Transformative Teacher Training as an Inspiration for the Driving Teacher Program to Improve Teacher Competency
Pelatihan Guru Transformatif sebagai Pengimbasan Program Guru Penggerak untuk Meningkatkan Kompetensi Guru
DOI:
https://doi.org/10.31849/dinamisia.v8i4.22236Keywords:
Pelatihan Guru Transformatif, Pengimbasan, Kompetensi GuruAbstract
Guru merupakan salah satu kunci sukses pencapaian tujuan pendidikan. Guru yang memiliki kompeten akan mampu menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan bagi murid dan menuntun mereka mencapai hasil yang maksimal. Oleh karena itu, meningkatkan kompetensi guru menjadi sebuah hal yang penting untuk dioptimalkan. Pelatihan guru transformatif sebagai pengimbasan Program Guru Penggerak berperan penting dalam meningkatkan kompetensi guru sesuai dengan Perdirjen GTK Kemendikbudristek Nomor 2626/B/HK.24.01/2023 tentang model kompetensi Guru. Pengabdian ini dilakukan di lingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis dengan melibatkan beberapa rekan yang menjadi fasilitator dan instruktur Program Guru Penggerak yang diharapkan dapat berhasil meningkatkan kompetensi guru. Kompetensi guru sangat berperan penting dalam mempengaruhi kualitas pembelajaran di kelas, dan hal tersebut akan mendorong hasil belajar murid sehingga akan bermuara terhadap meningkatnya mutu Pendidikan. Metode dilakukan dengan melakukan pelatihan blended terhadap guru TK, SD, dan SMP sebanyak 150 orang guru di lingkungan Dinas Pendidikan. Melalui Pelatihan guru transformatif, peserta mampu memiliki kompetensi yang dibutuhkan oleh sekolah dalam mendidik murid sesuai dengan Kebijakan Merdeka Belajar.
References
Ismail, A. M. A., & Salih, A. A. (2018). The Impact of Blackboard LMS on Teaching Research Method Course for Technology Studies Graduate Students at the Arabian Gulf University. International Journal of Information and Education Technology, 8(2), 81–94. https://doi.org/10.18178/ijiet.2018.8.2.1017
Le, P. T., & Pham, H. T. T. (2021). Using Blended Learning in Teacher Training Programs : Perspectives of Pre-service Teachers Phuong Thi Le Hien Thu Thi Pham *. Journal of Educational and Social Research, 11(2), 115–127.
DOI: https://doi.org/10.36941/jesr-2021-0035
Peraturan Direktur Jenderal Guru dan Tegana Kependidikan KeMenDikBud Riset dan Tekhnologi Nomor 2626/B/HK.04.01/2023. (2023). Tentang Model Kompetensi Guru. Peraturan Pemerintah, 1–14.
Wichadee, S. (2015). Factors related to faculty members’ attitude and adoption of a learning management system. Turkish Online Journal of Educational Technology, 14(4), 53–61.
William J Rothwell. (2005). Beyond Training and Development. American Management Associations, Newyork.
Zdanevych, L., Pisotska, L., Honchar, N., Мyskova, N., & Kazakova, N. (2022). The role of self-learning in the practical training among preschool teachers. International Journal of Evaluation and Research in Education, 11(3), 1125–1133. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i3.22594













