Gratitude Journal as a Solution to Anxiety for the Future of SMAN 9 Samarinda Students
Gratitude Journal sebagai Solusi Kecemasan terhadap Masa Depan Siswa SMAN 9 Samarinda
DOI:
https://doi.org/10.31849/t9kvpm04Keywords:
Gratitude Journal, Kecemasan terhadap Masa Depan, Siswa SMAAbstract
Kecemasan terhadap masa depan menjadi salah satu masalah yang terjadi di SMAN 9 Samarinda berupa kebingungan untuk menghadapi pilihan lanjut kuliah atau bekerja, memilih jurusan kuliah, tuntutan dari keluarga, ketakutan akan gagal, kurang mampu memahami pelajaran, dan turunnya motivasi belajar. Ketidakpastian akan masa depan tersebut menimbulkan kecemasan. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya pengetahuan akan potensi diri. Berdasarkan hal tersebut tujuan dari kegiatan ini yaitu memberikan salah satu solusi untuk mengatasi kecemasan terhadap masa depan dengan gratitude journal. Metode yang dilakukan adalah dengan sosialisasi dan penerapan gratitude journal, serta pemantauan dan evaluasi. Adapun desain penelitian ini yakni quasi-eksperimental dengan pendekatan pre-test dan post-test pada satu kelompok tanpa kelompok kontrol. Kegiatan dilakukan pada siswa kelas XI SMAN 9 Samarinda dengan jumlah 190 orang. Dalam kegiatan tersebut juga terdapat pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan pengetahuan siswa. Adapun hasil yang didapatkan yaitu terdapat peningkatan pengetahuan siswa dalam menangani kecemasan terhadap masa depan, adanya solusi aplikatif mandiri terkait pemahaman potensi diri untuk menurunkan kecemasan terhadap masa depan, dan adanya keterampilan dalam memahami potensi diri sebagai solusi penanganan kecemasan terhadap masa depan. Berdasarkan uji yang dilakukan ditemukan bahwa terdapat pengaruh gratitude journal terhadap tingkat kecemasan terhadap masa depan pada siswa SMAN 9 Samarinda
References
Al-Fayed, M., Bustamin, K. L., Sarinah, S., Nurafifah, S., & Nengsi, S. W. (2021). Penerapan Gratitude Journal untuk Meningkatkan Kebersyukuran ABH Di Rumah Aman UPTD PPA Kota Makassar. PENGABDI, 2(2), 223-232. https://doi.org/10.26858/pengabdi.v2i2.25159
Bohlmeijer, E. T., Kraiss, J. T., Watkins, P., & Schotanus-Dijkstra, M. (2021). Promoting Gratitude As A Resource For Sustainable Mental Health: Results of A 3-Armed Randomized Controlled Trial Up To 6 Months Follow-Up. Journal of Happiness Studies, 22(3), 1011–1032. https://doi.org/10.1007/s10902-020-00261-5
Cregg, D. R., & Cheavens, J. S. (2021). Gratitude Interventions: Effective Self-Help? A Meta-Analysis of the Impact on Symptoms of Depression And Anxiety. Journal of Happiness Studies, 22, 413–445. https://doi.org/10.1007/s10902-020-00236-6
Ditasari, N. N., & Prabawati, F. A. M. (2021). Dampak Penerapan Gratitude Journal terhadap Kebahagiaan dan Kecemasan pada Perempuan di Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Psikologi dan Ilmu Humaniora (SENAPIH), 1(1), 31-37.
Hartanto, A., Kaur, M., Kasturiratna, K. S., Quek, F. Y., & Majeed, N. M. (2023). A Critical Examination of The Effectiveness of Gratitude Intervention on Well-Being Outcomes: A Within-Person Experimental Daily Diary Approach. The Journal of Positive Psychology, 18(6), 942–957. https://doi.org/10.1080/17439760.2022.2154704
Hurlock, E. B. (2017). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Erlangga.
Kasan, I. A. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perencanaan Karir di Kelas X SMA Negeri 1 Tilamuta. Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(2), 83–89. https://doi.org/10.24903/pm.v7i2.1111
Ko, H., Kim, S., & Kim, E. (2021). Nursing Students’ Experiences Of Gratitude Journaling During The Covid-19 Pandemic. 9(11), 1473. http://dx.doi.org/10.3390/healthcare9111473
Maharani, F. P., Karmiyati, D., & Widyasari, D. C. (2021). Kecemasan Masa Depan dan Sikap Mahasiswa terhadap Jurusan Akademik. Cognicia, 9(1), 11-16. https://doi.org/10.22219/cognicia.v9i1.15292
Mappeware, A. M., Jonathan, F. M., Nugroho, L. T., Asnul, L. A., & Permadi, R. (2023). Efektivitas Seminar Potensi Diri untuk Meningkatkan Pemahaman Mengenai Potensi Diri Siswa SMA Negeri 17 Makassar. Jurnal Abdimas Indonesia, 3(2), 230-236. https://doi.org/10.53769/jai.v3i2.476
Nawa, N. E., & Yamagishi, N. (2021). Enhanced Academic Motivation In University Students Following A 2-Week Online Gratitude Journal Intervention. BMC Psychology, 9, 1–16. https://doi.org/10.1186/s40359-021-00559-w
Nurmalasari, E., & Sanyata, S. (2021). Gratitude Journal Untuk Meningkatkan Resiliensi Santri dalam Menghadapi Pandemi Covid-19: Sebuah Kerangka Konseptual. Acta Islamica Counsenesia: Counselling Research and Applications, 1(1), 33–44. https://doi.org/10.59027/aiccra.v1i1.86
Qolbi, F. H., Musthofa, A., & Chotidjah, S. (2020). Masa Emerging Adulthood pada Mahasiswa: Kecemasan akan Masa Depan, Kesejahteraan Subjektif, dan Religiusitas Islam. Psikoislamika: Jurnal Psikologi Dan Psikologi Islam, 17(1), 44. https://doi.org/10.18860/psi.v17i1.8821
Ratnasari, I. & Sulistiana, D. (2020). Teknik Menulis Jurnal untuk Meningkatkan Rasa Syukur (Gratitude) pada Remaja. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice & Research, 4(1), 34–40.
Rismadiyanti, E. F. (2021). Hubungan Efikasi Diri dengan Kecemasan Siswa dalam Menghadapi UTBK 2020. Acta Psychologia, 3(2), 148-155. http://dx.doi.org/10.21831/ap.v3i2.46192
Rohma, R. N. (2023). Perencanaan Karir Siswa SMA: Tinjauan Literatur yang Sistematis. Conseils: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 3(1), 50-60. https://doi.org/10.55352/bki.v3i1.185
Sherlina, A.P. (2024). Tingkat Kecemasan pada Remaja dalam Menghadapi Masa Depan. Karimah Tauhid. 3(1): 989–997. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i6.8864
Siregar, T. K., Kamila, A. T. T., & Tasaufi, M. N. F. (2021). Kebersyukuran Dan Kecemasan Akan Masa Depan Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Di Masa Pandemi Covid-19. Borobudur Psychology Review, 1(1), 29–37. https://doi.org/10.31603/bpsr.4881
Sucitra, E., Mar’at, S., & Tiatri, S. (2019). Penerapan Gratitude Journal untuk Menurunkan Gejala Depresif pada Penderita Kanker: Studi dengan Ecological Momentary Assessment. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 3(1), 123-137. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v3i1.3466
Suneetha, K., & Kunasetti, R. K. V. (2023). Technology-Based Gratitude Interventions for Enhancing Mental Health and Well-Being in the Community. National Journal of Community Medicine, 14(9), 603–609. https://doi.org/10.55489/njcm.140920233266













