Transformative Teacher Training as an Inspiration for the Driving Teacher Program to Improve Teacher Competency

Pelatihan Guru Transformatif sebagai Pengimbasan Program Guru Penggerak untuk Meningkatkan Kompetensi Guru

Authors

  • Karyat Heryana Universitas Pendidikan Indonesia Author
  • Sumarto Sumarto Universitas Pendidikan Indonesia Author
  • Asep Suryana Universitas Pendidikan Indonesia Author
  • Cepi Triatna Universitas Pendidikan Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.31849/dinamisia.v8i4.22236

Keywords:

Pelatihan Guru Transformatif, Pengimbasan, Kompetensi Guru

Abstract

Guru merupakan salah satu kunci sukses pencapaian tujuan pendidikan. Guru yang memiliki kompeten akan mampu menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan bagi murid dan menuntun mereka mencapai hasil yang maksimal. Oleh karena itu, meningkatkan kompetensi guru menjadi sebuah hal yang penting untuk dioptimalkan. Pelatihan guru transformatif sebagai pengimbasan Program Guru Penggerak berperan penting dalam meningkatkan kompetensi guru sesuai dengan Perdirjen GTK Kemendikbudristek Nomor 2626/B/HK.24.01/2023 tentang model kompetensi Guru. Pengabdian ini dilakukan di lingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis dengan melibatkan beberapa rekan yang menjadi fasilitator dan instruktur Program Guru Penggerak  yang diharapkan dapat berhasil meningkatkan kompetensi guru. Kompetensi guru sangat berperan penting dalam mempengaruhi kualitas pembelajaran di kelas, dan hal tersebut akan  mendorong hasil belajar murid sehingga akan bermuara terhadap meningkatnya mutu Pendidikan. Metode dilakukan dengan melakukan pelatihan blended terhadap  guru TK, SD, dan SMP sebanyak 150 orang guru di lingkungan Dinas Pendidikan. Melalui Pelatihan guru transformatif, peserta mampu memiliki kompetensi yang dibutuhkan oleh sekolah dalam mendidik murid sesuai dengan  Kebijakan Merdeka Belajar.

References

Ismail, A. M. A., & Salih, A. A. (2018). The Impact of Blackboard LMS on Teaching Research Method Course for Technology Studies Graduate Students at the Arabian Gulf University. International Journal of Information and Education Technology, 8(2), 81–94. https://doi.org/10.18178/ijiet.2018.8.2.1017

Le, P. T., & Pham, H. T. T. (2021). Using Blended Learning in Teacher Training Programs : Perspectives of Pre-service Teachers Phuong Thi Le Hien Thu Thi Pham *. Journal of Educational and Social Research, 11(2), 115–127.

DOI: https://doi.org/10.36941/jesr-2021-0035

Peraturan Direktur Jenderal Guru dan Tegana Kependidikan KeMenDikBud Riset dan Tekhnologi Nomor 2626/B/HK.04.01/2023. (2023). Tentang Model Kompetensi Guru. Peraturan Pemerintah, 1–14.

Wichadee, S. (2015). Factors related to faculty members’ attitude and adoption of a learning management system. Turkish Online Journal of Educational Technology, 14(4), 53–61.

William J Rothwell. (2005). Beyond Training and Development. American Management Associations, Newyork.

Zdanevych, L., Pisotska, L., Honchar, N., Мyskova, N., & Kazakova, N. (2022). The role of self-learning in the practical training among preschool teachers. International Journal of Evaluation and Research in Education, 11(3), 1125–1133. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i3.22594

Downloads

Published

2024-08-27

How to Cite

Transformative Teacher Training as an Inspiration for the Driving Teacher Program to Improve Teacher Competency: Pelatihan Guru Transformatif sebagai Pengimbasan Program Guru Penggerak untuk Meningkatkan Kompetensi Guru. (2024). Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(4), 1233-1240. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v8i4.22236