19. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 8(1), pp.22-31.
Ardiputra, S., Burhanuddin, B., AR, M.Y., Maulana, M.I. and Pahruddin, P., 2022. Sosialisasi UU ITE No. 19 Tahun 2016 dan Edukasi Cerdas dan Bijak dalam Bermedia Sosial. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(2), pp.707-718.
Chakti, G., 2019. The Book Of Digital Marketing: Buku Pemasaran Digital (Vol. 1). Celebes Media Perkasa.
Darmayanti, P.W., Oka, I.M.D. and Hidayana, F.F., 2023. Peran Digital Marketing Dalam Pengembangan Desa Wisata Di Kabupaten Tabanan. Jurnal Kajian dan Terapan Pariwisata, 3(2), pp.21-29.
Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie). Khasanah Ilmu -Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(1).
Dewi, K., Angligan, I.G.K.H. and Mahardika, I.M.N.O., 2023. Strategi Meningkatkan Peran Media Sosial Dalam Membranding Destinasi Wisata Sebagai Media Pemasaran. Waisya: Jurnal Ekonomi Hindu, 2(1), pp.1-11.
Effendy, I., Abi Hamid, M. 2016. Pengaruh pemberian pre-test dan post-test terhadap hasil belajar mata diklat pada siswa SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro. 1(2): 81-88.
Farida, F., Zulaikha, Z. and Putro, H.E., 2020. Desentralisasi wisata religi Indonesia melalui city branding wisata kabupaten Bangkalan Madura. Bricolage: Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 6(02), pp.223-234.
Fauzan, A. (2019). Penggunaan Media Youtube Dan Sikap Pengguna Media Youtube. KINESIK, 6(3).
Fifiyanti, D. and Damanik, J., 2021. Pemetaan peran dan kontribusi pemangku kepentingan dalam pengembangan ekowisata desa Burai. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 10(3), pp.448-462.
Gustiani, M., 2018. Peran Electronic Word of Mouth Dalam Membangun Citra Destinasi Guna Mempengaruhi Keputusan Berkunjung Wisatawan Ke Suatu Destinasi Pariwisata. Competence: Journal of Management Studies, 12(2).
Hafid, S. and Suwarto, D.H., 2020. Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Mempromosikan Wisata Alam Hutan Pinus Mangunan Bantul Untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan. Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1).
Indriyani, R. and Suri, A., 2020. Pengaruh media sosial terhadap keputusan pembelian melalui motivasi konsumen pada produk fast fashion. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), pp.25-34.
Irawan, W., Anita, A.S., Pidu, Y.M., Gerungan, R.A. and Asiah, N., 2021. Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial untuk Promosi Wisata Puncak Pinus Desa Dulamayo Selatan Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 4, pp.79-86.
Jabbar, A., Nusantara, R. W., Akbar, A. A. 2021. Valuasi ekonomi ekosistem mangrove berbasis ekowisata pada hutan desa di Kecamatan Batu Ampar Kalimantan Barat. Jurnal Ilmu Lingkungan. 19(1): 140-152.
Kabu, M. 2022. Perencanaan paket wisata budaya di Kabupaten Timor Tengah Selatan. TOURISM: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE. 5(1): 9-13.
Magdalena, I., Annisa, M. N., Ragin, G., Ishaq, A. R. 2021. Analisis penggunaan teknik pre-test dan post-test pada mata pelajaran matematika dalam keberhasilan evaluasi pembelajaran di SDN Bojong 04. Nusantara. 3(2): 150-165.
Manufa, S., 2023. Peran Media Sosial dalam Matinya Kepakaran. Al-Tadabbur, 8(2), pp.239-253.
Muhammad Faisal, Y.U.S.U.F., 2023. Pengaruh Pemasaran Media Sosial, Citra Destinasi, Dan Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Pembelian Paket Perjalanan Pada Pt Aero Travelindo Utama.
Mustofa, R. 2020. Analisis ekonomi dalam pengelolaan jasa ekosistem penyediaan air di Subdas Tapung Kiri. Jurnal Inovasi Penelitian. 1(5): 1033-1042.
Permatasari, M., Pratiyudha, D. and Taslim, M., 2020. Peran Media Sosial dalam Pengembangan Homestay di Desa Terong Kabupaten Belitung. Jurnal Akademi Pariwisata Medan, 8(2), pp.106-119.
Purba, H. and Irwansyah, I., 2022. User Generated Content dan Pemanfaatan Media Sosial Dalam Perkembangan Industri Pariwisata: Literature Review. Professional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 9(2), pp.229-238.
Purwani, D.A., 2021. Pemberdayaan era digital. Bursa Ilmu.
Purwanto, H., 2021. Media Sosial Bebas Awas Kebablas: Kumpulan Opini. Harry Purwanto.
Puspawati, D.P.H. and Ristanto, R., 2018. Strategi promosi digital untuk pengembangan pariwisata Kota Magelang. Jurnal Jendela Inovasi Daerah, 1(2), pp.1-20.
Ramadhan, I., Imran, I., Firmansyah, H., Efriani, E. and Dewantara, J.A., 2022. Strategi Pengembangan Objek Pariwisata Hutan Albasia. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 8(3), pp.993-999.
Samsi, S., Maesti, D.P. and Parantika, A., 2022. Optimalisasi Pemanfataan Media Sosial Sebagai Strategi Promosi Terhadap Pengembangan Wisata Taman Nasional Meru Betiri, Kabupaten Jember, Dan Banyuwangi. Nawasena: Jurnal Ilmiah Pariwisata, 1(3), pp.84-91.
Setiasih, S., & Puspitasari, F. I. (2017). Kebutuhan Remaja Untuk Mengirim Foto Atau Video Di Instagram. Jurnal Psikologi Ulayat, 2(2).
Shihab, F.M. and Persada, A.G., 2022. Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Objek Wisata Rintisan Berbasis Platform Menggunakan Framework PHP. Jurnal Sains, Nalar, dan Aplikasi Teknologi Informasi, 2(1), pp.12-20.
Simamora, V.I.J., Saradiva, D. and Gautama, O., 2023. Pelatihan Pemanfaatan Sosial Media Instagram, Facebook Dan Tiktok Untuk Promosi Wisata Gunung Dago, Bogor Jawa Barat. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), pp.9678-9682.
Simatupang, K.R.P., Junaedi, F. and Sos, S., 2022. Strategi Digital Branding Tim Persija Jakarta Melalui Media Instagram (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Siregar, K. and Siregar, S.F., 2016. Analisis Pengendalian Kualitas Produk Sanitary Ware Dengan Pendekatan Metode FMEA di PT. XYZ. Media Teknika, 11(1).
Subekti, P., Hafiar, H. and Komariah, K., 2020. Word of Mouth Sebagai Upaya Promosi Batik Sumedang oleh Pengrajin Batik. Dinamika Kerajinan dan Batik, 37(1), p.371761.
Wardani, N. W., Andika, I. G. 2021. Pelatihan mengaktifkan pembelajaran daring dengan memanfaatkan aplikasi mentimeter, whatsapp dan pembuatan video pembelajaran untuk inovasi mengajar dengan keterbatasan bandwidth internet. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 2(2): 342-352.
Wijaya, S.W., 2016. Media sosial bagi Desa wisata: sebuah kajian konseptual. Media Teknika, 11(2).













